4 Bulan Terbaik Untuk Menikah Menurut Islam

Bulan Terbaik Untuk Menikah Menurut Islam

Bulan Terbaik Menentukan Hari Baik Pernikahan Menurut Islam

Salah satu hal yang paling banyak diperdebatkan ketika seseorang akan menikah ialah cara menentukan waktunya. Merencanakan kapan waktu untuk menikah memang menjadi perencanaan yang paling menyita perhatian. Agar tidak bingung, kenapa tidak menikah dan menentukan hari baik pernikahan menurut Islam saja?

Ya, ternyata ada beberapa pilihan waktu yang dianggap sangat baik untuk menikah menurut Islam. Kapan saja waktu tersebut? 

Berikut pilihan waktu atau tanggal yang baik menurut islam:

1. Waktu Pernikahan Pada Bulan Syawal

Pastinya kamu sering melihat banyak umat muslim kerap menggelar pesta pernikahan ketika Syawal bukan? Ternyata waktu tersebut dipilih bukan tanpa alasan. Bulan Syawal banyak dipilih untuk melangsungkan pernikahan karena memang dianggap tepat. Misalnya saja karena keluarga memang sedang berkumpul pasca lebaran. Selain itu banyak orang yang memilih bulan Syawal semata-mata karena Nabi Muhammad SAW.  


Rasulullah SAW menikahi istrinya Saudah binti Zam'ah di bulan Syawal. Lalu, beliau juga menikahi istri terkasihnya yakni Aisyah binti Abu Bakar juga tepat pada bulan Syawal. Maka dari itu sangat wajar apabila umat muslim di dunia mengikuti jejak beliau dengan menikahkan putra atau putrinya di bulan Syawal. 

2. Waktu Pernikahan Pada Bulan Dzulqa'dah

Bagi kamu yang sedang cari hari baik untuk menikah, bulan Dzulqa'dah juga dapat menjadi pilihan. Hal itu dikarenakan Rasulullah SAW juga pernah menikah pada bulan Dzulqa'dah. Istri Rasulullah yang dinikahi pada bulan baik ini ialah Zainab binti Jahsy dan Maimunah binti Al-Harits. 
Waktu Pernikahan Pada Bulan Sya'ban

Selain bulan Syawal dan bulan Dzulqa'dah, bulan Sya'ban juga dapat dijadikan alternatif lain. Hal itu dikarenakan pada bulan Sya'ban Rasulullah SAW juga menikahi istrinya yang bernama Hafsah binti Umar bin Khattab. Bahkan, selain itu ada satu lagi istri Rasulullah SAW yang dinikahi pada bulan ini yakni Juwairiyah binti Al-Harits. 

Jadi jika tidak memungkinkan menikah di bulan Syawal maupun Dzulqa'dah, kamu masih bisa menikah di bulan Sya'ban. Untuk tanggal persisnya tentu kembali ke masing-masing calon mempelai. Akan tetapi, akan lebih baik jika memilih tanggal muda ya. 

3. Waktu Pernikahan Pada Bulan Muharram

Tidak memungkinkan menikah pada bulan Syawal, Dzulqa'dah maupun Sya'ban? Tak mengapa. Kamu masih bisa menikah di bulan Muharram. Pada bulan ini, Rasulullah SAW juga melangsungkan pernikahannya bersama istrinya yang bernama Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan. 

Selain Ummu Habibah, istri lain yang dinikahi Rasulullah SAW pada bulan ini ialah Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab. Perlu diketahui, banyak pula yang meyakini jika menikah pada bulan Muharram akan mendatangkan keberkahan bagi kedua mempelai. 

Bagaimana menurutmu, apakah kamu sudah menentukan hari baik untuk menikah? 

4. Waktu Pernikahan Pada Bulan Rabiul Awal

Sudah berusaha mengejar bulan Syawal, Dzulqa'dah, Syawal, hingga Muharram untuk menikah. Akan tetapi masih belum pas waktunya untuk kamu? Tak mengapa, kamu masih bisa menikah pada bulan Rabiul Awal ini. Bulan ini tak kalah baik dengan bulan-bulan yang direkomendasikan di atas. 

Pada bulan Rabiulawal, Rasulullah SAW menikah dengan istri pertamanya yakni Khadijah binti Khuwailid. Lebih tepatnya Rasulullah SAW menikah dengan Khadijah pada tanggal 10 Rabiulawal. Tentu menikah pada bulan ini akan sangat meninggalkan kesan juga pada kedua mempelai. 


Menentukan hari baik pernikahan sebenarnya tidak perlu dibuat rumit. Terlebih dalam Islam semua hari sangat baik. Akan tetapi, bulan-bulan di atas memiliki sejarah tersendiri sehingga dianggap sangat cocok untuk dijadikan bulan guna melangsungkan pernikahan. 

Di antara bulan di atas, apakah kamu sudah menemukan waktu yang cocok untuk menikah? Temukan hari bahagia kamu segera ya. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari baik menikah menurut islam
  • hari baik menikah menurut bulan hijriyah
  • bulan dan hari yang baik untuk menikah dalam islam
  • tanggal yang baik untuk menikah umat muslim
  • hari baik menikah berdasarkan tradisi jawa islam
  • menikah jawa islam
  • menikah di tahuh 2021 menurut islam
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com