Sejarah Hari Pemadam Kebakaran 4 Mei


Sejarah Hari Pemadam Kebakaran 4 Mei

Sejarah Hari Pemadam Kebakaran Internasional 4 Mei 

Hari Pemadam Kebakaran Internasional – Tentunya kita mengetahui bahwa setiap pekerjaan pasti memiliki resiko masing-masing. Begitupun dengan petugas pemadam kebakaran. 

Setiap harinya, para petugas pemadam kebakaran selalu mendedikasikan dirinya untuk menyelamatkan nyawa serta properti dari kobaran api. 

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Pemadam Kebakaran Internasional

Selain bertugas untuk memadamkan api, kini petugas pemadam kebakaran juga memiliki tugas lain yang berhubungan dengan pertolongan darurat.

Dikarenakan jasa pemadam kebakaran yang begitu penting, maka setiap tanggal 4 Mei dalam setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Pemadam Kebakaran Internasional. 

Tanggal tersebut memang dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk seluruh dunia mengenali serta menghormati pengorbanan yang dilakukan oleh para petugas. 

Selain sebagai bentuk penghargaan atas jasa yang diberikan, hari tersebut juga menjadi hari untuk mengenang jasa para petugas yang gugur dalam tugasnya.

Sejarah Pemadam Kebakaran Internasional 4 Mei, Yang Tak Banyak Diketahui!

Pemadam kebakaran atau yang disingkat “Damkar” merupakan pasukan yang bertugas untuk memadamkan kebakaran, melakukan suatu penyelamatan serta menanggulangi  bencana ataupun kejadian lainnya. 

Lihat juga: Sejarah Hari Palang Merah Internasional 8 Mei

Petugas pemadam kebakaran sudah pasti harus terlatih, dan tidak hanya terlatih untuk memadamkan api saja, melainkan juga terlatih untuk bisa menyelamatkan korban bencana ataupun kecelakaan.

Disamping memadamkan api, petugas pemadam kebakaran juga ditugaskan untuk melakukan penyelamatan lain diluar kebakaran. 

Misalnya seperti pengevakuasian sarang tawon, menyelamatkan hewan atau orang yang terjebak, menyelamatkan orang bunuh diri hingga menanggulangi pohon tumbang.

Pemadam kebakaran dibentuk pada zaman Romawi.  Dalam buku berjudul Principles of Protection karya seorang penulis bernama Arthur Cote, P.E serta Percy Bugbee dijelaskan bahwa pada masa itu Roma mengembangkan Departemen Kebakaran untuk tipe penghunian.

Departemen tersebut mengorganisir para budak serta warga negara dalam suatu wadah yang bernama Satuan Jaga. 

Selanjutnya, Dekrit dikeluarkan yang menyatakan bahwa seluruh rakyat wajib menjaga dan mengontrol api.

Dibentuknya satuan tersebut tentu saja untuk melindungi manusia dari bahaya kebakaran. Tugas utama warga yaitu melakukan patroli serta pengawasan pada malam hari. 

Satuan tersebut tentu bekerja sesuai dengan fungsinya hingga kemajuannya yang semakin berkembang. 

Baca Juga: Sejarah Peringatan Hari Anak Sedunia 1 Juni

Dari tahun ke tahun, ada banyak sekali alat pemadam yang bisa digunakan dengan didampingi oleh para petugas. Setiap petugas memiliki peranan masing-masing dalam penyelamatan darurat.

Hari Pemadam Kebakaran
Hari Pemadam Kebakaran
Hari Pemadam Kebakaran – Hari Pemadam Kebakaran Internasional diperingati setiap tanggal 4 Mei setiap tahunnya. Hari ini juga dikenal dengan International Fire Day atau Firefighter's Day.
Oleh Endik Eko

Alasan 4 Mei diTetapkan Sebagai Hari Pemadam Kebakaran Dunia

Dikarenakan begitu pentingnya peran pemadam kebakaran, maka beberapa negara termasuk Indonesia membentuk sebuah organisasi departemen pemadam kebakaran. 

Peringatan Hari Pemadaman Kebakan Internasional ini diusulkan melalui pengiriman email ke seluruh dunia pada tanggal 4 januari 1999 untuk mengenang 4 orang pemadam kebakaran yang bernasib tragis saat mencoba memadamkan kebakaran yang sangat hebat di Australia.

Selain kasus yang terjadi di Australia, peringatan ini juga ditetapkan mengingat dalam setiap tahunnya kebakaran melanda berbagai negara di dunia yang tidak terelakan, yang mana banyak petugas pemadam gugur saat bertugas.

Biasanya peringatan ini juga dimulai dengan “sound off” dimana sirine akan dibunyikan selama 30 detik kemudian diikuti dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para petugas kebakaran yang telah gugur. 

Selain itu, biasanya di hari peringatan tersebut petugas pemadam akan mengenakan pita biru  dan merah yang merupakan simbol dari air dan api.

Peringatan tersebut disetujui dan ditetapkanlah tanggal 4 Mei sebagai hari Pemadam Kebakaran Internasional. 

Peringatan yang dilaksanakan setiap tahunnya ini tentu bertujuan untuk mengenali peran penting pemadam kebakaran serta menghormati pengorbanan yang dilakukan oleh para petugas untuk memastikan keselamatan masyarakat. 

Selain itu biasanya, peringatan ini juga dilakukan dengan memberikan penghargaan kepada para pemadam kebakaran maupun mantan petugas pemadam kebakaran.

Baca Juga: Sejarah Hari Bakti PU 3 Desember: Kisah Heroik Pemuda Bandung

Mudah-mudahan dari informasi Sejarah Hari Pemadam Kebakaran 4 Mei di atas dapat menjadi referensi untuk kita semua tentang betapa pentingnya peran pemadam kebakaran hingga sampai saat ini. 

Kita tidak menyangka juga bahwa organisasi Pemadam kebakaran ternyata sudah ada sejak jaman Romawi Kuno. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari jadi pemadam kebakaran
  • hari ulang tahun pemadam kebakaran
  • hari lahir pemadam kebakaran
  • tema perayaan hari pemadam kebakaran
  • hari pemadam kebakaran internasional
  • sejarah hari pemadam kebakaran di indonesia dan dunia

Reels:

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Pemadam Kebakaran
Hari Pemasyarakatan Indonesia Kalender Jawa Juni 2024 Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip