Sejarah Hari Lupus Sedunia 10 Mei

Sejarah Hari Lupus Sedunia 10 Mei

Sejarah 10 Mei Hari Lupus Dunia, Tak Banyak Orang Tahu

Bulan Mei tepatnya tanggal 10 Mei, kita akan merayakan Hari Lupus Dunia. Ya, lupus atau penyakit autoimun merupakan suatu kondisi dimana sistem imunitas tubuh kehilangan kemampuannya untuk membedakan substansi asing dengan sel serta jaringan tubuh. 

Di beberapa negara termasuk Indonesia, ada banyak penderita lupus. Untuk memperingati hal tersebut maka ditetapkanlah tanggal 10 sebagai Hari Lupus Sedunia. Bagaimana sejarah penetapan tanggal tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

Sejarah Dibalik Tanggal 10 Mei Hari Lupus Dunia 

Sejak sekitar tahun 2003, tanggal 10 Mei memang ditetapkan sebagai Hari Lupus Sedunia. Hal tersebut tentu saja atas latar belakang demi meningkatkan kesadaran kita terhadap lupus atau world lupus. Peringatan 10 Mei sebagai Hari Lupus sedunia ini ditetapkan oleh World Lupus Federation. 

Hari tersebut dipilih berdasarkan kesepakatan dari organisasi lupus di tiga belas negara dunia. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit lupus merupakan masalah kesehatan global yang bisa menyerang orang-orang di berbagai negara termasuk Indonesia. 

Dalam Setiap harinya, kurang lebih 5 juta orang di seluruh dunia berjuang untuk hidup melawan lupus. Namun sayangnya, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui serta menyadari akan bahaya lupus. Beberapa penelitian terbaru juga menunjukkan pemahaman salah kaprah mengenai lupus terus berkembang di Indonesia. 

Apa itu Penyakit Lupus?

Seperti disebutkan pada ulasan diatas, lupus merupakan penyakit autoimun yang tergolong kronis dimana sistem kekebalan tubuh yang seharunya berfungsi sebagai pelindung tubuh mengalami kelainan. Tubuh penderita lupus tidak bisa membedakan mana benda asing yang harus disingkirkan dengan jaringan tubuhnya yang berfungsi untuk kelangsungan hidupnya. 

Akibat dari kondisi ini, yang diserang tentu jaringan tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti darah, jantung, paru-paru dan otak. Prevalensi penderita lupus atau Odapus di Indonesia menyebutkan terdapat 5 penderita lupus setiap 100 ribu penduduk dan perempuan adalah rata-rata penderitanya. 

Tingkat keparahan penderita lupus pun sangat beragam mulai dari ringan hingga bisa mengancam jiwa. Dikarenakan bisa menjadi suatu kondisi yang cukup beresiko terhadap kelangsungan hidup maka Kementrian Kesehatan Republik Indonesia telah merancang program bernama SALURI atau Periksa Lupus Sendiri sejak dini. 

Penetapan 10 Mei Sebagai Hari Lupus Sedunia

Nah, dari peristiwa diatas dan begitu banyaknya penderita lupus di seluruh dunia, maka  peringatan hari 10 Mei sebagai Hari Lupus Sedunia memang harus selalu diperingati. Hal ini tentu saja untuk meningkatkan kesadaran kita terhadap bahaya lupus serta memotivasi para penderita agar terus berjuang melawan penyakit tersebut. 

Itulah sejarah 10 Mei Hari Lupus Dunia. Selain di tanggal 10 Mei, tentu terdapat tanggal bersejarah lainnya yang jatuh pada bulan Mei. Misalnya saja seperti hari Buruh Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Mei bersamaan dengan Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat. 


Selain itu, ada juga tanggal 2 Mei yang diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional  (Hardiknas). Tangal 3 Mei sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia, begitu di tanggal-tanggal berikutnya seperti Hari Lembaga Sosial Desa hingga Hari Palang Merah Indonesia. 

Jadi, tanpa disadari ternyata dalam setiap harinya terdapat sejarah entah itu sejarah dunia maupun sejarah Nasional. Untuk peringatan 10 Mei Hari Lupus Dunia tahun ini tentu akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun walaupun demikian tentu peringatan tersebut harus dirayakan sebagai bentuk saling menghargai dan memotivasi para penderita lupus seluruh dunia. 

Semoga dengan informasi mengenai Sejarah Hari Lupus Sedunia 10 Mei di atas dapat memberikan wawasan baru untuk kita semua tentang betapa pentingnya selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satunya adalah dengan memeriksakan diri sedini mungkin agar penyakit-penyakit dapat diketahui lebih awal. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • peringatan hari lupus sedunia
  • sejarah hari lupus sedunia 2021
  • tema hari lupus sedunia
  • hari lupus internasional
  • apa itu hari lupus
  • 10 mei hari lupus
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com