Sejarah Hari Tari Internasional 29 April

Sejarah Hari Tari Internasional 29 April

Inilah Sejarah 29 April, Hari Tari Internasional “International Dance Day”

Setiap tanggal 29 April, hampir seluruh negara di dunia memperingati Hari Tari Internasional atau International Dance Day.

Penetapan tanggal 29 April sebagai Hari Tari Internasional bertepatan dengan hari lahirnya Jean-Georges Noverre yang merupakan seorang pembuat tari balet modern.

Salah satu tujuan adanya peringatan Hari Tari Internasional yaitu untuk merayakan tarian, bersenang-senang dalam universalitas bentuk seni dengan melintasi semua hambatan budaya, politik serta etnis.

Penetapan Hari Tari Internasional dicanangkan oleh ITI atau International Theatre Institute sejak tahun 1982.

Lalu, Siapa Jean Georges Noverre?

Ketika berbicara tentang Hari Tari Internasional, nama Jean Georges Noverre tentu saja tidak akan pernah absen.

Pasalnya peringatan ini juga ditetapkan berdasarkan hari lahirnya tokoh yang satu ini. Ya, Jean Georges Noverre merupakan seorang koreografer asal Prancis yang sangat revolusioner.

Jean Georges Noverre telah membawa reformasi yang sangat besar dalam dunia produksi balet yaitu menekankan akan pentingnya motivasi dramatis yang disebut dengan balet d’action.

Baca juga:  Sejarah Hari Krida Pertanian 21 Juni

Tak hanya itu saja, beliau juga mengkritik penekanan berlebihan pada keahlian teknis.

Kesuksesan koreografinya, Les Fetes Chinoises pada tahun 1754 menarik perhatian David Garrick yang kemudian mempresentasikannya di London tahun 1755.

Setelah menghasilkan mahakarya misalnya seperti Medee et Jason serta Psyche et l’Amour di Stuttgart, Georges Noverre akhirnya diangkat menjadi master balet di Paris Opera.

Jean Georges Noverre lahir pada tanggal 29 April 1727 di Paris, Prancis. Beliau meninggal pada tanggal 19 Oktober 1810 di Saint-Germain-en-Laye.

Atas inovasi-inovasi yang diberikannya akhirnya Hari Tari Internasional ditetapkan pada tanggal 29 April bertepatan dengan hari lahirnya koreografer termasyur ini.

Jenis Tarian Populer Di Dunia

Terlepas dari sejarah Hari Tari Internasional, tentunya kita juga tahu bahwa terdapat banyak sekali jenis tarian populer di dunia.

Berikut ini beberapa tarian populer di dunia yang sebaiknya anda ketahui:

Samba, Brazil

Tarian samba memang sangat identik dengan tradisi karnaval Brasil yang sudah terkenal di dunia.

Samba merupakan gaya tarian serta genre musik Brazil dengan akar dari Afrika dan kemudian tiba di Amerika Latin melalui budak Afrika dan tuan Eropa.

Baca juga:  Sejarah Peringatan Hari Musik Dunia 21 Juni

Tarian ini dikaitkan dengan ritme serta kostum flamboyan yang dianggap sebagai bagian dari integral dari budaya Brazil.

Balet, Rusia

Tak ada bentuk tarian yang dapat mendekati keanggunan yang dekat dengan balet Rusia. Balet merupakan tarian artistik yang dilakukan dengan menggunakan musik.

Bentuk tarian ballet ini berasal dari Renaissance, Italia yang diperkenalkan ke Rusia pada masa pemerintahan Peter The Great dan semenjak itu tarian ini menjadi bagian integral masyarakat Rusia.

Flamenco, Spanyol

Flamenco merupakan bentuk tarian yang paling terkenal di Spanyol. Tarian ini disertai dengan permainan gitar, nyanyian, finger snapping dan hand clapping. Umumnya tarian ini dilakukan oleh satu pasang laki-laki dan perempuan.

Break Dance, Amerika Serikat

Break dance merupakan gaya tarian jalanan yang populer di kalangan anak mudah Amerika Serikat.

Terdapat empat jenis gerakan yang terlibat dalam tarian ini yaitu downrock, gerakan kekuatan, toprock dan membeku.

Tango, Argentina

Tango merupakan tarian mitra yang dikaitkan dengan gaya serta ekspresif. Tarian tersebut awalnya berasal dari kota River Plate, banyak varian baru dari tarian tango yang ada hingga saat ini. Bahkan tak heran tarian ini kerap diperlombakan secara internasional.

Baca juga:  Sejarah Hari Ozon Internasional 16 September

Selain 5 jenis tarian populer di atas, Indonesia juga memiliki banyak sekali tarian populer bahkan kini sudah dikenal dunia.

Beberapa diantaranya seperti tari sama, tari jaipong, tari kecak, tari reog, tari kipas, tari piring, tari cakalele, tari bedhaya, tari tor tor dan tari zapin.

Itulah sekilas tentang sejarah 29 April, Hari Tari Internasional dan jenis tarian populer di dunia.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Tari Internasional 29 April di atas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Tari Internasional! Penulis

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar