Sejarah Hari Komunikasi Internasional 17 Mei


Sejarah Hari Komunikasi Internasional 17 Mei

Sejarah Hari Komunikasi Internasional 17 Mei

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, komunikasi menjadi salah satu hal penting. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan secara langsung maupun tidak langsung. 

Komunikasi juga memiliki cakupan yang sangat luas mulai dari komunikasi antara individu, kelompok bahkan Internasional. 

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Komunikasi Internasional 17 Mei

Berbicara tentang komunikasi Internasional, tahukah Anda? Di setiap tahunnya tepatnya pada tanggal 17 Mei selalu diperingati sebagai Hari Komunikasi Internasional.

Sejarah Di Balik Hari Komunikasi Internasional 17 Mei? Berikut Ulasannya!

Komunikasi Internasional merupakan proses komunikasi yang dilakukan oleh komunikator yang menjadi perwakilan dari sebuah Negara tertentu untuk menyampaikan pesan yang berkaitan dengan kepentingan Negaranya. 

Komunikasi Internasional juga dilakukan untuk bertukar pesan yang bertujuan menjalin hubungan dengan Negara lain untuk mendapatkan kerjasama, bantuan hingga keuntungan. 

Komunikasi Internasional juga memfokuskan perhatian pada keseluruhan proses melalui data ataupun informasi yang mengalir melalui batas Negara.

Umumnya bahasa yang digunakan dalam komunikasi Internasional yaitu bahasa Inggris. Hal ini tentu dikarenakan pada zaman penjajahan, Inggris memiliki tanah jajahan yang paling banyak dibandingkan dengan Negara lain. 

Inggris mengharuskan tanah jajahannya tersebut untuk mengikuti budaya serta bahasanya untuk berkomunikasi sehingga pengaruhnya masih melekat hingga sekarang.

Hari Komunikasi Internasional
Hari Komunikasi Internasional
Hari Komunikasi Internasional – dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Mei. Hari ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mempromosikan pentingnya komunikasi dan informasi dalam masy
Oleh Endik Eko

Sejarah Komunikasi Internasional Zaman Kekaisaran

Awal mulanya komunikasi berasal dari bahasa Roma yaitu retorik. Nah, retorik ini merupakan seni berbicara. 

Di zaman tersebut komunikasi dilakukan dengan cara mouth to mouth atau mulut ke mulut. 

Selain itu, komunikasi juga dilakukan dengan berteriak dari satu bukit ke bukti lain untuk menyampaikan pesan dan ada juga yang menggunakan prasasti.

Seiring berjalannya waktu, munculah telegraf yang populer sebagai alat komunikasi jarak jauh di tahun 1920 an hingga 1930. 

Telegraf sendiri merupakan sebuah sistem yang menggunakan aliran listrik dalam mengirimkan pesan yang berupa kode melalui kabel. 

Pada saat itu, telegraf menjadi penemuan yang merevolusi seseorang untuk berkomunikasi jarak jauh.

Lihat juga: Sejarah Hari Keluarga Internasional 15 Mei

Dalam perkembangannya, industri surat kabar juga berperan serta mendukung perkembangan telegraf. 

Seiring dengan adanya kebutuhan informasi dalam berbagai bidang, maka pada masa tersebut pusat penyebaran informasi pada khalayak luas dilakukan melalui surat kabar. 

Hal tersebut tentu dikarenakan perkembangan teknologi dari adanya mesin cetak yang bisa memudahkan penyebaran informasi.

Setelah surat kabar menjadi media penyebaran informasi, lalu banyak sekali bermunculan agensi surat kabar dari berbagai belahan dunia seperti Eropa, Amerika, hingga Asia. 

Salah satu agensi yang paling terkenal pada saat itu yaitu router dan havas yang mendapatkan pembiayaan dari Negaranya.

Perubahan zaman berlanjut dimana media penyebaran informasi lainnya bermunculan untuk mendukung komunikasi Internasional seperti halnya musik serta film. 

Tanpa disadari pengaruh dari film dan musik tersebut membawa dampak yang cukup besar. 

Salah satu bukti paling nyatanya yaitu saat ini ada banyak sekali film luar negeri yang menguasai industri perfilman Indonesia yang secara tidak langsung kita telah menyumbang keuntungan untuk Negara lain.

Sejarah Komunikasi Internasional Masa Kini

Seiring dengan berkembangnya zaman, ditemukannya teknologi baru yaitu radio. 

Awal mulanya radio digunakan untuk alat komunikasi namun seiring berjalannya waktu radio digunakan sebagai alat propaganda. 

Baca Juga: 8 Tradisi Mendak Kematian dan Penjelasannya

Propaganda tersebut dilakukan untuk menyampaikan informasi atau pesan yang bisa mempengaruhi pendapat atau perilaku masyarakat dan kelompok.

Pada saat itu, terjadilah perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet yang memiliki kubu masing-masing. 

Radio dipilih sebagai alat untuk propaganda bukan tanpa alasan. Radio dinilai lebih efektif karena lebih mudah serta ringkas dalam proses penyebaran pengaruh propaganda.

Setelah kemunculan radio sebagai komunikasi Internasional, tentu zaman pun mulai kembali berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat. 

Media komunikasi semakin bermunculan dan semakin canggih apalagi semenjak hadirnya internet. Kehadiran internet ini memberikan dampak yang cukup signifikan. 

Mereka bisa melakukan komunikasi Internasional bahkan perdagangan tanpa harus mengunjungi Negara yang dituju.

Di zaman yang semakin modern, komunikasi Internasional juga tidak hanya diimplementasikan untuk melakukan penjajahan maupun perdagangan saja. 

Namun komunikasi Internasional juga dijadikan sebagai acuan ketika Negara akan melakukan hubungan politik, ekonomi, bahkan bisnis.

Komunikasi Internasional sangat penting di seluruh dunia ini. Komunikasi Internasional juga tidak hanya berkaitan tentang urusan Negara saja melainkan juga bisa menjadi jendela informasi mengenai kejadian di berbagai Negara. 

Dikarenakan begitu pentingnya komunikasi Internasional inilah maka seluruh Negara sepakat menjadikan 17 Mei sebagai Hari Komunikasi Internasional.

Nah itulah sedikit sejarah mengenai ditetapkannya 17 Mei sebagai Hari Komunikasi Internasional. 

Lihat juga: Sejarah Hari Kerjasama Selatan-Selatan 19 Desember

Dengan mengetahui sejarahnya tentu akan menambah wawasan kita terhadap perkembangan Komunikasi hingga sampai zaman yang begitu modern seperti sekarang.

Semoga informasi Sejarah Hari Komunikasi Internasional 17 Mei di atas dapat menjadi referensi serta menambah pengetahuan kita tentang sejarah hari-hari penting baik Nasional maupun Internasional. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • tema hari komunikasi Internasional
  • hari komunikasi sedunia
  • hari komunikasi sosial sedunia tahun
  • hari komunikasi adalah
  • pesan paus hari komunikasi sedunia

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini.

Tinggalkan komentar


Hari Komunikasi Internasional