35 Ucapan Selamat Hari Bela Negara 19 Desember


Ucapan Selamat Hari Bela Negara 19 Desember – Ucapan selamat yang kami sampaikan dibawah ini merupakan kata-kata yang biasa digunakan dalam memberikan ucapan untuk Hari Bela Negara 19 Desember.

Selain bisa digunakan sebagai caption untuk berkirim pesan kepada keluarga, kerabat, sahabat, maupun rekan kerja juga menjadi bentuk kepedulian kita terhadap hari penting tersebut.

Baca Juga: 5 Ucapan Selamat Hari Migran Internasional 18 Desember

Oleh sebab itu sebagai warganegara yang baik, sepatutnya kita juga turut serta memeriahkan Hari Bela Negara 19 Desember yang selalu dirayakan setiap tahunnya.

35 Ucapan Selamat Hari Bela Negara 19 Desember

Sejarah Singkat Hari Bela Negara 19 Desember

Hari Bela Negara atau HGN tercetus dari sebuah peristiwa bersejarah yaitu sejarah Perjanjian atas sengketa kedaulatan Indonesia, antara Indonesia dengan Belanda yang diselenggarakan di atas Kapal Renville.

Kapal Renville ini tidak lain tidak bukan yaitu armada laut milik Amerika yang berlabuh di Teluk Jakarta pada tanggal 17 Januari 1948 dimana perjanjian tersebut dikenal juga sebagai Perjanjian Renville.

Baca Juga: Sejarah Hari Bela Negara 19 Desember: Kekalahan Yang Berujung Kemenangan

Sebelum adanya Perjanjian Renville, Indonesia serta Belanda telah menandatangani perjanjian Linggarjati yang telah menyepakati wilayah Republik Indonesia Serikat (RIS)

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Bela Negara 19 Desember

Di bawah ini adalah kumpulan Quotes Ucapan Selamat Hari Bela Negara 19 Desember yang bisa anda pilih. 

Silahkan pilih Quotes Ucapan Selamat Hari Bela Negara 19 Desember di bawah sesuai selera anda.

1. Menegakkan dan mematuhi hukum di tengah ketidakadilan yang nampak jelas adalah bagian dari Bela Negara. Karena Bela Negara tak harus dengan angkat senjata. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2022.

2. Apabila ingin negara terus merdeka mari junjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2022.

3. Mari membela dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, pertebal rasa cinta tanah air dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai tugas dan profesi masing-masing. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2022.

4. Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan reruntuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapapun juga – Jenderal Soedirman

5. Bersedia mengorbankan waktu dan pikiran untuk kemajuan bangsa dan negara merupakan indikator kita cinta negara Selamat Hari Bela Negara

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Hari Juang Kartika TNI-AD 15 Desember

6. Patriotisme modern, patriotisme sejati, satu-satunya patriotisme rasional adalah kesetiaan kepada Bangsa sepanjang waktu, kesetiaan kepada Negara Indonesia. Selamat Hari Bela Negara.

7. Salah satu hak dan kewajiban saya, kamu, kalian, kami warga negara Indonesia ialah membela tanah airnya. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2022 yang ke 73 Tahun

8. Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih. Akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi – Jenderal Soedirman

9. Indonesia indah, negeri yang kaya, tempat kita mengejar asa yang dimerdekakan para pejuang bangsa, Kita wajib bela segenap hati dan tenaga. Mari peringati Hari Bela Negara 19 Desember 2022

10. Jangan tanyakan apa yang bisa negara lakukan untuk kita, tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk negara Indonesia. Selamat Hari Bela Negara.

Baca Juga: Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

Kata-Kata Mutiara Peringatan Hari Bela Negara

1. Tanamkan bahwa seorang pahlawan sebagai seseorang yang memahami tingkat tanggung jawab yang datang dengan kemerdekaannya.

2. Patriotisme modern, patriotisme sejati, satu-satunya patriotisme rasional adalah kesetiaan kepada Bangsa sepanjang waktu, kesetiaan kepada Negara Indonesia. Selamat Hari Bela Negara.

3. Biarlah setiap bangsa tahu, apakah itu kita mengharapkan baik atau buruk, bahwa kita akan membayar berapapun harganya, menanggung beban apapun, memenuhi kesulitan apapun, mendukung teman mana pun, menentang musuh apa pun untuk menjamin Kemerdekaan Republik Indonesia. Tanpa harus mengatakan dengan indah, Saya mengucapkan Selamat Hari Bela Negara.

4. Orang baik orang yang bijak juga pemberani telah berbaring di jalur sejarah dan itu adalah Pahlawan. Kini Sejarah bukan sekedar kata-kata namun harus dimaknai lebih dari sekedar mengatakan tapi bahu-membahu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang telah ada. Selamat Hari Bela Negara!

