Jenis-jenis Public Speaking


Jenis-jenis Public Speaking

Jenis-jenis Public Speaking

Jenis-jenis Public Speaking – Di Indonesia sendiri, masyarakat cenderung menghargai dan menerima seseorang yang mampu menyampaikan idenya dalam Bahasa yang dimengerti oleh publik. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berkomunikasi, khususnya public speaking, menjadi kemampuan yang mutlak harus dimiliki setiap individu agar mampu bersaing di zaman yang semakin dinamis. Tujuan public speaking tidak terlepas dari tujuan komunikasi, yaitu menyampaikan pesan atau ide kepada public dengan metode yang sesuai, sehingga publik bisa memahami pesan atau ide, kemudian memperoleh manfaat dari pesan tersebut.

Sehubungan dengan ini, seorang public speaker dituntut mampu memilih metode yang tepat untuk menyampaikan pesannya. Metode public speaking yang dimaksud dibagi menjadi tiga jenis, yakni:

  1. Impromptu speech, artinya untuk menyampaikan gagasan, seseorang tidak perlu melakukan banyak persiapan. Dengan kata lain, seorang public speaking bekerja secara mendadak.
  2. Manuscript speech, artinya seseorang dapat melihat naskah saat menyampaikan gagasannya. Dalam hal ini, saya sertakan contoh naskah yang dapat dibaca oleh seorang perwakilan mahasiswa dalam penerimaan dan perpisahan mahasiswa KKP.
  3. Extemporaneous speech, artinya seseorang tanpa menggunakan naskah dapat menyampaikan gagasannya dengan informative dan komunikatif. Dalam hal ini, pembicara bebas berimprovisasi.

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar