Sejarah Hari Lahirnya Nahdlatul Ulama 31 Januari

Sejarah Hari Lahirnya Nahdlatul Ulama 31 Januari

Sejarah Hari Lahirnya Nahdlatul Ulama

Hari Besar Nahdlatul Ulama 31 Januari - Nahdlatul Ulama atau NU adalah organisasi Islam yang terbesar di Indonesia saat ini. Dimana sejarah hari lahirnya NU ini terjadi 93 tahun dahulu, tepatnya pada tanggal 31 Januari 1926. Pendiri dari NU ini digagas oleh para kiai ternama yang ada di Jawa Timur, Madura, Jawa Tengah dan juga dari daerah Jawa Barat.

Selain K.H Wahab Hasbullah, dalam pertemuan tersebut juga menjadi prakarsa dari K.H Hasyim Asyari. Dimana pada pertemuan tersebut yang dibahas merupakan upaya supaya islam tradisional di Indonesia ini bisa dipertahankan. Oleh sebab itu, dirasa harus dibentuk suatu wadah lembaga khusus seperti NU.

Sebenarnya upaya seperti ini sudah lebih dulu dirintis oleh Kiai Wahab. Dimana Kiai Wahab ini mendirikan Nahdlatul Wathan yang berarti kebangkitan tanah air di tahun 1914. Jadi jauh sebelum adanya Nahdlatul Ulama di Indonesia, lebih dulu ada Nahdlatul Wathan yang menjadi suatu lembaga pendidikan agama Islam pertama yang ada di Indonesia.

Bertujuan Untuk Menjaga Islam Nusantara

Selanjutnya Nahdlatul Wathan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat di tahun 1916 dimana sudah mempunyai madrasah dengan memiliki juga gedung yang bertingkat besar di Surabaya. Cabang dari Nahdlatul Wathan ini juga ada dimana-mana termasuk juga ada di Semarang, Malang, Gresik, Jombang.
Tidak berhenti disitu, Kiai Wahab juga kembali menggagas satu perhimpunan tambahan di tahun 1918. Dimana Kiai Wahab memiliki gagasan untuk membentuk organisasi lainnya yang bernama Nahdlatul Tujjar atau dalam bahasa Indonesia berarti Kebangkitan para pedagang.

Setahun selanjutnya, di Surabaya tepatnya di Ampel berdiri lagi majelis diskusi serat madrasah yang diberi nama Taswirul Afkar. Madrasah ini sendiri didirikan untuk menjadi tempat belajar sekaligus mengaji ilmu agama untuk anak-anak. Harapannya tentu saja kelak anak-anak yang mengampu pendidikan disitu bisa menggunakan ilmunya agar bisa melestarikan ajaran agama Islam tradisional. Kiai Wahab juga memiliki andil terkait pembentukan madrasah ini.

Yang unik adalah Kiai Haji Mas Mansyur juga dikenal menjadi ulama besar dari Muhammadiyah, dimana beliau merupakan murid langsung dari pendiri organisasi Islam tersebut. Kiai Wahab merasa harus membentengi Islam Nusantara karena beberapa cara ibadah keagaman yang mereka anut sering ditentang oleh golongan Islam Reformis.


Selanjutnya tanggal 31 Januari 1926, para kyai berkumpul dan bertempat di kediaman dari Kiai Wahab untuk memutuskan membentuk organisasi baru kemasyarakatan Islam Ahlussunnah yang diberi nama Nahdlatul Ulama atau dalam bahasa Indonesia berarti kebangkitan para ulama. Oleh sebab itu setiap tanggal 31 Januari ini selalu diperingati sebagai Hari Lahir Nahdlatul Ulama di Indonesia.

NU sendiri bergerak pada bidang keagamaan serta kemasyarakatan dengan dibentuk bertujuan agar bisa mengamalkan serta memahami ajaran islam. Entah itu dalam konteks komunikasi dengan Allah SWT atau komunikasi dengan sesama umat islam di Indonesia.

Dalam perjalanannya, NU kemudian berkembang dengan pesat serta terjaga tetap tradisional. Hingga kini NU kemudian menjadi organisasi Islam terbesar yang ada di Indonesia. Dimana NU berhasil hidup berdampingan dengan para kelompok Islam Reformis yang dulunya sempat berpolemik yaitu Muhammadiyah.

Nah itulah sejarah singkat kenapa tanggal 31 Januari selalu diperingati sebagai Hari Lahirnya Nahdlatul Ulama di Indonesia. Hingga saat ini Nahdlatul Ulama tetap menjadi salah satu Organisasi islam dan kemasyarakatan terbesar di Indonesia.

Semoga informasi dari Sejarah Hari Lahirnya Nahdlatul Ulama 31 Januari di atas bisa menambah wawasan kita terhadap sejarah hari besar dan hari penting lainnya.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari nahdlatul ulama
  • hari besar nahdlatul ulama
  • hari lahirnya nahdlatul ulama
  • hari lahirnya nahdlatul ulama pada tanggal
  • nahdlatul ulama didirikan di kota
  • nahdlatul ulama vektor
  • nahdlatul ulama png
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com