Sejarah Hari Ulang Tahun Partai Demokrat 9 September


Sejarah Hari Ulang Tahun Partai Demokrat 9 September

Sejarah 9 September, Hari Ulang Tahun Partai Demokrat

9 September, Hari Ulang Tahun Partai Demokrat – Partai Demokrat merupakan sebuah partai politik di Indonesia. Partai politik ini didirikan pada tanggal 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003. 

Pendirian partai ini memang sangat erat kaitannya dengan niat membawa Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi presiden. Kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan di bawah pimpinan Presiden Megawati.

Dikarenakan hal tersebutlah maka Partai Demokrat memang terikat kuat dengan figur Susilo Bambang Yudhoyono. Awalnya Partai Demokrat berkantor di bangunan mirip ruko yang beralamat di Jalan Pemuda Nomor 712A, Jakarta Timur. 

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun Partai Demokrat

Pada saat itu, Partai Demokrat dipimpin oleh Subur Budhisantoso yang menjabat sebagai Ketua Umum dan Umar Said sebagai Sekretaris Jenderal untuk periode 2001-2005.

Kantor dengan status sewa tersebut masih ditempati pada saat kepengurusan Ketua Umum Hadi Utomo dan Sekjen Marzuki Alie untuk periode 2005-2010. Lalu pada saat periode kepemimpinan Anas Urbaningrum di tahun 2010, kantor DPP Demokrat sempat pindah ke kawasan Graha Kramat 7, Jalan Kramat Raya Nomor 146, Senen, Jakarta Pusat yang merupakan milik politikus PPP yaitu Djan Faridz. Kantor ini juga masih digunakan hingga pertengahan 2016 dibawah kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Lalu selanjutnya pada akhir tahun 2016, Sekretariat DPP Demokrat resmi pindah ke Wisma Proklamasi hingga saat ini. Wisma tersebut merupakan kantor resmi milik Partai Demokrat dimana kantor ini juga disebut aktor KLB, Jhoni Allen Marbun sebagai kantor yang dibeli dari uang mahar hasil pilkada di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Timeline Sejarah Partai Demokrat

Pada tahun 2001, Partai Demokrat resmi telah didaftarkan ke Departemen Kehakiman serta HAM RI pada tanggal 10 September 2001. Pada tahun 2004 yang merupakan tahun debutnya partai politik ini mengikuti Pemilu Legislatif. Partai Demokrat berhasil meraih peringkat ke lima dengan meraih suara sebanyak 7,35% dari total suara dan mendapatkan 57 kursi di DPR.

Pada tahun 2009 merupakan tahun kejayaan untuk Partai Demokrat. Partai ini menjadi pemenang Pemilu Legislatif 2009 dengan memperoleh 150 kursi di DPR RI setelah mendapatkan 21.703.137 total suara. 

Namun pada tahun 2014, jumlah perolehan suara serta perolehan kursi DPR untuk Partai Demokrat berada di posisi keempat dari 10 partai di DPR. Perolehan suara yang didapat sebanyak 10,19% suara Nasional.

Lihat juga: Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September

Pada Pemilu Legislatif tahun 2019, jumlah peroleh suara serta perolehan kursi DPR untuk Partai Demokrat menempati posisi ketujuh dari 9 Partai di DPR dengan perolehan suara sebanyak 7,77% suara Nasional.

Suksesnya Debut Pertama Partai Demokrat

Pada pemilu tahun 2004, sekitar 69,3 juta rakyat Indonesia telah mempercayakan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden Republik Indonesia ke 6. Selama memimpin negara Indonesia, SBY telah berhasil mengantarkan Indonesia pada kestabilan ekonomi, sosial-politik dan pertahanan keamanan. 

Di Akhir pemerintahannya Susilo Bambang Yudhoyono mewariskan sistem demokrasi yang matang untuk bangsa Indonesia.

Nah itulah sekilas tentang sejarah Hari Ulang tahun Partai Demokrat yang selalu diperingati setiap tanggal 9 September. Hari peringatan tersebut ditetapkan atas terbentuknya partai politik tersebut pada tanggal yang sama di tahun 2001.

Lihat juga: Sejarah Hari Ulang Tahun Golongan Karya 20 Oktober

Dengan melihat ulasan di atas sedikit banyaknya tentu Anda sudah tahu mengenai sejarah Partai Politik yang berdiri pada tanggal 9 September. 

Biasanya pada hari ulang tahun tersebut jajaran Partai Demokrat selalu menggelar syukuran dan hal lainnya. Kini Partai Demokrat dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya. Selamat Ulang Tahun Partai Demokrat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • partai demokrat moeldoko
  • partai demokrat klb
  • partai demokrat wikipedia
  • pendiri partai demokrat
  • sejarah partai demokrat
  • ketua umum pertama partai demokrat
  • detail sejarah partai demokrat
  • tahun berapa berdirinya partai demokrat

Reels:

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Pemasyarakatan Indonesia Kalender Jawa Juni 2024 Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip