Sejarah Hari Pemadam Kebakaran 4 Mei

Sejarah-4-Mei-Hari-Pemadam-Kebakaran-Internasional-

Sejarah 4 Mei, Hari Pemadam Kebakaran Internasional 

4 Mei Hari Pemadam Kebakaran Internasional - Tentunya kita mengetahui bahwa setiap perkerjaan pasti memiliki resiko masing-masing. Begitupun dengan petugas pemadam kebakaran. Setiap harinya, para petugas pemadam kebakaran selalu mendedikasikan dirinya untuk menyelamatkan nyawa serta properti dari kobaran api. Selain bertugas untuk memadamkan api, kini petugas pemadam kebakaran juga memiliki tugas lain yang berhubungan dengan pertolongan darurat. 

Dikarenakan jasa pemadam kebakaran yang begitu penting, maka setiap tanggal 4 Mei dalam setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Pemadam Kebakaran Internasional. Tanggal tersebut memang dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk seluruh dunia mengenali serta menghormati pengorbanan yang dilakukan oleh para petugas. Selain sebagai bentuk penghargaan atas jasa yang diberikan, hari tersebut juga menjadi hari untuk mengenang jasa para petugas yang gugur dalam tugasnya. 

4 Mei, Sejarah Pemadam Kebakaran Internasional Yang Tak Banyak Diketahui!

Pemadam kebakaran atau yang disingkat “Damkar” merupakan pasukan yang bertugas untuk memadamkan kebakaran, melakukan suatu penyelamatan serta menanggulangi  bencana ataupun kejadian lainnya. Petugas pemadam kebakaran sudah pasti harus terlatih, dan tidak hanya terlatih untuk memadamkan api saja, melainkan juga terlatih untuk bisa menyelamatkan korban bencana ataupun kecelakaan. 

Disamping memadamkan api, petugas pemadam kebakaran juga ditugaskan untuk melakukan penyelamatan lain diluar kebakaran. Misalnya seperti pengevakuasian sarang tawon, menyelamatkan hewan atau orang yang terjebak, menyelamatkan orang bunuh diri hingga menanggulangi pohon tumbang. 


Pemadam kebakaran dibentuk pada zaman Romawi.  Dalam buku berjudul Principles of Protection karya seorang penulis bernama Arthur Cote, P.E serta Percy Bugbee dijelaskan bahwa pada masa itu Roma mengembangkan Departemen Kebakaran untuk tipe penghunian. Departemen tersebut mengorganisir para budak serta warga negara dalam suatu wadah yang bernama Satuan Jaga. Selanjutnya, Dekrit dikeluarkan yang menyatakan bahwa seluruh rakyat wajib menjaga dan mengontrol api. 

Dibentuknya satuan tersebut tentu saja untuk melindungi manusia dari bahaya kebakaran. Tugas utama warga yaitu melakukan patroli serta pengawasan pada malam hari. Satuan tersebut tentu bekerja sesuai dengan fungsinya hingga kemajuannya yang semakin berkembang. Dari tahun ke tahun, ada banyak sekali alat pemadam yang bisa digunakan dengan didampingi oleh para petugas. Setiap petugas memiliki peranan masing-masing dalam penyelamatan darurat.

Alasan 4 Mei di Tetapkan Sebagai Hari Pemadam Kebakaran Dunia

Dikarenakan begitu pentingnya peran pemadam kebakaran, maka beberapa negara termasuk Indonesia membentuk sebuah organisasi departemen pemadam kebakaran. Peringatan Hari Pemadaman Kebakan Internasional ini diusulkan melalui pengiriman email ke seluruh dunia pada tanggal 4 januari 1999 untuk mengenang 4 orang pemadam kebakaran yang bernasib tragis saat mencoba memadamkan kebakaran yang sangat hebat di Australia. 

Selain kasus yang terjadi di Australia, peringatan ini juga ditetapkan mengingat dalam setiap tahunnya kebakaran melanda berbagai negara di dunia yang tidak terelakan, yang mana banyak petugas pemadam gugur saat bertugas. 

Biasanya peringatan ini juga dimulai dengan “sound off” dimana sirine akan dibunyikan selama 30 detik kemudian diikuti dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para petugas kebakaran yang telah gugur. Selain itu, biasanya dihari peringatan tersebut petugas pemadam akan mengenakan pita biru  dan merah yang merupakan simbol dari air dan api. 

Peringatan tersebut disetujui dan ditetapkanlah tanggal 4 Mei sebagai hari Pemadam Kebakaran Internasional. Peringatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini tentu bertujuan untuk mengenali peran penting pemadam kebakaran serta menghormati pengorbanan yang dilakukan oleh para petugas untuk memastikan keselamatan masyarakat. Selain itu biasanya, peringatan ini juga dilakukan dengan memberikan penghargaan kepada para pemadam kebakaran maupun mantan petugas pemadam kebakaran. 

Mudah-mudahan dari informasi Sejarah Hari Pemadam Kebakaran 4 Mei di atas dapat menjadi referensi untuk kita semua tentang betapa pentingnya peran pemadam kebakaran hingga sampai saat ini. Dan kita tidak menyangka juga bahwa organisasi Pemadam kebakaran ternyata sudah ada sejak jaman Romawi Kuno. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari jadi pemadam kebakaran
  • hari ulang tahun pemadam kebakaran
  • hari lahir pemadam kebakaran
  • tema perayaan hari pemadam kebakaran 2021
  • hari pemadam kebakaran internasional
  • sejarah hari pemadam kebakaran di indonesia dan dunia
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com