Sejarah Peringatan Hari Guru 25 November

Tanggal Berapa Peringatan Hari Guru?

Hari Besar Nasional Hari Guru 25 November

Hari Guru - Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, dimana peran guru sangat penting untuk mencerdaskan para generasi penerus bangsa. Tanpa adanya guru tentu saja kita tidak akan bisa membaca dengan lancar, termasuk juga membaca artikel ini.  Kita juga akan kesulitan belajar menghitung, belajar ilmu pengetahuan lain. Oleh sebab itu kita wajib menghormati dan juga menghargai guru-guru kita, entah itu guru SD, guru SMP atau guru SMA.

Hari guru yang diperingati setiap tahun ini ada pada tanggal 25 November. Hal ini telah ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan keputusan Presiden yaitu pada Nomor 78 Tahun 1994. Hari guru ini biasanya diperingati oleh semua orang terlebih lagi pada guru. Dengan melakukan upacara yang biasanya dipimpin oleh semua guru yang ada.

Memperingati hari guru ini berupaya untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme bagi para semua orang dan tak hanya murid saja yang perlu memperingati hari guru ini. Untuk mengingat para jasa guru yang telah mengorbankan waktunya demi mengajar murid untuk menjadikan murid tersebut menjadi lebih baik lagi. Berikut ini ulasan mengenai sejarah hari Guru nasional Indonesia.

Sejarah Hari Guru

Pada zaman dahulu sebelum menjadi PGRI yaitu PGHB yaitu tahun 1912, dimana para guru bergabung tidak berdasarkan pada latar belakang pendidikan yang sama. PGHB ini tidak pernah memandang ras, suku, agama dan juga latar belakang pendidikan pada setiap anggotanya. Hal ini membuat PGHB memiliki anggota yang tidak terbatas dari berbagai kalangan seperti guru bantu, desa dan masih banyak lagi. Para guru ini biasanya mengabdi pada sekolah desa maupun sekolah rakyat angka dua.

Pada tahun 1942 tentara Jepang melarang penggunaan bahasa Belanda dan juga Inggris, diperbolehkan menggunakan bahasa Indonesia tetapi hanya untuk pengantar di sekolah dasar saja. Perkumpulan dan perserikatan dilarang seperti sekolah sekolah ditutup, dan diganti dengan pelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan huruf Katakana dan kanji saja.

Namun semangat para guru-guru Indonesia tidak pernah pudar apalagi ia bekerja dibawah pengawasan oleh Jepang. Namun Jepang sangat mengijinkan pendidikan karena menurut mereka pendidikan diperlukan untuk membangun bangsa. Pendidikan yang baik dilahirkan dari guru yang baik juga, ini yang membuat Jepang sangat tunduk dan menghormati para guru. Dimana guru dan para dokter mendapatkan panggilan sensei yang berarti orang yang tertua.

Setelah tiga bulan diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia, kongres I PGRI ini diselenggarakan pada tanggal 24-25 November 1945. Dimana pada kongres itu PGRI dijadikan sebagai wahana pemersatu guru seluruh Indonesia. Maka dari itu pemerintah menetapkan tanggal 25 sebagai hari guru nasional gun untuk memperingati jasa yang diberikan oleh guru kepada murid-muridnya.

Lihat juga: Tanggal Berapa Peringatan Hari Sumpah Pemuda?

Perayaan Hari Guru

Dalam perayaan hari guru di Indonesia, biasanya banyak murid atau sekolah yang mengisi kegiatan di hari guru dengan cara melaksanakan Upacara Bendera atau melakukan aktivitas lain seperti bersih-bersih sekolah bersama guru-guru, jalan sehat bersama guru, dan aktivitas lainnya.

Dalam merayakan hari guru, sebagai siswa tentu saja kita harus senantiasa sadar bahwa tanpa adanya guru mungkin kita tidak akan bisa seperti sekarang ini. Kita tidak akan bisa membaca dan mungkin akan buta huruf. Bahkan saking hebatnya guru di Indonesia ini sampai ada lagu yang dibuat khusus untuk menghormati jasa-jasa dari Guru di Indonesia. 

Semoga informasi hari besar atau hari penting Hari Guru 25 November di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda.

Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com