Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sejarah Dibalik Hari Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia

Sejarah Dibalik Hari Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia

Sejarah Hari Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia 5 Februari

HMI atau Himpunan Mahasiswa Islam adalah organisasi mahasiswa yang dihimpun mahasiswa di Indonesia yang beragama Islam. Himpunan Mahasiswa Islam ini didirikan oleh mahasiswa dari STI atau Sekolah Tinggi Islam Yogyakarta yaitu Lafran Pane bersama rekan seperjuangannya. Lafran pane sendiri lahir di Sipirok, Padang Sidempuan Sumatera Utara tanggal 5 Februari 1922. Dimana berdirinya HMI ini memiliki latar belakang yang sangat berbeda. Namun dari perbedaan itulah kita bisa mengetahui ciri khusus dari HMI.

Himpunan Mahasiswa Islam adalah organisasi berdasar Islam dan juga bersifat Independen atau bebas dengan tidak bergantung serta memihak terhadap suatu organisasi maupun golongan tertentu. HMI sendiri sudah berdiri sejak tanggal 5 Februari tahun 1947. Oleh sebab itu, setiap tanggal 5 Februari selalu diperingati sebagai Hari lahirnya HMI di Indonesia.

Dari tanggal 5 Februari 1947 lalu, sampai sekarang organisasi HMI ini masih tetap berkiprah di Indonesia serta terus mengalami perkembangan ke berbagai macam Universitas. Apalagi di Universitas yang memiliki mayoritas mahasiswa Islam di dalamnya, maka dengan begitu Universitas tersebut tentu saja ada organisasi HMI. Dimana Organisasi HMI ini sudah tersebar luas seiring dengan berkembangnya zaman dan juga semakin menjamurnya Perguruan Tinggi di Indonesia.

Tujuan Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia

Tujuan dari adanya HMI ini adalah agar terbinanya mahasiswa yang akademis, pencipta pencipta, pengabdi dengan bernafaskan Islam serta bertanggung jawab agar bisa terwujudnya masyarakat Indonesia yang adil serta diridhoi oleh Allah SWT.

Secara dasar, sebelum terbentuknya HMI ini sempat terjadi kemunduran umat Indonesia mulai dari segi pemikiran dan sebagainya. Oleh sebab itu membuat organisasi HMI ini dibentuk dan diprakarsai oleh Lafran Pane yang merupakan mahasiswa STI Yogyakarta yang sekarang sudah berganti nama menjadi Universitas Islam Indonesia.

Pada saat membentuk HMI, Lafran pane masih berusia 25 tahun dan masih duduk di tingkat I. Seiring dengan berjalannya waktu, terbentuklah HMI dan hingga era reformasi seperti sekarang. HMI sendiri sudah melewati banyak sekali fase dalam perkembangannya. Namun HMI sendiri masih tetap bisa bertahan sampai sekarang dan terus tetap menjalankan syariat organisasi yang nasionalis namun masih tetap menjunjung tinggi nuansa Islam.


Dengan begitu para pengisi organisasi dari HMI ini diharapkan bisa menjadi seorang muslim yang memiliki intelektual tinggi serta nasionalis dengan tetap menjunjung tinggi asas keislaman di Negara ini agar bisa membuat Indonesia tetap bangkit dan terus maju di dalam pembangunan yang baik di berbagai macam aspek.

Apalagi jika kita melihat di dunia ini, Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Oleh sebab itu organisasi Islam di tingkat mahasiswa ini tentu saja harus tetap dilestarikan agar bisa ada hingga sekarang dan selanjutnya.

HMI sendiri terlahir saat umat Islam di Indonesia sedang berada di kondisi yang sangat memprihatinkan yaitu adanya kesenjangan dan juga kejumuduan pengetahuan, pemahamans erta penghayatan ajaran agama yang tidak tercermin di kehidupan nyata. Saat HMI ini berdiri, sudah ada banyak sekali organisasi di Mahasiswa yang didominasi oleh partai yang berpaham komunis dan sosialis. Akibatnya tentu saja kita tidak boleh membiarkan hal itu terjadi, oleh sebab itu Lafran Pane bersama teman seperjuangannya membentuk HMI.

Nah itulah sejarah dibalik hari Himpunan mahasiswa Islam Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 5 Februari setiap tahunnya. Semoga informasi dari Sejarah Hari Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia 5 Februari di atas bisa menambah wawasan kita terhadap sejarah hari besar dan hari penting lainnya.

Semoga informasi dari Sejarah Dibalik Hari Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia 5 Februari di atas bisa menambah wawasan kita terhadap sejarah hari besar dan hari penting lainnya.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • Himpunan Mahasiswa Islam adalah
  • Himpunan Mahasiswa Islam bergerak di bidang
  • Himpunan Mahasiswa Islam dalam bahasa inggris
  • Himpunan Mahasiswa Islam in english
  • Himpunan Mahasiswa Islam ciputat, padang dan bandung
  • Sejarah Himpunan Mahasiswa Islam