Pesona Waduk Sermo di Kulon Progo


Waduk Sermo adalah obyek wisata waduk yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk Sermo ini lebih besar daripada Waduk Beton di Gunung Kidul.

Pesona Waduk Sermo di Kulon Progo

Keindangan Waduk Sermo

Kecantikan pesona Waduk Sermo tampak pada airnya yang jernih membiru dengan aliran yang berkelok-kelok dan yang menambah elok adalah Waduk ini dikelilingi perbukitan menoreh yang indah menghijau.

Waduk sermo ini terdiri dari bendungan utama yang merupakan tipe urungan batu berzona dengan inti kedap air.

Baca Juga: Menelusuri Air Tejun Sri Gethuk di Jogja

Fasilitas Waduk Sermo

Waduk ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain :

Perahu wisata, dimana para wisatawan dapat berkeliling waduk dengan cara menyewa perahu wisata.

Para wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan waduk sermo ini dengan berkeliling menggunakan perahu wisata atau jika anda tidak ingin menaiki kapal anda dapat juga berjalan-jalan di sekeliling waduk.

Selain sekedar jalan-jalan menikmati keindahan waduk, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan santai, seperti memancing, ataupun bersepeda.

Di sekitar waduk juga ada gardu pandang, dengan itu para wisatawan bisa bersantai ria sambil menikmati kesejukan perbukitan menoreh dan melihat keindahan waduk sermo dari ketinggian, pengunjung pun bisa duduk santai disana.

Menikmati gardu ini tidak dikenakan biaya dan pengunjung dapat merasakan kesejukan dan kesegaran angin yang bertiup diatas Waduk.

Akses Menuju Waduk Sermo

Semilir angin yang bertiup di sore hari menambah sejuk dan membuat badan menjadi santai dikala menikmati panorama waduk Sermo ini. Jika anda merencanakan untuk kesana, perjalanan ke waduk sermo ini memang sedikit berkelok-kelok namun keadaan ini malah memberikan sensasi yang luar biasa menyenangkan karena anda bisa menikmati alam perbukitan yang hijau.

Kondisi jalan yang kini sudah bagus dapat pengunjung tempuh kurang lebih 15-20 menit dari kota wates, kabupaten Kulon Progo. dan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Jika anda memasuki area waduk sermo akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 1000 untuk motor, Rp. 3000 untuk mobil, Rp. 5000 untuk bus dan truk.

Baca Juga: Pemandangan Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Sedangkan tarif masuk pengunjung dikenakan biaya Rp. 2000 per orang. Tak perlu ragu untuk berkunjung ke Waduk Sermo, kami sarankan untuk menghindari siang hari karena akan lebih panas.

Sore hari adalah waktu yang pas untuk berkunjung.

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar