Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Macam-Macam Jurusan Kuliah Lengkap

Macam-Macam Jurusan Kuliah Lengkap

Macam-Macam Jurusan Kuliah Lengkap

Apakah anda tertarik untuk melanjutkan kuliah? Kuliah menjadi salah satu hal penting untuk menambah ilmu pengetahuan yang kita miliki supaya dapat dimanfaatkan untuk kedepannya. Dengan berkuliah akan menjadikan seseorang semakin matang dalam menentukan tujuan hidupnya. 

Seperti yang anda ketahui, terdapat banyak jurusan kuliah yang harus dipilih satu oleh mahasiswa agar lebih fokus untuk mengembangkannya. Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui potensi yang dimiliki untuk menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih. 

Ada banyak jurusan kuliah, anda bisa memilih salah satu sesuai yang anda minati. Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah yang bisa anda pilih!

Jurusan Pertanian

Jurusan kuliah yang bisa anda pilih salah satunya adalah pertanian. Mungkin di jaman sekarang banyak orang kurang minat dengan jurusan pertanian. Padahal ini masih sangat penting dan memiliki minim persaingan untuk kedepannya.

Bila anda memilih jurusan pertanian, anda akan belajar ilmu bercocok tanam di bidang pertanian. Mengambil jurusan pertanian bukan berarti anda akan dipekerjakan di tempat perkebunan, namun anda bisa bekerja di sebuah perusahaan yang berhubungan di bidang pertanian. Masih ada peluang emas yang bisa anda dapatkan bila mengambil jurusan pertanian. 

Jurusan Biologi

Salah satu jurusan yang cukup diminati oleh banyak orang salah satunya adalah Biologi. Jurusan ini fokus mempelajari mengenai makhluk hidup beserta tingkah laku dan lingkungannya. Jurusan ini tidak akan membuat bosan bilamana sedang melakukan praktek untuk melakukan eksperimen tertentu. Untuk perkembangan kedepannya juga akan sangat baik dalam bekerja di suatu tempat.

Jurusan Farmasi

Apakah anda tertarik dengan dunia kesehatan? Bagi anda yang suka menolong manusia, jurusan ini sangat cocok untuk anda pilih. Bila anda memilih jurusan farmasi nantinya akan mempelajari seputar obat-obatan. Anda akan mempelajari banyak hal seperti kimia, fisika, resep obat, dan lain sebagainya.
Untuk masalah pekerjaan, jurusan ini memiliki prospek yang sangat baik untuk kedepannya. Seperti yang anda ketahui, saat ini ada banyak orang yang membutuhkan tenaga medis akibat berbagai penyakit yang dideritanya. Dengan mengambil jurusan farmasi menjadi pilihan yang sangat tepat untuk anda.

Jurusan Teknik Informatika

Dunia komputer juga menjadi salah satu daya tarik bagi orang-orang, khususnya untuk anak milenial di jaman sekarang. Akan sangat tepat bila anda memilih jurusan teknik informatika karena memiliki prospek dan perkembangan yang sangat baik kedepannya.

Akan ada banyak sekali peluang kerja yang bisa anda dapatkan bila mengambil jurusan ini, bahkan anda bisa bekerja dari rumah bila sudah memiliki komputer. Akan ada banyak hal yang bisa anda dapatkan bila mengambil jurusan teknik informatika.

Jurusan Arsitektur

Jurusan Arsitektur juga menjadi salah satu jurusan yang bisa anda pilih bila ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Jurusan ini akan mempelajari tentang sebuah perancangan bangunan dan berbagai lingkungan binaan seperti ruang terbuka, lanskeap, dan lain sebagainya.

Jurusan Teknik Nuklir

Berkuliah mengambil jurusan nuklir juga menjadi pilihan yang sangat efektif untuk anda yang memiliki adrenalin tinggi. Disini anda bisa mempelajari beberapa mata kuliah seperti fisika atom dan inti, elektronika nuklir, intumentasi nuklir dan analis reaktor nuklir. 

Jurusan Kimia

Jurusan kimia merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang kimia analitis, analitis serta organic. Dimana anda akan mempelajari lebih detail materi pembelajaran kimia di dunia perkuliahan. Banyak dari mereka yang tertarik untuk mengambil jurusan kimia.

