Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret

Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret

Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret

Hari Puisi Dunia selalu di rayakan pada Tanggal 21 Maret setiap tahunnya. Hal ini sudah dilakukan sejak dulu tepatnya di tahun 1999. Ditetapkan oleh UNESCO Tanggal 21 Maret sebagai Tanggal untuk memperingati Hari Puisi dengan berbagai tujuan.

Tujuan perayaan Hari Puisi Internasional ini adalah untuk mempromosikan kegiatan membaca, penulisan, penerbitan, pengajaran dan penghayatan Puisi di seluruh Dunia. Seperti yang telah diutarakan dalam deklarasi UNESCO untuk “memberikan pengakuan dan dorongan baru bagi gerakan Puisi Nasional, Regional, dan Internasional”.

Umumnya Hari Perayaan Puisi di rayakan setiap Bulan Oktober, kemudian pada akhir abad ke-21 komunitas Puisi Dunia merayakannya Hari Puisi setiap Tanggal 15 Oktober, Tanggal tersebut bertepatan dengan Hari lahir Virgil. Ia adalah seorang ahli penyair wiracarita Romawi era Augustan.

Penetapan Hari Puisi Tanggal  21 Maret

Di beberapa Negara perayaan Hari Puisi masih menggunakan Tanggal 15 Oktober. Namun sesuai Tanggal yang sudah ditetapkan oleh UNESCO Hari Puisi Sedunia disepakati dan selalu di peringati pada Tanggal 21 Maret.

UNESCO sendiri merupakan badan khusus PBB yang fokus terhadap perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerjasama antar Negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan, huku, HAM, dan kebebasan hakiki.

Di Indonesia sendiri Hari Puisi Nasional selalu di rayakan setiap Tanggal 28 April. Meskipun waktu perayaan Hari Puisi berbeda, namun di Indonesia sendiri para penggiat Puisi tetap merayakan Hari Puisi baik itu Hari Puisi nasional maupun internasional.

Lihat juga: Sejarah Singkat Hari Kartini 21 April

Seperti cuitan dari berbagai Netizen Indonesia di bawah ini, mereka merayakan Hari Puisi sedunia 21 maret dengan me-Tweet berbagai macam Puisi. Mulai dari Puisi buatan mereka sendiri hingga Puisi-Puisi dari pengarang terkenal Indonesia maupun Dunia.

Seperti pada cuitan-cuitan Netizen di bawah ini, adalah bentuk Apresiasi karya penyair di Media Sosial.

“Pohon adalah syair yang ditulis bumi pada langit.”

– Kahlil Gibran

Selamat #HariPuisiSedunia dan #internationalforestday

— ꦩꦱ꧀ꦲꦤꦶ (@Hani_Botani) March 21, 2019

Hatiku selembar daun

melayang jatuh di rumput nanti dulu, biarkan aku sejenak, Terbaring di sini ada yang masih ingin kupandang, yang selama ini senantiasa luput Sesaat adalah abadi sebelum kau sapu tamanmu setiap pagi.

Sapardi Djoko Damono#HariPuisiSedunia

— Rifki Ananda (@tujuhtiiiga) March 21, 2019

Jika aku sakit, tersenyumlah. Tidak ada yang cukup di dunia ini—tapi senyuman tidak pernah kurang.

~M Aan Mansyur~#HariPuisiSedunia

— Bukan Mas Mas (@nuruljumah) March 21, 2019

Aku ini binatang jalang

Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meredang menerjang

– Aku, Chairil Anwar

.

(puisi yg paling kuinget, soalnya guru b.indo kalo baca puisi ini terus)#HariPuisiSedunia

— caca disini (@peachyellowww) March 21, 2019

Dengan menulis kita abadi #haripuisisedunia

— jehfri nicol (@ucupmarkucupppp) March 21, 2019

Ingin ku meminjam matahari

dan memberikannya kepadamu

namun nampaknya langit masih butuh

pun kamu sudah menyinari hari-hariku

Selamat #HariPuisiSedunia

— Adarusa Rasa (@jindanjuns) March 21, 2019

Banyak hal yang bisa kita sampaikan melalui sebuah Puisi, mulai dari Puisi yang berisi mengenai kritikan kepada pemerintah, Puisi tentang kecintaan terhadap alam, Puisi tentang Ibu dan masih banyak hal-hal yang dapat disampaikan melalui Puisi.

Cukup sampai disini informasi mengenai Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret yang bisa Anda gunakan untuk berbagai referensi membuat Puisi atau hanya sekedar ingin tahu mengenai sejarah Hari Puisi dunia.

Lihat juga: Sejarah Hari Puisi Nasional 28 April

Semoga artikel Sejarah Hari Puisi 21 Maret di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat memberikan tambahan wawasan terkait dengan dunia seni dalam hal ini adalah Seni Berpuisi. Terimakasih

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari puisi nasional
  • hari puisi sedunia 2021
  • puisi hari lahir
  • hari puisi internasional 2021
  • sejarah hari puisi
  • peringatan hari puisi 2021
  • tema peringatan hari puisi tahun ini

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina