Sejarah Peringatan Hari Koperasi Indonesia 12 Juli

Sejarah Peringatan Hari Koperasi Indonesia 12 Juli

Inilah Sejarah 12 Juli, Hari Koperasi Indonesia Yang Sebaiknya Diketahui!

Setiap tanggal 12 Juli, Indonesia kembali memperingati Hari Koperasi Nasional. Walaupun bukan merupakan Hari Libur Nasional, Hari Koperasi memang tidak kalah penting dan wajib untuk diperingati setiap tahunnya.

Pentingnya koperasi sebagai “Soko Guru Perekonomian Nasional” dan menjadikan koperasi sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem perekonomian nasional tentu menjadi salah satu alasan mengapa kita harus memperingati hari tersebut. 

Walaupun banyak sekali yang ingat dengan hari peringatan tersebut, tidak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana sejarah penetapan 12 Juli sebagai Hari Koperasi Indonesia. Apakah Anda juga sama belum mengetahuinya? Jika Ya, simak sejarah singkatnya berikut ini!

Berikut Sejarah 12 Juli, Hari Koperasi Indonesia

Lembaga ekonomi berbentuk koperasi di Indonesia baru bisa diwujudkan setelah kemerdekaan yaitu tepatnya pada tanggal 12 Juli 1947. Saat penetapannya tersebut, tanggal 12 Juli memang selalu diperingati sebagai Hari Koperasi Indonesia. 

Sejarah mencatat bahwa kongres nasional tentang pergerakan koperasi di Indonesia pertama kali pada tanggal 12 Juli 1947 yang bertempat d Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Selain menetapkan tanggal 12 Juli sebagai Hari Koperasi Indonesia, kongres pertama yang dilaksanakan kala itu juga menghasilkan beberapa keputusan lainnya. Keputusan tersebut yaitu dibentuknya Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI) sekaligus menunjuk para pengurusnya. 


Kongres Koperasi pertama dilangsungkan di Pusat Koperasi Kabupaten atau Kota Tasikmalaya (PKKT). Alasan pemilihan tempat tersebut yaitu karena pada saat itu Kota Bandung sedang diduduki oleh Kolonial Belanda yang datang kembali ke Indonesia tidak lama setelah kemerdekaan.

Sejarah Perkembangan Koperasi di Indonesia 

Setelah Kongres Koperasi I dilaksankan, kurang lebih 6 tahun setelahnya Kongres Koperasi Nasional kedua kembali dilaksanakan yaitu pada tanggal 15 sampai 17 Juli 1953. Kongres Koperasi Nasional II ini dilaksanakan karena situasi setelah kongres pertama belum stabil seiring dengan terjadi kembali pergolakan kontra Belanda dimana Indonesia kembali perang untuk mempertahankan kemerdekaan.

Kongres Koperasi Nasional II ini tidak lagi dilaksanakan di Tasikmalaya melainkan di Bandung. Kongres tersebut di hadiri oleh seluruh wilayah di Indonesia dan hasil dari kongres tersebut yaitu memutuskan perubahaan nama dari SOKRI menjadi Dewan Koperasi Indonesia (DKI). 

Selain itu, dalam Kongres Koperasi II ini juga menetapkan Mohammad Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Mohammad Hatta dianggap sangat berjasa atas perkembangan perekonomian Indonesia. Kedudukan koperasi di Indonesia juga semakin kuat setelah memperoleh Badan Hukum yaitu Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1967. 

Dalam UU tersebut disebutkan bahwa koperasi merupakan organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum dengan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama serta berdasarkan asas kekeluargaan. 

Lembaga koperasi juga semakin berkembang pesat di seluruh wilayah Indonesia bahkan menjadi salah satu tulang punggung sekaligus pilar utama ekonomi Nasional hingga saat ini. Jadi, dengan hal tersebut tidak heran jika koperasi disebut sebagai soko guru perekonomian Indonesia. 

Nah itulah sekilas tentang sejarah dibalik 22 Juli, Hari Koperasi Indonesia yang sebaiknya Anda ketahui. Peringatan hari tersebut biasanya dilaksanakan setiap tahun dengan berbagai tema yang menarik. 

Ada banyak agenda yang dilakukan pada hari peringatan tersebut seperti melakukan ziarah ke makam Bapak Koperasi yaitu Mohammad Hatta, melaksanakan seminar Koperasi Nasional dan beberapa kegiatan positif lainnya yang mengingatkan kita akan pentingnya keberadaan koperasi. 

Nah itulah ulasan singkat mengenai Sejarah Hari Koperasi Indonesia 22 Juli. Dengan informasi di tas diharapkan kita dapat lebih memahami sejarah-sejarah yang terdapat di Indonesia, khususnya sejarah penting Hari Koperasi Indonesa.

Mudah-mudahan artikel Sejarah Hari Koperasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda, bisa menambah wawasan dan menjadi referensi untuk kita semua. Terimakasih!!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari koperasi indonesia diperingati setiap tanggal 22 juli
  • hari koperasi indonesia terbaru
  • kegiatan hari koperasi indonesia 2021
  • gambar ucapan selamat hari koperasi indonesia
  • tema hari koperasi indonesia 2021
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com