5. Pada awal suatu perubahan, patriot adalah orang yang langka, berani, dan dibenci. Namun ketika perjuangannya berhasil, hanya taburan doa menghiasi mutiara perjuangannya. Selamat Hari Bela Negara.

Baca Juga: Download Kalender Planner November 2023 PDF

6. Teman-teman Indonesia ku, Jangan tanyakan apa yang bisa negara lakukan untuk Kita, tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk negara Indonesia. Selamat Hari Bela Negara.

7. Sementara hanya satu hari dalam setahun yang didedikasikan sepenuhnya untuk menghormati para Pahlawan kami, Bangsa Indonesia tidak boleh melupakan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pejuang untuk membela negara dan melindungi kemerdekaan Bangsa ini. Selamat Hari Bela Negara.

8. Darah Pejuang adalah benih pohon Kemerdekaan maka hanya doa yang bisa kita berikan. Saya mengucapkan selamat Hari Bela Negara untuk para sahabat Indonesia di manapun berada.

9. Warisan para pahlawan adalah ingatan nama besar dan pewarisan contoh yang bagus untuk seluruh bangsa Indonesia. Selamat Hari Bela Negara.

10. Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Selamat Hari Bela Negara. 

Baca Juga: Kalender Jawa Desember 2023 Lengkap Hari Baik

Kata Bijak Hari Bela Negara 19 Desember

1. Jangan tanyakan apa yang bisa negara lakukan untuk kita, tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk negara Indonesia. Selamat Hari Bela Negara.

2. Salah satu hak dan kewajiban saya, kamu, kalian, kami warga negara Indonesia ialah membela tanah airnya. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2021 yang ke 73 Tahun.

3. Apabila ingin negara terus merdeka mari junjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2021.

4. Bersedia mengorbankan waktu dan pikiran untuk kemajuan bangsa dan negara merupakan indikator kita cinta negara Selamat Hari Bela Negara.

5. Menegakkan dan mematuhi hukum di tengah ketidakadilan yang nampak jelas adalah bagian dari Bela Negara. Karena Bela Negara tak harus dengan angkat senjata. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2021.

Baca Juga: Kalender Bali Desember 2023 Lengkap

6. Mari membela dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, pertebal rasa cinta tanah air dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai tugas dan profesi masing-masing. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2021.

7. Indonesia indah, negeri yang kaya, tempat kita mengejar asa yang dimerdekakan para pejuang bangsa, Kita wajib bela segenap hati dan tenaga. Mari peringati Hari Bela Negara 19 Desember 2021.

8. Darah Pejuang adalah benih pohon Kemerdekaan maka hanya doa yang bisa kita berikan. Saya mengucapkan selamat Hari Bela Negara untuk para sahabat Indonesia di manapun berada.

9. Berada di garda terdepan tak membuat para patriot bangsa gentar. Maju dan berperang telah merasuk ke dalam nadi hingga akhir hayat.

10. Kebebasan berarti bebas melakukan semua kebaikan, bukan bebas lepas melakukan semua kejahatan tanpa boleh diadili – Jenderal Soedirman.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Gempa Bumi Yang Perlu Kamu Tahu

11. Indonesia merdeka harus menjadi tujuan hidup kita bersama – Teuku Nyak Arif.

12. Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan reruntuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapapun juga – Jenderal Soedirman.

13. Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan ataupun gaji yang tinggi – Supriyadi.

14. Orang baik orang yang bijak juga pemberani telah berbaring di jalur sejarah dan itu adalah Pahlawan. Kini Sejarah bukan sekedar kata-kata namun harus dimaknai lebih dari sekedar mengatakan tapi bahu-membahu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang telah ada. Selamat Hari Bela Negara.

15. Pada awal suatu perubahan, patriot adalah orang yang langka, berani, dan dibenci. Namun ketika perjuangannya berhasil, hanya taburan doa menghiasi mutiara perjuangannya. Selamat Hari Bela Negara.

Tentang Ucapan Selamat Hari Bela Negara 19 Desember

Di atas adalah kumpulan Ucapan Hari Bela Negara 19 Desember, silahkan pilih caption atau ucapan dari daftar diatas sesuai dengan selera anda. 

Baca Juga: Gratis! Begini Cara Membuat Undangan Digital Untuk Pernikahan Impianmu

Dengan ucapan selamat dan sedikit informasi sejarahnya semoga dapat menjadi referensi bagi kita semua dalam memahami serta mengerti tentang Hari Bela Negara 19 Desember.

Mudah-mudahan dengan informasi mengenai kumpulan Ucapan Selamat Hari Bela Negara 19 Desember di atas dapat menambah wawasan bagi kita semua. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar