Kalender Event Juni 2022 Lengkap

Kalender Event Juni 2022 Lengkap

Kalender Event Juni 2022 dan Hari Pentingnya

Ada banyak sekali hari-hari besar di dunia, mulai hari besar agama, tahun baru, dan berbagai hari besar yang menarik untuk dirayakan. Hari besar Juni 2022 juga tak sedikit jumlahnya.

Bahkan, mulai dari Januari sampai Desember 2022 daftar hari besar diisi oleh sejumlah tanggal penting yang lingkup perayaannya baik nasional maupun internasional.

Biasanya Anda menjadikan kalender sebagai acuan dalam merencanakan kegiatan ataupun untuk menilik kapan saja hari libur yang ada pada bulan tersebut.

Sedangkan pada bulan Juni ini terdapat sekitar 18 hari besar yang tentu dapat Anda maknai dengan berbagai kegiatan positif.

Hari Besar Nasional dan Internasional Juni 2022

Tepat pada 1 Juni terdapat satu hari libur nasional, yaitu Hari Lahir Pancasila. Akan tetapi, selain hari lahirnya Pancasila masih ada berbagai hari besar dan hari penting lainnya di bulan Juni.

Dengan mengetahui daftar hari besar ini, Anda akan lebih mudah merencanakan suatu kegiatan, sehingga Anda juga dapat menyiapkan antisipasi bila secara tidak sengaja pada tanggal yang telah ditentukan terdapat suatu kendala.

Berikut sederet daftar hari besar nasional dan internasional yang terdapat pada bulan Juni 2022.

  • 1 Juni: Hari Lahir Pancasila ; Hari Anak-anak Sedunia; dan Hari Susu Sedunia
  • 3 Juni: Hari Pasar Modal Indonesia
  • 4 Juni: Hari Anak Korban Perang
  • 5 Juni: Hari Lingkungan Hidup Sedunia
  • 8 Juni: Hari Laut Sedunia
  • 14 Juni: Hari Donor Darah
  • 17 Juni: Hari Dermaga; dan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia
  • 21 Juni: Hari Musik Dunia; dan Hari Krida Pertanian
  • 22 Juni: Hari Ulang Tahun Kota Jakarta
  • 23 Juni: Hari Konvensi Bonn
  • 24 Juni: Hari Bidan Nasional
  • 26 Juni: Hari Peduli Korban Penyiksaan Internasional; dan Hari Anti Narkoba Internasional
  • 29 Juni: Hari Keluarga Nasional 29 Juni; dan Hari Keluarga Berencana (KB) Nasional
Baca juga:  Kalender Event Februari 2022 Lengkap

Dengan mengetahui berbagai hari besar tersebut, kini Anda bisa lebih mudah untuk memilih mana saja tanggal penting yang akan diperingati.

Sebab, sudah tentu Anda dan anggota tim membutuhkan komunikasi yang lebih matang sebelum merilis event yang akan digarap.

Kalender Event Juni 2022

Mungkin Anda pernah menemukan kendala dalam menata jadwal kegiatan untuk melakukan perayaan hari-hari besar.

Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa ide event menarik yang dapat Anda gunakan untuk mengarungi bulan Juni 2022.

01 Juni 2022 – Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila biasanya diperingati dengan melakukan upacara. Namun, kali ini Anda bisa menciptakan momen peringatan yang berbeda.

Seperti menyelenggarakan lomba yang bertujuan untuk menggali kreativitas para peserta, serta mengaplikasikan nilai-nilai pancasila.

Anda dapat menyelenggarakan lomba video pidato, menulis cerpen, artikel, ataupun esai.

Sedangkan peraturan wajibnya yaitu peserta harus membuat karya dengan memilih salah satu dari kelima pancasila sebagai tema karyanya.

Perlombaan ini bisa digelar misalnya sejak 1 Juni sampai dengan 20 Juni sebagai durasi dalam mengumpulkan karya secara online, dan Anda dapat mengumumkan pemenangnya pada tanggal 30 Juni.

Baca juga:  Kalender Event April 2022 Lengkap

14 Juni – Hari Donor Darah

Dalam rangka memperingati World Blood Donor Day (WBDD) atau yang dikenal sebagai Hari Donor Darah yang jatuh pada 14 Juni mendatang, Anda dapat melakukan kerja sama dengan tim medis untuk melaksanakan donor darah masal.

Kegiatan seperti ini bisa digelar di aula kecamatan tempat tinggal Anda atau justru dilangsungkan di puskesmas terdekat.

Selain itu Anda juga perlu menargetkan berapa banyak jumlah kantong darah yang dibutuhkan.

Dalam prosesnya, setiap peserta harus lolos dalam uji screening kesehatan, baik hemoglobin, tensi darah, dan tentu bersih dari paparan virus Covid-19.

21 Juni – Hari Musik Dunia

Musik tidak bisa dijauhkan dari kehidupan manusia, karena kecintaan itulah sekarang setiap 21 Juni akan dirayakan Hari Musik Dunia.

Penyebutan tersebut sebenarnya dilakukan oleh orang Indonesia, sedangkan warga dunia menyebut perayaan ini dengan World Music Day atau juga Fete de la Musique.

Dalam upaya merayakan hari besar ini, Anda dapat menyelenggarakan event musik, seperti lomba cipta lirik lagu, atau perlombaan menyanyi secara solo maupun berkelompok.

Jika budget yang Anda miliki lebih dari cukup, Anda juga bisa mengadakan konser musik gratis yang tentunya Anda juga perlu mengantongi izin menyelenggarakan kegiatan tersebut dari petugas berwajib.

Namun, bila dirasakan hal ini terlalu berisiko, Anda tetap dapat mengadakan konser musik secara virtual atau live di Instagram bersama dengan penyanyi yang Anda undang.

Baca juga:  Kalender Event Januari 2022 Lengkap

Anda bahkan bisa menyelenggarakan seminar terbuka untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat lebih luas mengenai etika dalam bermusik, misalnya mendengarkan musik dengan cara legal.

Atau juga mengajak masyarakat untuk mendengarkan musik karya musisi dalam negeri.

26 Juni – Hari Anti Narkoba Internasional

Dalam upaya memperingati Hari Anti Narkoba Internasional yang bertepatan dengan tanggal 26 Juni 2022, Anda bisa menyelenggarakan seminar nasional dan membebaskan siapa pun untuk mengikutinya.

Kegiatan ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom atau Google Meet, maupun secara offline dengan mengajak mahasiswa, siswa, atau masyarakat sekitar untuk turut hadir sebagai tamu undangan.

Acara ini dilaksanakan untuk memberikan kesadaran kepada para tamu yang hadir mengenai bahaya menggunakan narkotika.

Tunjukkan pula contoh dampak negatif penggunaan narkotika kepada mereka. Dengan demikian, semoga saja pengguna narkotika dapat lebih berkurang.

Demikianlah kalender event Juni 2022 yang dapat Anda ketahui.

Pastikan bahwa setiap kegiatan yang akan Anda lakukan tidak melanggar aturan dari pemerintahan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Mudah-mudahan informasi Kalender Event Juni 2022 diatas dapat menjadi referensi untuk berbagai event anda di bulan tersebut. Semoga bermanfaat!

Suka membaca dan menulis buku. Salah satu buku karyaku berjudul "Ada Hati Yang Terluka". Cek instagramku @keza236_queen atau disini

Tinggalkan komentar