9 Jenis Barang Hantaran Pernikahan Adat Jawa

9 Jenis Barang Hantaran Pernikahan Adat Jawa

Daftar Barang Hantaran Pernikahan Adat Jawa 

Di dalam pernikahan adat Jawa, terdapat prosesi seserahan. Seserahan tersebut merupakan bentuk atau simbolis dari tanggung jawab suami untuk menafkahi istri baik lahir dan batin. 

Umumnya, seserahan atau hantaran akan diberikan pada malam midodareni (malam sebelum akad). 

Kira-kira apa saja jenis barang hantaran pernikahan adat Jawa? Simak artikel ini hingga selesai untuk dapatkan jawabannya!

Jenis Barang Hantaran Pernikahan Adat Jawa

1. Seperangkat Alat Sholat

Selain digunakan sebagai hantaran, seperangkat alat salat juga kadangkala digunakan sebagai mahar pernikahan. 

Menurut masyarakat Jawa yang beragama Islam, seperangkat alat salat memiliki makna yang dalam. Yakni hendaknya rumahtangga selalu didasari atas keteguhan terhadap keyakinan agama. 

2. Cincin Pernikahan Satu Set

Cincin merupakan simbol ikatan dalam pernikahan. Untuk itu sangat wajar jika wanita yang sudah menikah biasa menggunakan cincin emas di jari manisnya. Hal itu menandakan jika wanita tersebut sudah menikah dan memiliki pasangan. 


Dalam seserahan, biasanya seorang laki-laki akan menyertakan cincin satu set. Satu cincin untuk pengantin pria dan satu cincin untuk pengantin wanita. 

Akan tetapi, untuk cincin milik pria biasanya akan diganti dengan cincin berbahan kuningan atau monel. Hal itu dikarenakan dalam agama Islam pria tidak boleh mengenakan perhiasan emas. 

3. Perhiasan Emas

Selain membawa cincin pernikahan, biasanya dalam seserahan adat Jawa, pihak pria juga akan memberikan perhiasan emas. Hal itu dapat dilakukan jika memang mampu secara ekonomi. 

Perhiasan dapat berupa emas, mutiara, berlian hingga barang berharga lainnya. Harapan dari pemberian perhiasan ialah agar pengantin wanita selalu bersinar layaknya perhiasan yang dikenakan. 

4. Seperangkat Pakaian

Tentu kita sepakat jika pakaian merupakan kebutuhan pokok. Maka dari itu, pihak lelaki biasanya akan memberikan seperangkat pakaian wanita dalam prosesi seserahan. 


Umumnya, pakaian yang diberikan merupakan pakaian adat jawa layaknya kain batik dan selendang. 

Makna dari pemberian seperangkat pakaian ini ialah, pihak wanita maupun pria hendaknya mampu menyimpan rahasia rumah tangga dengan sebaik mungkin. 

5. Buah-Buahan

Jenis barang lainnya yang biasa dibawa dalam seserahan ialah buah-buahan. Pemberian buah tersebut memiliki makna agar pasangan pengantin terus dipenuhi cinta juga kasih sayang. 

Umumnya, jenis buah yang biasa dibawa seperti pisang, buah jeruk, apel, dan anggur. 

6. Makanan Tradisional

Jenis barang hantaran dalam adat Jawa selanjutnya yang biasa dibawa ketika seserahan ialah makanan tradisional. 

Beberapa makanan yang biasa dibawa untuk hantaran ialah jenang, wajik, dan juga jadah. 

Semua makanan yang dibawa memang dibuat dari beras ketan, dengan doa agar kedua mempelai senantiasa lengket seperti sifat dari makanan tradisional itu. 

7. Daun Sirih 

Dalam pernikahan adat Jawa, salah satu barang yang dibawa untuk hantaran ialah daun sirih. 

Pemberian daun sirih ditujukan guna mendoakan agar kedua mempelai mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan dalam menjalani rumahtangga. 

8. Peralatan Rias

Peralatan rias atau make up merupakan salah satu barang yang biasa dibawa dalam hantaran juga. 

Pemberian make up atau peralatan hias bermakna jika pengantin pria akan senantiasa menjaga kecantikan pengantin wanita. 

9. Alas Kaki

Barang terakhir yang biasa dibawa dalam prosesi seserahan ialah alas kaki. Alas kaki di sini baik sendal, sepatu, maupun selop. Makna dari pemberian alas kaki ialah pengantin pria dan wanita sudah siap menapaki kehidupan rumahtangga bersama-sama. 

Jenis barang Hantaran Pernikahan Adat Jawa memang cukup beragam dan memiliki makna mendalam. Bagaimana, tertarik untuk membawa hantaran berdasarkan adat Jawa dalam pernikahan kamu? Segera persiapkan dengan sebaik mungkin ya.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Hantaran Pernikahan yang biasa masyarakat Jawa gunakan. Mudah-mudahan dengan informasi di atas dapat menambah wawasan dan dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • seserahan adat jawa apa saja
  • seserahan adat jawa sederhana
  • seserahan lamaran adat jawa
  • biaya seserahan adat jawa
  • arti seserahan adat jawa
  • perlengkapan seserahan adat jawa
  • hantaran pernikahan adat jawa sederhana
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com