Sejarah Hari Ganefo 10 November


Sejarah Hari Ganefo 10 November

Sejarah 10 November, Hari Ganefo Yang Tidak Banyak Diketahui!

Tahukah anda? Selain memperingati Hari Pahlawan, tanggal 10 November juga merupakan Hari Ganefo.

Tidak banyak yang tahu tentang hari penting yang satu ini sehingga berikut ini sekilas tentang sejarah 10 November, Hari Ganefo.

Berikut Sejarah Hari Ganefo ”Games of The New Emerging Forces” 10 November

Hari Ganefo “Games of The New Emerging Forces” merupakan hari pesta olahraga negara berkembang yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, Ganefo merupakan peristiwa sejarah yang telah dialami Indonesia.

Sejarah tersebut tercipta dimana pada saat itu Soekarno dengan semangat nasionalismenya berani menentang hegemoni Barat.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Hari Ganefo 10 November

Penentangan ini terjadi melalui arena olahraga yang akhirnya mampu mengangkat nama Indonesia dalam percaturan politik Internasional.

Ganefo diharapkan bisa menumbuhkan kembali rasa nasionalisme serta kebanggaan para generasi penerus bangsa untuk melanjutkan kembali api semangat yang telah lama dikobarkan oleh Soekarno.

4 Latar Belakang Lahirnya Ganefo

Terdapat 4 hal yang melatarbelakangi pelaksanaan Hari Ganefo. Berikut hal tersebut:

1. Situasi Politik Internasional

Negara Indonesia memandang bahwa olahraga telah menjadi lahan imperialisme bagi negara-negara maju, khususnya negara bagian barat dengan menggunakan International Olympic Committee sebagai alatnya.

Lihat juga: Sejarah Hari Kesehatan Nasional 12 November

Bukti nyata terjadinya intervensi dunia barat terhadap pelaksanaan beberapa kegiatan olahraga yaitu seperti Asian Games dan Olimpiade.

International Olympic Committee (IOC) telah menyatakan secara tegas bahwa olahraga harus terpisah dari politik yang pada kenyataannya berbanding terbalik dengan fakta yang ada.

Bukti nyata yang ditunjukkan yaitu melarangnya Republik Rakyat Tiongkok untuk mengikuti Asian Games karena negara tersebut merupakan negara komunis yang menjadi musuh blok barat.

Peristiwa lain yang terjadi yaitu peristiwa Oktober 1959, dimana RDD menolak berpartisipasi dalam pertandingan olahraga bola voli di Perancis.

Dikarenakan Perancis melarang dikumandangkannya lagu kebangsaan dan bendera nasional RDD di sana.

Tak hanya itu saja, Amerika Serikat juga tidak memberikan visa kepada atlet RDD ketika Olimpiade musim dingin di tahun 1960.

Begitu juga ketika adanya kejuaraan angkat besi pada bulan September yang membuat RDD tidak berpartisipasi.

Dari kedua kasus tersebut IOC serta federasi olahraga Internasional tidak mengambil tindakan tegas kepada Perancis dan Amerika Serikat karena melakukan kesalahan.

Hal tersebut dibuktikan juga bahwa IOC memiliki rasa takut terhadap negara anggota blok barat.

Selain itu, sebagian besar anggota dewan eksekutif IOC juga adalah orang-orang Eropa.

2. Skorsing IOC Kepada Indonesia

Indonesia mendapatkan skorsing IOC dikarenakan melarang partisipasi Taiwan dan Israel ke Asian Games IV di Jakarta.

Indonesia memiliki alasan mengapa tidak mengundang kedua negara tersebut. Alasan tersebut karena jika Indonesia mengundang dua negara tersebut maka akan membuat hubungan baik dengan negara sahabat khususnya Arab dan RRT menjadi terganggu.

Baca Juga: Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September

Pada saat itu, RRT memiliki hubungan dekat dengan Indonesia karena memiliki persamaan serta melaksanakan politik luar negeri yang sama.

