Butuh Info Obat? Cek SehatQ.Com Aja


Butuh Info Tentang Obat? Cek di SehatQ.Com Aja
Logo SehatQ.Com

Butuh Info Obat?

Info Obat. Obat merupakan satu dari berbagai kebutuhan kesahatan yang paling banyak dicari, saat kita sedang sakit hal yang pertama kita pikirkan adalah obat. Biasanya kita akan langsung membeli obat diwarung ketika sedang sakit seperti pusing, demam, batuk, masuk angin dan lain-lain. Nah, tahukan kamu bahwa ternyata banyak loh jenis-jenis obat yang ada dipasaran. Sekedar informasi saja dibawah ini adalah jenis-jenis obat yang tersedia dipasaran yang bisa kita dapatkan diwarung/Apotek dengan ataupun tanpa resep dokter.

Jenis-jenis obat berdasarkan bentuknya:

Tablet/Kapsul/Pil

Jenis obat tablet berbentuk lonjong, sedangkan kapsul berbentuk bulat. Sementara obat yang berbentuk lonjong dan ada selongsongnya disebut pil. Ini adalah jenis obat yang paling sering didapatkan dari farmasi atau apotek. Cara mengonsumsinya adalah dengan menelannya langsung dengan bantuan air minum.

Tablet Kunyah

Tidak seperti obat jenis tablet/kapsul/pil, obat ini tidak boleh ditelan dulu. Sesuai dengan namanya, obat ini harus dikunyah dulu dengan baik atau hancur, baru ditelan. Setelahnya, minumlah air putih untuk memastikan agar seluruh obat tertelan sepenuhnya. Tablet kunyah sering didapatkan oleh pasien dengan keluhan maag.

Tablet Hisap

Tablet ini digunakan dengan cara dihisap, bukan dikunyah. Jadi, cukup menghisap atau ‘mengemut’ obat ini seperti permen. Hisap hingga obat habis. Pasien dengan masalah di tenggorokan sering mendapatkan jenis obat ini.

Tablet Salut

Obat jenis ini adalah tablet yang dilapisi dengan satu atau lebih lapisan yang terbuat dari bahan tertentu untuk tujuan khusus. Lapisan bisa terbuat dari campuran berbagai zat seperti gelatin, gula, damat sintetik, atau enterik. Obat ini digunakan dengan cara langsung ditelan utuh. Jangan membagi obat ke beberapa bagian atau jangan digerus/dihancurkan.

Sirup/Suspensi/Emulsi

Merupakan jenis obat berbentuk cairan. Kocok dahulu sebelum diminum. Pastikan Anda mengonsumsi obat cair dengan ukuran yang tepat, jangan mengira-ngira. Kemasan obat biasanya disertai dengan sendok takar atau tutup yang ada takarannya. Untuk pasien bayi, biasanya akan diberikan pipet untuk memudahkan mengonsumsinya.

Sirup Kering

Jenis ini sama seperti sirup berbentuk cair. Namun obat ini mulanya berbentuk serbuk kering yang harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air putih sampai batas tanda yang ada di dalam botol sirup. Anda bisa meminta bantuan apoteker untuk melarutkan sirup kering ini. Mereka akan menakar air dengan gelas ukur. Setelah berbentuk cair, cara mengonsumsi obat ini sama dengan sirup/suspense/emulsi. Sirup kering yang sudah dilarutkan biasanya mengandung antibiotik dan harus dihabiskan . Di samping itu, obat ini juga biasanya hanya bisa digunakan 7 hari atau tergantung resep dokter dan harus dibuang setelahnya.

Tablet Effervescent

Sama dengan serbuk sirup kering yang harus dilarutkan dalam air terlebih dahulu, tablet effervescent ini juga harus dilarutkan terlebih dahulu. Masukkan tablet ke dalam ½ sampai 1 gelas air putih atau sesuai petunjuk. Tablet yang semula padat akan larut ke dalam air. Minum segera sampai air habis. Anda bisa menambahkan lagi sedikit air putih ke dalam gelas untuk diminum setelahnya dalam rangka memastikan semua obat terminum seluruhnya.

Tablet Bukal

Adalah tablet yang digunakan dengan cara diletakkan di antara pipi dan gusi. Sebelum mengonsumsinya, Anda disarankan berkumur dengan sedikit air untuk melembapkan mulut yang kering. Letakkan tablet di antara pipi dan gusi atas atau bawah tergantung kenyamanan, tutuplah mulut dan jangan menelan sampai tablet larut dengan sempurna di antara pipi dan gusi. Jangan berkumur atau mencuci mulut selama 15 menit setelah tablet larut dengan sempurna.

Tablet Sublingual

Merupakan tablet yang digunakan di bawah lidah. Sama dengan tablet bukal, Anda disarankan berkumur dengan sedikit air terlebih dahulu. Lalu letakkan obat di bawah lidah. Tutup mulut dan tunggu sampai tablet larut dengan sempurna, jangan menelannya. Jangan berkumur atau mencuci mulut selama 15 menit setelah tablet larut dengan sempurna.


Jenis obat berdasarkan kategorinya:

Nah diatas adalah daftar dari jenis-jenis obat berdasarkan bentuknya, lalu jenis obat apalagi yang terdapat dipasaran. Selain jenis obat berdasarkan bentuknya, juga terdapat dua jenis obat berdasarkan kategorinya yakni obat generic ber-merk dan generic tidak ber-merk. Untuk obat generic ber-merk biasanya dijual di warung-warung atau apotik dan sering juga di iklankan di TV, contoh obat generic ber-merk seperti Panadol, Bodrex, Mixagrip dan masih banyak lagi. Kemudian untuk obat generic tidak ber-merk adalah obat yang biasanya dituliskan kedalam resep dokter yang bisa kita tebus di apotik, obat generic tidak ber-merk biasanya dapat dibeli hanya dengan menggunakan resep dokter, meskipun begitu ada juga yang bisa dibeli tanpa resep.

Jenis-jenis obat berdasarkan fungsinya:

Jika berbicara mengenai jenis-jenis obat berdasarkan fungsinya tentu tidak cukup buku satu halaman untuk menuliskannya, jumlahnya sangat banyak hingga mencapai ratusan. Untuk informasi lebih detail mengenai obat-obatan yang jumlahnya ratusan tersebut ada satu website yang bisa menjadi rujukan jika ingin mendapatkan info yang akurat dan terpercaya. Nama websitenya adalah SehatQ.Com, di dalam website ini terdapat informasi segala jenis obat-obatan berdasarkan fungsinya yang tentu saja sangat lengkap.

Butuh Info Obat? Cek SehatQ.Com Aja - Tempat Informasi Lengkap Seputar Obat
Info Obat di SehatQ.Com
Informasi obat-obatan yang bisa kita dapatkan dari www.SehatQ.com sangat lah lengkap, dari A to Z. Semuanya di ulas kengkap dari dosisnya, golongan obatnya, indikasi, komposisi, aturan pakai sampai efek sampingnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja kunjungi website nya di SehatQ.Com.

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for endik eko

Akurat & terpercaya. Suka menulis informasi Kalender, Sejarah dan hal-hal menarik.

Tinggalkan komentar