BLANTERTOKOv105
6700739585096372729

Manfaatkan Kartu Prakerja untuk Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi - Barista Merdeka by Bencoolen Coffee

Manfaatkan Kartu Prakerja untuk Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi - Barista Merdeka by Bencoolen Coffee

Berbisnis di usia muda adalah sebuah tantangan namun, berbisnis di usia yang sudah tidak lagi muda merupakan sebuah pilihan.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Pendahuluan

Tentu kita masih ingat dengan kampannye Presiden Jokowi yang akan memberikan gaji untuk orang pengangguran. Kasarnya memang begitu, banyak orang yang nyinyir dan banyak pula orang yang mendukung. Namun program tersebut sebenarnya masuk dalam kategori program kartu prakerja, orang-orang yang belum bekerja dipersilahkan untuk mendaftarkan diri dalam mengikuti program kartu prakerja ini.

Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja

Fungsi dari kartu prakerja ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada setiap orang untuk mendapatkan pelatihan agar dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan diri. Kemudian untuk siapa kartu prakerja? Menurut laman prakerja.go.id kartu prakerja ini tidak hanya ditujukan bagi orang yang mencari pekerjaan namun juga untuk buruh, karyawan dan pegawai. Singkatnya, kartu ini dibuat untuk seluruh lapisan masyarakat berumur diatas 18 tahun dan tidak sedang dalam sekolah ataupun kuliah yang ingin meningkatkan keterampilannya. 

Nah bagi kalian yang belum mendapatkan kartu prakerja kalian bisa mendaftar disini, cukup mudah untuk mendaftar sebagai peserta program kartu prakerja ini. Sebelum mendaftar ada sedikit panduan yang harus kamu baca terlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

1. Langkah satu 
Sebelum mendaftar pastikan kamu adalah WNI, berumur minimal 18 tahun dan sedang tidak dalam proses sekolah atau kuliah.

2. Langkah kedua
Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar, tes ini adalah untuk mengetahui potensi dan kemampuan yang kamu miliki. Dalam tes ini coretan kertas dan alat tulis dianjurkan agar dalam menyelesaikan tes dapat berjalan lancar.

3. Langkah ketiga
Pilih pelatihan yang kamu inginkan, setelah menyelesaikan tes motivasi dan kemampuan dasar maka langkah selanjutnya adalah memilih pelatihan yang kamu ingingkan. Pastikan untuk menyelesaikan semua pelatihan-pelatihan yang dipilih.

4. Langkah keempat
Ikut seleksi gelombang, pendaftaranmu sudah hampir selesai. Tinggal pilih gelombang yang kamu inginkan dan sesuaikan dengan domisilimu. Selanjutnya kamu akan mendapatkan notifikasi apakah lolos atau bisa ikut Gelombang yang sesuai di Dasboard akunmu.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Status pendaftaran, kamu bisa mengunjungi laman ini.

Bisnis Wirausaha Yang Menjanjikan

Bisnis usaha yang menjanjikan di tahun 2020 ini sebenarnya sangatlah banyak, namun yang akan kita bicarakan disini adalah bisnis usaha warung kopi. Minuman kopi adalah minuman yang paling merakyat, ibaratnya dalam olahraga adalah permainan sepak bola yang disukai oleh semua orang dari berbagai macam lapisan masyarakat, bahkan sepakbola merupakan olahraga paling populer di Dunia. Layaknya sepakbola, minuman kopi juga demikian. Kopi juga merupakan minuman paling populer, semua orang menyukai minuman ini dari manusia remaja sampai manusia yang sudah tua.

Tentunya kita tahu bahwa kopi bisa dinikmati oleh siapa saja terlepas orang tersebut miskin ataupun kaya, semua orang bisa minum kopi. Kopi juga merupakan minuman paling mudah ditemukan, kita bisa membeli dalam bentuk sachet diwarung atau membeli kopi di mall atau café dan dipastikan setiap tempat tersebut menyediakan kopi. Jadi sudah tidak heran jika kopi adalah minuman yang paling dibutuhkan diantara minuman lainnya. Berbeda dengan minuman lain yang mana orang akan membeli minuman jika sedang ingin minum saja. Kopi selalu dicari, orang pergi dengan tujuan Ngopi, orang nongkrong tidak enak kalau tidak ada kopi.