Persamaan tersebut yaitu secara konsekuen menentang adanya imperialisme serta kolonialisme di berbagai belahan dunia.

Namun keputusan tersebut ternyata membuat Indonesia mendapatkan skorsing dari IOC yang mengakibatkan Indonesia tidak bisa berpartisipasi dalam Olimpiade karena alasan yang tidak wajar.

Indonesia mencari solusi yaitu dengan menyelenggarakan Ganefo.

3. Situasi Politik Dalam Negeri

Ganefo adalah salah satu wujud kebijakan luar negeri yang mampu membangkitkan reaksi nasionalis rakyat Indonesia.

Dengan tujuan untuk mengubah peranan Indonesia dalam dunia Internasional sebagai pemimpin baru negara berkembang.

Momen skorsing dimanfaatkan oleh Soekarno sebagai sebuah alat yang berfungsi untuk menyatukan masyarakat Indonesia.

Yakni mempersatukan rakyat untuk melawan bentuk imperialisme di bidang olahraga serta mewujudkan konsepsi politik luar negerinya.

Soekarno menyebutkan bahwa skorsing yang dilakukan IOC merupakan bentuk isolasi terhadap Indonesia dalam bidang olahraga, yang tujuannya untuk menghambat eksistensi Indonesia di dunia Internasional.

Lihat juga: Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional

Pelaksanaan event olahraga ini digunakan untuk menggali nilai positif, salah satunya yaitu nilai jiwa nasionalisme bangsa yang dikenal dengan Nation Character Building.

Olahraga dianggap bisa membantu dalam pembentukkan karakter dan kepribadian rakyat Indonesia yaitu keberanian, kepercayaan diri, penghargaan kepada lawan, harga diri, semangat berjuang untuk memperoleh kemenangan, rasa tanggung jawab, optimisme, dan gotong royong.

4. Konsepsi Politik Luar Negeri Soekarno

Situasi dunia ketika terjadi perang dingin membuat presiden pertama Indonesia, Soekarno menyatakan bahwa dunia tidak terbagi dalam blok Barat dan blok Timur namun menjadi dua blok yaitu Nefo dan Oldefo.

Pembagian dunia menurut konsep Soekarno ini sesuai dengan kondisi dunia pada saat itu dimana negara maju lebih memegang dominasi atas negara berkembang dari segala aspek kehidupan.

Dengan konsepsi yang dibuat ini, Soekarno yakin akan membuat kedudukan Indonesia menjadi lebih meningkat dalam dunia Internasional.

Salah satunya yaitu dapat menjadi negara pemimpin negara-negara berkembang yang tergabung dalam Nefo.

Ganefo pertama kali digelar pada tanggal 10 sampai 22 November 1963. Sebagian besar pertandingan olahraga dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno.

Ganefo kedua diadakan di Phnom Penh, Kamboja pada tahun 1966 dan yang ketiga direncanakan akan digelar di Pyongyang, Korea Utara pada tahun 1970.

Namun sayang, kegiatan tersebut tidak direalisasikan hingga akhirnya organisasi penyelenggara kolaps.

Baca Juga: Kalender Jawa Mei 2023 Lengkap Hari Baik

Nah itulah sekilas tentang sejarah 10 November, Hari Ganefo yang merupakan momen penting negara Indonesia yang dicetuskan oleh presiden pertama kita Ir. Soekarno.

Semoga informasi Sejarah Hari Ganefo 10 November diatas dapat menambah wawasan, sekaligus menjadi referensi kita semua.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Ganefo!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • ganefo hari ini
  • sejarah hari ganefo soekarno
  • latar belakang lahirnya ganefo
  • ganefo singkatan dari
  • ganefo dan pembentukan poros hubungan dengan negara komunis
  • ganefo bubar
  • negara peserta ganefo tahun 1964
  • sejarah ganefo di indonesia

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia