7 Keuntungan Undangan Digital yang Wajib Kamu Ketahui!


Hadirnya undangan digital saat ini menjadi salah satu alternatif yang menguntungkan bagi calon pasangan pengantin karena lebih fleksibel. Apalagi bagi yang memiliki list tamu undangan dari berbagai penjuru nusantara. Hampir 100% list tamu mendapat undangan.

Perbedaan Undangan Konvensional dan Undangan Digital

Undangan pernikahan kini terbagi menjadi dua macam. Jika dahulu hanya undangan konvensional, maka saat ini ada undangan digital. Undangan konvensional mayoritas berbahan dasar kertas yang berarti ada bentuk fisiknya. Hanya sebagian kecil undangan konvensional yang memakai bahan akrilik maupun kayu karena lebih mahal.

Baca Juga: Harga Jasa Undangan Pernikahan Online

Berbeda dengan undangan konvensional, undangan digital tanpa ada bentuk fisik alias bisa dilihat dalam bentuk gambar, video, atau melalui tautan sekali klik. Meski dalam bentuk digital, harganya juga bermacam-macam bergantung pada desain undangan.

7 Keuntungan Undangan Digital yang Wajib Kamu Ketahui!

Keuntungan Undangan Digital

Melihat perbedaan antara undangan konvensional dan digital yang telah disebutkan di atas, ada 7 keuntungan undangan digital yang wajib kamu ketahui. Cocok sekali sebagai bahan referensi pra acara pernikahan kamu.

  1. Undangan Digital Lebih Fleksibel

    Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan dari undangan digital adalah bersifat fleksibel. Undangan digital bisa disebar di manapun tempat tinggal tamu undangan. Artinya, tidak terikat ruang dan waktu dalam pengirimannya. Dengan begitu, 100% list tamu undangan pasti dapat menerima undangan.

    2. Undangan Online Low Budget

      Kendati low budget, bukan berarti kamu terlalu menghemat biaya pernikahan. Biaya pembuatan undangan digital banyak ragamnya. Namun, keuntungannya di sini adalah kamu tidak perlu repot-repot mencetak undangannya.

      Bayangkan saja jika kamu menggunakan undangan konvensional yang berupa kertas dengan harga Rp1.500,- per undangan. Sementara tamu undangan kamu ada 300 orang. Budget undangan yang harus kamu siapkan adalah Rp 450.000,-.

      Berbeda dengan undangan digital, misalnya jasa pembuatan undangan digital yang disediakan enkosa hanya mematok biaya paling murah Rp70.000,- dan paling mahal hanya Rp150.000,-. 

      Jadi, semahal-mahalnya biaya pembuatan undangan digital masih lebih terjangkau dibanding undangan konvensional.

      3. Tersedia Informasi Dompet Digital Pada Undangan Online

      Pernah ada seseorang yang bilang “undangan online, kondangannya juga online dong!”, hal seperti ini sudah tidak asing lagi saat ini. Sejak pasar undangan digital meningkat, calon pasangan pengantin sudah tidak malu-malu lagi mencantumkan informasi dompet digital karena sudah menjadi hal yang umum.

      Jadi, jangan takut temanmu tidak datang. Sejatinya mereka bisa datang tanpa fisik, hehe~

      4. Tersedia Maps Rumah Kamu

      Siapa sih yang tidak kenal dengan google maps? Alat penunjuk arah ini sangat berjasa di undangan digital kamu, lo! Jika di undangan konvensional ada gambar petunjuk arah, maka di undangan digital akan langsung diarahkan ke google maps dalam sekali klik untuk memandu arah tamu undangan ke tempat pernikahan.

      5. Custom Desain Undangan Online

      Pada poin satu ini, undangan digital sama halnya dengan undangan konvensional yang bisa menentukan desain sesuai impian kamu. Namun, perbedaan antara keduanya adalah batas custom desain. Undangan digital lebih luas dan tak terbatas pilihan desainnya.

      6. Semenit Sampai

      Apa? Semenit bisa sampai? Tentu saja, kamu bisa mengundang temanmu bahkan tidak sampai satu menit alias hitungan detik. Selama jaringan kamu stabil ya! 

      Hal itu disebabkan undangan digital hanya dikirim melalui surel, media sosial, atau platform online lainnya. Berbeda dengan undangan konvensional yang harus mengirim satu per satu ke rumah.

      7. Undangan Online Ramah Lingkungan 

      Undangan konvensional memang dapat menimbun sampah karena berupa fisik. Bayangkan saja jika undangan kertas dikumpulkan, bisa dijual di tempat loak juga, kan? 

      Oleh sebab itu, undangan digital yang tidak memiliki fisik diyakini sebagai salah satu upaya ramah lingkungan karena tidak mencetak sampah baru.

      Baca Juga: Daftar Kata-Kata Undangan Pernikahan Untuk WhatsApp

      Dari keuntungan undangan digital di atas mungkin bisa menginspirasi kamu dan calon pasangan untuk menggunakan undangan digital. Banyak aplikasi gratis untuk membuat undangan digital, namun terbatas oleh tema dan hari penyebaran.

      Alih-alih terbatas, list saja budget maksimal undangan digital Rp150.000,- karena di jasa pembuatan undangan digital seperti enkosa harga tersebut sudah paket gold dengan akses tak terbatas. 

      Sementara kalau mau lebih murah, di enkosa juga ada yang seharga tiket nonton 2 orang di Cineplex saat weekday.

      Tinggalkan komentar