Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober

Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober

Sejarah 2 Oktober, Hari Batik Nasional: Warisan Budaya Dunia Yang Patut Dilestarikan! 

10 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO secara resmi telah mengakui, memutuskan, serta menetapkan bahwa batik dari Indonesia sebagai salah satu warisan budaya dunia yang patut untuk dilestarikan. 

Biasanya saat hari peringatan tersebut tiba, maka seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk menggunakan batik. 

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah 2 Oktober, Hari Batik Nasional tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Beginilah Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober Yang Wajib Diketahui Seluruh Masyarakat Indonesia 

Pada tanggal 2 Oktober 2009, batik mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda. 

Sejak pengakuannya tersebut maka presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar seluruh masyarakat Indonesia mengenakan batik setiap tanggal 2 Oktober. 

Seperti yang kita ketahui bahwa batik merupakan teknik mendekorasi kain menggunakan malam atau lilin untuk menciptakan pola dan warna-warni. 

Kain akan dilukis dengan cairan malam dengan menggunakan alat yang bernama canting. 

Batik menjadi warisan karya seni yang bernilai tinggi dan memiliki makna, filosofi serta simbol yang “kaya” akan cerita. 

Ya, beda daerah sudah pasti beda motif batik yang dihasilkan. Uniknya, setiap motif juga memiliki cerita yang mengandung makna berarti. 

Batik menjadi warisan turun temurun yang sudah menjadi identitas Indonesia sejak dulu kala. 

Batik sendiri berasal dari dua padanan Bahasa Jawa yaitu “amba” yang artinya menulis dan “titik”. Kedua kata tersebut dikombinasikan sehingga memiliki makna “menulis titik” diatas kain. 

Indonesia membutuhkan setidaknya 3 tahun untuk bisa mendapatkan pengakuan dari dunia Internasional hingga akhirnya mendapatkan pengakuan. 

Kata Batik juga pertama kali terdaftar dalam Bahasa Inggris Encyclopedia Britannica pada tahun 1880 dengan ejaan yaitu “Battik”. 

Selain itu batik juga pernah dieja dengan beragam tulisan yaitu seperti mbatek, mbatik hingga batek. 

Di Indonesia, batik dikenal sejak abad ke-4 dimana dulunya batik hanya digunakan untuk pakaian para raja, keluarga kerajaan hingga para pekerja kerajaan. 

Dikarenakan pekerja di kerajaan tinggal di luar keraton, mereka sering membawa pekerjaan membatik di luar kerajaan, sehingga karena kebiasaan tersebut banyak sekali masyarakat yang meniru untuk membuat batik. 

Awalnya, kegiatan membatik ini hanya dikerjakan oleh para kaum perempuan untuk mengisi waktu luang. 

Namun seiring berjalannya waktu, membatik menjadi pekerjaan tetap para kaum perempuan pada saat itu. 

Tidak ada yang bisa memastikan kapan batik tercipta, namun batik sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit dan terus berkembang sampai kerajaan-kerajaan selanjutnya. 

Batik Go Internasional

Batik mulai dikenal oleh masyarakat luar negeri sejak diperkenalkan oleh Presiden Indonesia kedua yaitu Soeharto pada pertengahan tahun 80-an. 

Soeharto memberikan batik sebagai cinderamata bagi tamu-tamu spesialnya. Tidak hanya itu saja, Soeharto juga mengenakan batik ketika menghadiri konferensi PBB yang membuat batik semakin terkenal di kancah Internasional. 

Sejak peresmian batik sebagai warisan budaya Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009, tentu membuat perkembangan batik di negara tercinta kita semakin pesat. 


Saat ini kita akan menemukan berbagai macam batik dengan motif, corak dan warna yang menarik dan beragam. 

Awal kemunculannya, motif batik terbentuk dari simbol yang bernuansa tradisional Jawa, Buddhisme, Islam hingga Hinduisme. 

Nah itulah sekilas tentang sejarah 2 Oktober, Hari Batik Nasional yang tentu saja wajib untuk kita peringati. 

Memperingati Hari Batik Nasional tentu tidak cukup hanya dengan sekedar mengenakan batik atau mengunggah foto memakai batik saja. 

Sebagai warga negara yang baik kita juga harus menghomati, melestarikan serta memahami warisan nusantara ini termasuk mengetahui bagaimana sejarahnya. 

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober diatas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Batik Nasional! 

Pencarian yang paling banyak dicari

  • batik indonesia yang mendunia
  • vektor batik indonesia
  • batik indonesia dan maknanya
  • sejarah batik indonesia
  • museum batik indonesia
  • motif batik indonesia
  • batik malaysia vs batik indonesia
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com