Jurusan Astronomi

Jurusan astronomi merupakan salah satu jurusan yang cukup langka dan hanya dibuka untuk beberapa orang khusus saja. Disini anda akan mempelajari seputar dunia antariksa yang ada di luar angkasa. Beberapa hal yang akan anda pelajari seperti bintang, galaksi, tata surya dan lain sebagainya. Jurusan ini benar-benar cukup menarik dan menantang untuk siapa saja yang mengambil jurusan astronomi.

Jurusan Kedokteran

Apakah anda bercita-cita menjadi seorang dokter? Jurusan yang satu ini bisa anda pilih untuk mewujudkan cita-cita anda. Beberapa hal yang akan anda pelajari di dunia kedokteran seperti patologi, anatom, biokimia, dan lain sebagainya. Mahasiswa nantinya akan diberikan arahan bagaimana mengenali jenis penyakit dan cara penyembuhannya. Untuk prospek jurusan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kedepannya.

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Selain kedokteran, ada juga jurusan kesehatan masyarakat yang kini sudah ada di beberapa Universitas. Jurusan yang satu ini memiliki prospek yang baik untuk kedepannya guna mempelajarai berbagai macam penyakit dan penyembuhannya, khususnya untuk ruang lingkup masyarakat.

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional bisa anda pilih karena memiliki prospek yang baik untuk kedepannya. Jurusan ini nantinya akan membawa anda berhubungan dengan negara lain baik untuk hal kerjasama ataupun hal lainnya. Untuk jurusan ini, anda diharuskan menguasai bahasa asing.

Jurusan Arkeologi

Jurusan arkeologi merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang ilmu sejarah bebatuan. Jurusan ini cukup menarik dipilih bila anda suka dengan sejarah.

Jurusan Psikologi

Bagi anda yang tertarik untuk melanjutkan kuliah, jurusan psikologi bisa anda pilih. Jurusan ini mempelajari tentang kejiwaan yang ada pada diri manusia. Disini anda bisa mempelajari sebab dan cara penyembuhannya.

Jurusan Administrasi Perkantoran

Bekerja di sebuah kantor menjadi salah satu daya tarik dan minat banyak orang. Anda bisa mengambil jurusan administrasi perkantoran. Untuk kedepannya, jurusan ini juga memiliki prospek yang cukup baik.

Jurusan Akutansi

Salah satu jurusan yang banyak diminati oleh orang-orang selanjutnya adalah jurusan akutansi. Jurusan ini mempelajari metode pencatatan, penggolongan, dan penyusunan dengan cara tertentu.

Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan yang satu ini menjadi incara banyak orang karena memiliki prospek yang cukup besar untuk kedepannya. Anda akan mempelajari seputar ilmu ekonomi baik itu mikro ataupun makro.

Jurusan Hukum

Jurusan hukum juga menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa, Disini anda akan mempelajari banyak hal seputar teori-teroi hukum hingga praktik di sebuah pengadilan.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan yang cukup menarik untuk anda pilih selanjutnya adalah jurusan ilmu komunikasi. Untuk jurusan ini memiliki daya tarik tersendiri karena anda dapat menjalin sebuah komunikasi secara langsung ataupun melalui perangkat. 

Jurusan Tata Busana

Salah satu jurusan yang kini sedang diminati oleh banyak orang adalah tata busana. Disini anda akan mempelajari tentang dunia fashion, berbagai macam pakaian untuk anak, remaja hingga dewasa akan anda pelajari disini.

Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan ilmu sejarah merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang kehidupan di masa lalu. Untuk jurusan ini juga memiliki prospek yang sangat baik untuk kedepannya, anda bisa menjadi guru, dosen, sajarawan, dan lain sebagainya.

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Bagi anda yang suka dengan dunia desain, jurusan ini sangat cocok untuk anda pilih. Jurusan yang satu ini akan membuat anda menjadi kreatif dalam menciptakan sebuah desain sesuai yang diinginkan.

Itulah beberpa jurusan kuliah yang bisa Anda pilih, semoga informasi daftar jurusan kuliah di atas bisa membantu Anda dalam menentukan minat jurusan kuliah Anda.