Kalender Event Agustus 2022 Lengkap

Kalender Event Agustus 2022 Lengkap

Kalender Event Agustus 2022 Terlengkap

Kalender Event Agustus 2022 – Sepertinya Agustus menjadi bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia. Di mana setiap tanggal 17 Agustus akan diperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Namun demikian, selain HUT RI masih banyak lagi tanggal-tanggal penting yang di dalamnya terdapat hari besar berskala nasional maupun internasional.

Ini akan membantu bagi penyelenggara event yang sedang bekerja sama dengan lembaga tertentu untuk membuat sebuah kegiatan di dalamnya.

Bagaimana pun kalender event juga dapat menjadi salah satu acuan untuk membuat sebuah perencanaan yang matang, bukan?

Inilah mengapa cukup penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai tanggal penting yang terdapat pada bulan Agustus 2022.

Hari Besar Nasional dan Internasional Agustus 2022

Bulan kedelapan dalam hitungan tahun Masehi ini memiliki lebih banyak jumlah hari besarnya dibandingkan dengan bulan Juli.

Banyak agenda yang dapat Anda persiapkan untuk memperingati hari-hari tertentu. Tentunya hal tersebut juga perlu disesuaikan dengan budget yang Anda dan rekan-rekan miliki.

Untuk lebih memudahkan dalam memilih waktu dan tanggal yang tepat, berikut beberapa hari besar nasional dan internasional pada Agustus 2022.

  • 01 Agustus 2022 : Hari Asi Sedunia
  • 05 Agustus 2022 : Hari Dharma Wanita Nasional
  • 08 Agustus 2022 : Hari Ulang Tahun ASEAN
  • 09 Agustus 2022 : Hari Masyarakat Adat Internasional
  • 10 Agustus 2022 : Hari Veteran Nasional
  • 12 Agustus 2022 : Hari Wanita TNI Angkatan Udara (Wara), Hari Remaja Internasional
  • 13 Agustus 2022 : Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api
  • 14 Agustus 2022 : Hari Pramuka (Praja Muda Karana)
  • 17 Agustus 2022 : Hari Kemerdekaan Indonesia
  • 18 Agustus 2022 : Hari Konstitusi Republik Indonesia
  • 19 Agustus 2022 : Hari Departemen Luar Negeri Indonesia
  • 21 Agustus 2022 : Hari Maritim Nasional
  • 23 Agustus 2022 : Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya
  • 24 Agustus 2022 : Hari Televisi Republik Indonesia (TVRI), Hari Anak Jakarta Membaca
  • 30 Agustus 2022 : Hari Internasional Penghilangan Paksa
Baca juga:  Kalender Event November 2021 Lengkap

Beberapa hari penting ini sangat sayang bila dilewatkan begitu saja, bukan? Karenanya Anda bisa mulai memikirkan agenda yang akan dilakukan pada saat waktunya tiba.

Kalender Event Agustus 2022

Karena banyak sekali tanggal penting pada Agustus 2022 yang dapat diperingati, tidak ada salahnya bila Anda mencoba memilih beberapa di antaranya.

Kegiatan yang diselenggarakan juga bisa dimulai dari yang paling mudah dan sederhana, sehingga ini akan lebih menghemat budget sekaligus dapat menarik lebih banyak peserta.

Pada umumnya peserta lebih senang mengikuti kegiatan yang mudah dilakukan dan juga low budget. Karenanya Anda bisa memilih dari beberapa ide berikut ini.

05 Agustus 2022 – Hari Dharma Wanita Nasional

Dharma Wanita sendiri memiliki dua hari penting, yakni pada 5 Agustus 1974 sebagai hari berdirinya organisasi tersebut dan juga HUT Dharma Wanita yang jatuh pada 7 Desember.

Mengingat salah satu tujuan dari organisasi ini, yaitu untuk melestarikan dan memelihara norma, serta mengembangkan gotong royong, maka Anda dapat membuat event yang masih sesuai dengan tujuan tersebut.

Baca juga:  Kalender Event April 2022 Lengkap

Seperti dengan mengadakan sosialisasi, seminar, publikasi, ataupun pelatihan yang masih berkaitan dengan kepentingan masyarakat bersosial.

Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyelenggarakan pawai dengan tema pakaian adat.

Bekerja sama dengan tokoh masyarakat atau pihak sekolah juga akan bagus untuk mendukung berlangsungnya kegiatan peringatan Hari Dharma Wanita ini.

13 Agustus 2022 – Hari Peringatan Pangkalan Brandan Lautan Api

Pada 13 Agustus 2022 akan kembali diperingati sebagai Hari Pangkalan Brandan Lautan Api.

Yang mana peristiwa Pangkalan Brandan Lautan Api ini termasuk salah satu wujud perlawanan masyarakat Melayu terhadap tentara Belanda.

Sebenarnya peristiwa tersebut adalah tragedi pembumihangusan Pangkalan Brandan, yaitu pangkalan minyak bumi kesultanan Langkat.

Sebagai upaya untuk memperingati kegiatan tersebut Anda dan rekan-rekan dapat menyelenggarakan kegiatan berupa seminar, yang di dalamnya membahas mengenai sejarah tentang peristiwa Pangkalan Brandan.

Selain itu juga sosialisasikan mengenai pentingnya menjaga sumber daya alam sehingga masyarakat sekitar dapat lebih mencintai bumi pertiwi.

Sebagai penerus, tentu saja ini menjadi tanggung jawab masyarakat bersama. Dengan bumi yang sehat dan masyarakat yang bersatu diharapkan negara Indonesia akan semakin maju.

17 Agustus 2022 – Hari Kemerdekaan Indonesia

Sepertinya kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus tak akan jauh berbeda dengan perayaan pada tahun sebelumnya.

Baca juga:  Kalender Event Bulan April 2021 Lengkap

Merayakan hari proklamasi memang sangat menyenangkan. Dalam hal ini Anda dapat mencoba melibatkan keikutsertaan masyarakat untuk melaksanakan agenda yang telah ditetapkan.

Misalnya dengan menyelenggarakan lomba panjat pinang yang hadiahnya dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang, setidaknya bukan sesuatu yang nilainya bisa langsung habis pada saat itu juga.

Perlombaan lain yang dapat diselenggarakan seperti tarik tambang, cipta drama, balap lari, dan lainnya.

Dengan tujuan untuk turut merasakan perjuangan para pahlawan yang dahulu telah membantu memerdekakan Indonesia, walaupun seberat apa pun yang dirasakan oleh peserta perlombaan tak akan pernah bisa menyamai perjuangan para pahlawan.

Selain itu Anda juga bisa menyelenggarakan kegiatan nonton bersama dengan memutarkan film perjuangan ataupun film dokumenter.

Setelah mengetahui kalender event Agustus 2022 Anda bisa mulai berpikir kembali mengenai rencana kegiatan yang akan dilaksanakan.

Setidaknya ini akan memudahkan Anda dalam pemilihan tanggal serta hari peringatan yang tepat dengan situasi yang dialami.

Mudah-mudahan informasi Kalender Event Agustus 2022 diatas dapat menjadi referensi untuk anda yang saat ini sedang merencanakan sebuah kegiatan. Semoga bermanfaat!

Suka membaca dan menulis buku. Salah satu buku karyaku berjudul "Ada Hati Yang Terluka". Cek instagramku @keza236_queen atau disini

Tinggalkan komentar