Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Daftar Hari Besar Nasional Bulan September 2021

Daftar Hari Besar Nasional Bulan September 2021

Hari Besar September - September merupakan bulan kesembilan dari kalender tahun Masehi. Dimana Sepetember ini diambil dari bahasa Belanda yang juga diambil dari bahasa Latin yaitu Septem yang berarti tujuh. Hal ini karena dulu kala tahun bermula di bulan Maret. Bulan September ini mempunyai 30 hari. Nah pada bulan September ini terdapat beberapa hari-hari.

Hari Besar Nasional September 2021

Di bawah ini adalah daftar hari besar atau hari penting di bulan September:

1 September : Hari POLWAN

1 September menjadi hari yang istimewa untuk Institusi Kepolisian Wanita Indonesia yaitu Polwan. Kenapa Hari POLWAN diperingati pada tanggal 1 September? Hal ini karena sekolah Polisi Wanita pertama kali berdiri pada tanggal 1 September 1948 di Bukittinggi. Nah oleh sebab itu tanggal 1 September selalu diperingati menjadi Hari Polwan.

4 September : Hari Pelanggan Nasional

Setiap tanggal 4 September, Indonesia selalu memperingatinya dengan Hari Pelanggan Nasional. Dimana pada tanggal 4 September 2003 lalu Hari Pelanggan Nasional ini secara resmi diresmikan Presiden Indonesia saat itu yaitu Megawati Soekarno Putri.

8 September : Hari Pamong Praja

Setiap tanggal 8 September selalu diperingati dengan Hari Pamong Praja. Dimana tidak ada banyak orang yang tahu tentang apa itu Pamong Praja. Oleh sebab itu setiap tanggal 8 September ini selalu diperingati dengan Hari Pamong Praja untuk mengapresiasi jasa dari Pamong Praja. 

9 September : Hari Olah Raga Nasional

Setiap tanggal 9 September selalu diperingati sebagai Hari Olah Raga Nasional atau Haornas dimana tahun 2021 nanti Hari Olah Raga Nasional sudah berlangsung selama 38 kali.

11 September : Hari Radio Republik Indonesia

Hari Radio Republik Indonesia selalu diperingati oleh Masyarakat Indonesia setiap tanggal 11 September. Dimana tanggal tersebut bertepatan dengan hari kelahiran dari Radio Republik Indonesia atau RRI yang terlahir pada tanggal 11 September 1945.

Lihat juga: Daftar Hari Besar Nasional Bulan Oktober 2021

17 September : Hari Palang Merah Indonesia

Hari Palang Merah Indonesia selalu diperingati setiap 17 September. Hal ini juga berkaitan dengan hari ulang tahun Palang Merah Indonesia. Dimana PMI merupakan organisasi yang bertugas dan bergerak d bidang sosial serta kemanusiaan.

23 September : Hari Maritim Nasional

Setiap tanggal 23 September selalu diperingati sebagai Hari Maritim Nasional. Dimana Hari Maritim Nasional pertama kali diusulkan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1964 lalu, dan sejak itu setiap tanggal 23 September selalu diperingati menjadi Hari Maritim Nasional.

24 September : Hari Tani

Setiap tanggal 24 September selalu diperingati sebagai Hari Tani. Dimana peringatan ini juga turut serta dirayakan oleh para petani serta elemen masyarakat sipil lain dengan berbagai macam kegiatan, salah satunya adalah aksi masa.

29 September : Hari Sarjana Indonesia

Di Indonesia, setiap tanggal 29 September selalu diperingati menjadi Hari Sarjana Indonesia. Namun walaupun begitu, masih ada banyak orang yang belum tahu tentang Hari Sarjana Indonesia tersebut. Hal ini karena belum ada atau tidak ada perayaan khusus terhadap Hari Sarjana Indonesia.

30 September : Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI

Setiap tanggal 30 September selalu diperingati menajdi Hari Peringatan Pemberontakan G30S/PKI. Hal ini karena tanggal 30 September 1965 terjadi pembunuhan enam jenderal senior yang dibunuh dan dimasukkan ke dalam lubang buaya. peristiwa tersebut merupakan upaya kudeta oleh PKI untuk mengubah dasar negara Indonesia.

Semoga informasi hari besar atau hari penting di bulan September 2021 di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda.