Sejarah Hari Pemasyarakatan Indonesia 27 April

Sejarah Hari Pemasyarakatan Indonesia 27 April

Inilah Sejarah Penting 27 April, Hari Pemasyarakatan Indonesia

Tanggal 27 April setiap tahunnya Indonesia selalu memperingati Hari Pemasyarakatan Indonesia atau dikenal juga dengan Hari Bhakti Pemasyarakatan.

Peringatan ini tentu tak kalah penting, namun sayang banyak yang belum mengetahui bagaimana sejarah 27 April, Hari Pemasyarakatan Indonesia.

Lihat Juga: Selamat Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) 5 Mei

Nah, bagi anda yang belum mengetahui bagaimana asal usulnya, simak berikut sejarah singkatnya!

Berikut Sejarah Penting Hari Pemasyarakatan Indonesia 27 April

Peringatan Hari Pemasyarakatan Indonesia tidak bisa dilepaskan dari sejarah 57 tahun yang lalu. Cikal bakal penetapan tanggal tersebut berasal dari Menteri Kehakiman, Prof Sahardjo SH yang merupakan pelopor Hari Pemasyarakat Indonesia.

Prof Sahardjo menyatakan bahwa tugas jawatan kepenjaraan bukan hanya untuk melaksanakan hukuman saja, melainkan juga memiliki tugas yang lebih berat yaitu mengembalikan orang-orang yang dijatuhi pidana ke dalam masyarakat.

Beberapa perbaikan di berbagai aspek telah dilakukan oleh pemerintah demi meningkatkan kualitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Namun sayang hal tersebut masih menyisakan beberapa kekurangan.

Terlepas dari kontroversi serta stigma negatif yang terjadi, Lembaga Pemasyarakatan tentu saja harus mendapatkan perhatian yang besar dari semua pihak.

Baca juga: Hari Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional 28 April

Peringatan Hari Pemasyarakatan Indonesia ini menjadi salah satu momen penting sebagai babak baru untuk para narapidana yang sebelumnya hanya dikatakan sebagai penjahat serta tidak dipedulikan atas nasibnya di lingkungan masyarakat.

Dengan adanya Hari Pemasyarakatan Indonesia ini tentu bisa menyadarkan masyarakat Indonesia bahwa para narapidana merupakan bagian dari masyarakat yang suatu hari nanti akan keluar dari lapas mampu berbaur serta menjadi manusia normal seperti yang lainnya.

Dengan demikian maka fungsi dari Lapas ini yaitu bukan hanya bisa membuat para narapidana lebih dimanusiakan sebagai manusia.

Hanya saja, dipastikan hak narapidana sebagai manusia utuh akan didapatkan. Dalam Lapas, narapidana akan mendapatkan pembinaan khusus mulai dari pembentukkan akhlak, keterampilan hingga penguatan mental.

Masalah Besar Di Lembaga Pemasyarakatan Indonesia

Lembaga Pemasyarakatan Indonesia setiap tahunnya selalu mengalami kepadatan jumlah penghuni.

Tercatat, kurang lebih 252 ribu orang ditahan sementara kapasitas lembaga pemasyarakat hanya separuhnya. Hal tersebut tentu saja menjadi masalah besar yang harus menjadi perhatian pemerintah Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 26 April

Tingginya jumlah tahanan tentu saja akan membuat anggaran negara ikut membengkak. Persoalan tentang over capacity atau kapasitas melebihi batas menjadi masalah yang sangat serius dalam pengelolaan lembaga pemasyarakatan di Indonesia.

Berikut ini beberapa Lembaga Pemasyarakatan dengan narapidana terbanyak di Indonesia:

  • Lapas kelas I Cipinang.
  • Lapas kelas I Medan.
  • Lapas Kelas 1 Tangerang.
  • Lapas Kelas II A Banjarmasin.
  • Lapas Kelas I Malang.
  • Lapas Kelas I Surabaya.
  • Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku.

Istilah pemasyarakatan pertama kali diungkapkan oleh Sahardjo pada 5 Juli 1963. Dia menyatakan bahwa pemasyarakatan merupakan tujuan dari pidana penjara.

Dalam prosesnya, Pemasyarakatan mengganti istilah Kepenjaraan dengan tujuan Pemasyarakatan sebagai pengejawantahan keadilan yang memiliki tujuan untuk mencapai reintegrasi sosial dalam pembinaan warga binaan.

Konsep tersebut akhirnya dikukuhkan dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Itulah sekilas tentang sejarah 27 April, Hari Pemasyarakatan Indonesia yang sebaiknya anda ketahui.

Lihat Juga: Kalender Jawa April 2023 Lengkap Hari Baik

Melalui hari peringatan ini tentunya diharapkan bisa menyadarkan masyarakat Indonesia akan stigma negatif tentang Lembaga Pemasyarakatan dan meyakinkan masyarakat bahwa narapidana yang keluar bisa menjadi sosok baru yang lebih baik.

Lembaga Pemasyarakatan akan selalu dipastikan memenuhi hal pada narapidana sebagai manusia.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Pemasyarakatan Indonesia 27 April diatas dapat menjadi referensi dan menambah wawasan kita semua.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Pemasyarakatan Indonesia!

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja Hari Anti Kekerasan Terhadap Wanita Hari Guru 25 November