Sejarah Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional 17 Oktober


Sejarah Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional 17 Oktober

Memaknai 17 Oktober, Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional Yang Sebaiknya Diketahui!

Berbicara tentang 17 Oktober, Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional, mungkin sebagian dari Anda banyak yang belum mengetahui bagaimana asal usul penetapan hari tersebut.

Nah, bagi Anda yang memang belum tahu apa yang terjadi di tanggal tersebut sampai akhirnya PBB menetapkannya sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional, maka Anda penting untuk menyimak sejarahnya berikut ini.

Berikut sejarah Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional 17 Oktober dibawah ini.

Asal Usul 17 Oktober, Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional Yang Sebaiknya Diketahui!

Seperti telah disebutkan diatas bahwa tidak banyak yang tahu bahwa dibalik diperingatinya tanggal tersebut menjadi salah satu peringatan Internasional yang menjadi sorotan dunia.

Pada tanggal 17 Oktober 1987, Joseph Wresinski yang merupakan seorang aktivis kemiskinan pada saat itu telah berhasil mengumpulkan 100 ribu massa.

Joseph Wresinski mengumpulkan massa tersebut sebagai wujud penghormatan kepada para korban kelaparan, kemiskinan, kekerasan serta ancaman di Human Rights and Liberties Plaza de Trocadero, Paris.

Para massa sepakat menyatakan bahwa kemiskinan merupakan pelanggaran HAM serta menegaskan akan pentingnya bersatu untuk memastikan bahwa hak-hak tersebut dapat dihormati.

Sejak saat itu, semua orang dari latar belakang yang berbeda, kepercayaan berbeda, dan asal usul sosial berbeda berkumpul pada tanggal 17 Oktober untuk membangun komitmen dan menunjukkan solidaritas mereka terhadap kemiskinan.

Gerakan yang diusung oleh seorang politikus Prancis tersebut langsung mendapatkan perhatian dari PBB.

Atas dasar tersebut maka akhirnya pada tahun 1992, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 17 Oktober sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional.

Melalui resolusi 47/196 yang diadopsi pada tanggal 22 Desember 1992, Majelis Umum PBB menyatakan bahwa 17 Oktober sebagai Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional.

Lihat juga: Sejarah Hari Perpustakaan Sekolah Internasional 18 Oktober

PBB mengundang semua negara untuk menjadikan tanggal tersebut sebagai momentum untuk mempresentasikan serta mengkampanyekan bahwa kemiskinan harus diberantas.

Dari penetapan tersebut maka tentu saja semua negara PBB selalu memperingati hari tersebut tak terkecuali Indonesia.

Setiap tahunnya Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional ini selalu diperingati dengan tema-tema yang berbeda.

Kemiskinan di Indonesia

Pada tahun 2018, Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani mengatakan bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah, angka kemiskinan di Indonesia kurang dari 10%.

Menurut data, jumlah penduduk miskin di Indonesia per Maret 2018 yaitu 25,95 juta orang semakin sedikit dari jumlah penduduk warga miskin pada September 2017 yaitu 26,58 juta orang.

Angka rata-rata garis kemiskinan pada bulan Maret tahun 2018 yaitu Rp 401.220 per kapita per bulan.

Data menunjukkan jika angka tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 yang pada semester pertama berjumlah Rp 361.496 serta Rp 370.910 per semester kedua di tahun 2017.

Di tahun 2017, provinsi dengan rata-rata kemiskinan tertinggi yaitu Bangka Belitung dengan Rp 602.942 serta yang terendah yaitu Sulawesi Selatan dengan Rp 274.434.

Walaupun persentase penduduk miskin di Indonesia mencapai rekor terendah yaitu 9,82% namun penduduk miskin yang tinggal di pedesaan lebih banyak dibandingkan penduduk miskin di kota.

Baca Juga: Sejarah Hari Air Sedunia 22 Maret

Misalnya di Maluku serta Papua dimana sekitar 29,15% penduduk yang tinggal di desa masih tergolong dalam kategori miskin dan di kota hanya 5,03% penduduk yang masuk ke kategori miskin.

Sementara di Bali dan Nusa Tenggara 17,77% penduduk di desa masih dalam kategori miskin dan persentase penduduk miskin terendah adalah Kalimantan yaitu 7,6% di desa dan 4,33% di kota.

Kemiskinan memang menjadi salah satu perhatian dunia. Setiap negara di dunia pastinya selalu berusaha untuk selalu memberantas kemiskinan.

Melalui Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional yang diperingati setiap tanggal 17 Oktober ini diharapkan masalah kemiskinan segera mendapatkan titik terang dan solusi.

Itulah Sejarah singkat mengenai Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional 17 Oktober.

Baca Juga: Kalender Hijriyah Bulan Juli 2023 dan Jadwal Puasanya

Mudah-mudahan informasi diatas dapat menambah wawasan serta dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Pemberantasan Kemiskinan Internasional!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari pemberantasan kemiskinan sedunia
  • program pengentasan kemiskinan dunia
  • peringatan hari pemberantasan kemiskinan 2021
  • tema hari pengentasan kemiskinan sedunia 2021
  • selamat hari pemberantasan kemiskinan sedunia
  • quotes hari pemberantasan kemiskinan di dunia

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional