Sejarah Hari Geographic Information Systems 19 November

Sejarah Hari Geographic Information Systems 19 November

Definisi dan Sejarah 19 November, Hari Geographic Information Systems (Sistem Informasi Geografis)

Seperti yang diketahui bahwa salah satu lingkup kajian dalam Ilmu Geografi yaitu Sistem Informasi Geografis atau Geographic Information System.

Kajian ini mulai berkembang sejak tahun 1700-an yang ditandai dengan diterapkannya teknik survei modern untuk pemetaan topografis.

Penasaran bagaimana sejarah penetapan hari tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Definisi Dan Sejarah Hari Geographic Information Systems 19 November

Dilansir dari beberapa sumber, Geographic Information Systems diterapkan sekitar tahun 1967 di Kanada dengan nama Canadian Geographic Information Systems (CGIS).

Tokoh yang mengembangkan kajian ini yaitu Roger Tomlinson.

CGIS sendiri digunakan untuk menyimpan, menganalisis serta mengolah data yang dikumpulkan untuk inventarisasi tanah di wilayah Kanada.


Canadian Geographic Information Systems merupakan sebuah sistem pertama di dunia sebagai hasil dari pengembangan aplikasi pemetaan yang memiliki berbagai kemampuan.

Namun sayangnya CGIS ini hanya bertahan sampai tahun 1970.

Salah satu alasan mengapa Canadian Geographic Information Systems tidak bertahan lama yaitu karena ketidakmampuan CGIS bersaing dengan aplikasi pemetaan komersil yang dikeluarkan oleh vendor seperti MapInfo, ESRI serta CARIS.

Namun perkembangan industri pada tahun 1980 dan 1990 membuat Geographic Information Systems semakin mengalami perkembangan dengan merambah ke workstation UNIX serta personal computer (PC).

Seiring berjalannya waktu pada abad ke 20, pengguna Geographic Information Systems mulai mengekspor serta menampilkan data Geographic Information Systems melalui internet sehingga membuat sistem informasi geografis ini semakin dikenal oleh masyarakat.

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang menggunakan Geographic Information Systems sejak Pelita ke 2 pada tahun 1974.

Tepat pada tahun 2016, kebijakan satu peta untuk berbagai tampilan data sudah mulai diterapkan di Indonesia.

Lalu, Apa Sebenarnya Geographic Information Systems?

Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer, tentu saja telah memberikan kemudahan dalam prosedur pencarian data melalui koordinat lokasi atau mencari data atribut melalui penunjukkan lokasi objek grafis pada layar komputer.

Geographic Information Systems merupakan sebuah sistem berbasis komputer yang dapat menyimpan, mengolah serta menganalisis data yang terkait informasi geografis.

Sistem ini sudah pasti memiliki banyak sekali manfaat. Dengan adanya Geographic Information Systems tentu saja bisa memudahkan para peneliti atau pihak yang ingin menggunakan informasi geografis untuk melihat fenomena kebumian dengan perspektif yang lebih baik.

Dengan adanya Geographic Information Systems segala pekerjaan tentu saja bisa menjadi lebih mudah dan cepat ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dan canggih.

Nah itulah sekilas tentang definisi dan sejarah 19 November, Hari Geographic Information Systems.
Tidak ada informasi detail mengapa tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Geographic Information Systems.

Hanya saja jika dilihat dari peran dan fungsinya sudah pasti sistem informasi geografis sangatlah penting, sehingga banyak sekali negara yang menggunakan sistem satu ini.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Geographic Information Systems diatas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Geographic Information Systems!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari sistem geografis indonesia
  • sejarah hari sistem informasi geografis
  • hari sistem geografis pdf
  • sistem informasi geografis menurut para ahli
  • manfaat sistem geografis
  • salah satu keunggulan dalam sistem geografis

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Nusantara Hari Transmigrasi Hari Gunung Internasional Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional