Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Tanggal Berapa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila?

Tanggal Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Hari Kesaktian Pancasila - Dari tahun ke Tahun, Setiap tanggal 1 Oktober selalu diperingati sebagai hari Kesaktian pancasila. Setelah sehari sebelumnya banyak masyarakat Indonesia yang merayakan dan mengingat tragedi Hari Pemberontakan G30S/PKI.

Hari kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober ini tidak terlepas dari peristiwa yang terjadi pada 30 September. Peristiwa tersebut dikatakan peristiwa yang kelam dan diduga peristiwa tersebut terkait dengan PKI. Dimana nenek moyang para pejuang Indonesia berjuang melawan para penjajah hanya untuk kemerdekaan republik Indonesia.

Memperingati hari kesaktian Pancasila biasanya dilakukan dengan menonton film yang menceritakan tragedi tentang G30S/PKI dan juga bukan hanya itu saja. Biasanya semua murid dari sekolah dasar hingga menengah atas akan melakukan upacara, hal ini berguna menumbuhkan sikap nasionalisme kepada para penerus bangsa ini.

Hari Kesaktian Pancasila ini sudah diatur dalam Surat Keputusan Menteri Panglima AD 17 September 1966. Dimana dalam surat tersebut berisi bahwa setiap tanggal 1 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Kesaktian pancasila yang harus dilakukan oleh TNI Angkatan Darat untuk mengenang para Jenderal yang sudah dibunuh secara sadis oleh PKI.

Nah dengan surat tersebut, akhirnya 1 Oktober bukan hanya dilakukan oleh TNI Angkatan Darat saja, namun juga harus dilakukan oleh semua elemen masyarakat tanpa terkecuali sejak Orde Baru.

Sejarah Hari kesaktian Pancasila

Hari kesaktian Pancasila ini tak luput dari Yang terkenal dengan G30S/PKI. Dimana tanggal 30 September itu seakan menjadi duka yang dalam bagi bangsa Indonesia. Sebab tujuh perwira yang diculik dan dibunuh di malam pergantian antara September ke Oktober itu tepatnya pada 1965 telah terjadi peristiwa kelam di Indonesia.

Partai yang dipimpin oleh DN Aidit itu diduga telah berupaya melakukan kudeta. Dimana pada waktu itu tanggal 1 Oktober 1965 upaya untuk menumpas G30S/PKI ini dimulai. Satuan dari RPKAD yang dipimpin oleh Sarwo Edhi Wibowo kembali lagi merebut gedung RRI dan juga kantor pusat Telekomunikasi pada saat itu.

Tragedi pemberontakan ini dilakukan untuk memenuhi tujuan untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno dan menggantikan ideologi Pancasila dengan ideologi komunis pada saat itu. Tragedi ini diduga didalangi oleh PKI yang merupakan pasukan yang bertugas untuk melindungi presiden.

Pada hari tragedi tersebut menewaskan beberapa jenderal terbaik di Indonesia. Maka dari itu adanya memperingati hari kesaktian Pancasila berupaya sebagai kebangkitan bagi seluruh rakyat Indonesia. Serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan juga patriotisme anak muda jaman sekarang yang sudah mulai luntur. Mengingat Pancasila merupakan dasar dan menjadi sumber hukum yang mengatur warga negara Indonesia.

Lihat juga: Sejarah Dibalik Hari Pers Nasional 9 Februari

Perayaan Hari Kesaktian Pancasila Di Indonesia

Dalam merayakan Hari Kesaktian Pancasila ini biasanya masyarakat Indonesia mengibarkan Bendera Setengah tiang yang dilakukan setiap tanggal 1 Oktober untuk memperingati hari Kesaktian pancasila tersebut. Hal ini tentu saja untuk mengenang dan juga menghormati jasa para Jenderal yang harus dikorbankan dalam tragedi gerakan Pemberontakan PKI yang terjadi sehari sebelumnya.

Sementara untuk para siswa biasanya akan melangsungkan upacara bendera yang biasanya dilakukan di Alun-alun kota. Banyak siswa dari seluruh sekolah yang berkumpul di alun-alun kota untuk melangsungkan upacara bendera tersebut. Bukan hanya itu saja, namun biasanya juga akan diputar film pemberontakan G30S/PKI yang diputar di beberapa stasiun TV nasional untuk mengingatkan masyarakat terhadap peristiwa kelam tersebut.

Semoga informasi hari besar atau hari penting Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda.

Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com