Dalam bisnis usaha warung kopi kita harus mempunyai skill atau kemampuan. Kemampuan dalam meracik dan menyajikan kopi adalah sebuah kewajiban bagi seseorang yang ingin terjun dalam bisnis usaha tersebut. Jika hanya sekedar membuat kopi hampir semua orang bisa membuatnya, tinggal campur bubuk kopi dengan gula dan susu kemudian dituangkan air panas dan dwaarrr sudah menjadi kopi. Namun apakah dengan cara pembuatan kopi tersebut adalah salah, tentu saja tidak. Untuk mendapatkan sebuah cita rasa kopi yang nikmat dan enak cara pembuatan dan penyajiannya pun tentu saja harus berbeda. Perlu keahlian khusus untuk meracik kopi yang nikmat dan, dengan keahlian tersebut maka akan memberikan nilai tambah tersendiri terhadap kopi yang kita jual.

Pelatihan Barista

Pelatihan Barista dan usaha warung kopi

Barista adalah suatu pekerjaan yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Barista berasal dari Bahasa Italia yang berarti “Pelayan Bar” dan Barista adalah posisi yang terhormat. Dalam penyajian kopi tidak hanya menyajikan kopi dengan cara biasa-biasa saja, perlu keahlian didalamnya. Agar kopi yang kita jual mendapatkan nilai tambah maka butuh skill dalam proses pembuatan maupun penyajian. Seorang Barista dituntut tidak hanya mampu membuat kopi namun lebih dari itu seorang barista wajib paham mengenai kopi itu sendiri, baik mengenai karakter dari berbagai jenis kopi, keahlian rasa dan semuanya bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan menjadi Barista. 

Pelatihan Barista penting untuk memberikan pengetahuan terhadap segala jenis yang berhubungan dengan kopi, mulai dari pembuatan sampai dengan penyajiannya. Selain itu tugas-tugas menjadi barista dan bagaimana cara menjadi barista yang handal. Setiap orang bisa menjadi Barista, hanya perlu pelatihan dan sedikit bakat untuk menunjangnya, jika kamu suka minum kopi itu pun sudah cukup untuk memulai berbisnis warung kopi dengan menjadi Barista. Agar lebih percaya diri dalam memulai usaha kopi, mengikuti pelatihan Barista adalah hal yang wajib. Dengan sertifikasi Barista yang kita dapatkan dari program pelatihan barista akan menjadi modal kelayakan dalam membuka usaha warung kopi.

Pelatihan Barista tidak hanya untuk mereka yang ingin membuka usaha bisnis warung kopi, namun juga untuk semua kalangan yang berkeinginan untuk mendapatkan keterampilan dalam mengolah dan menyajikan kopi. Dengan mengikuti pelatihan barista ini kita akan mendapatkan sertifikat yang tentunya bisa kita manfaatkan untuk melamar kerja. Jika kamu bercita-cita menjadi seorang Barista yang handal maka bekerja sebagai Barista diperusahaan-perusahaan terkenal merupakan sebuah impian dan pembelajaran. Selain untuk mendapatkan ilmu juga akan menambah jam terbang kita sebagai barista. Selain itu, juga akan menjadi bekal yang berharga jika nantinya ingin membuka bisnis usaha kedai kopi sendiri.

Bencoolen Coffee

Bencoolen Coffee

Pelatihan barista dan usaha warung kopi itulah yang saat ini disediakan oleh Bencoolen Coffee, jika kamu ingin belajar bagaimana cara menjadi seorang barista atau bagi kamu yang ingin belajar menjadi barista sekaligus ingin membuka usaha warung kopi maka mendaftar di Bencoolen Coffe adalah keputusan yang tepat. 

Sebagai dukungan kepada pemerintah dalam program kartu prakerja, Bencoolen Coffee menyediakan pelatihan dibidang kopi bagi yang ingin membuka usaha bisnis kopi, atau buat kamu yang ingin menjadi barista handal serta pemasaran kopi melalui media online maupun menjadi agen kopi di seluruh wilayah Indonesia.

dukungan kepada pemerintah dalam program kartu prakerja

Bencoolen Coffee merupakan “Mitra Platform Digital Pelatihan” Program Kartu Prakerja dalam melakukan pelatihan digital yang bekerja sama dengen Kementrian Tenaga Kerja (KEMENAKER), Skill Academi Ruangguru dan MAUBELAJARAPA. 

Manfaat Pelatihan Barista di Bencoolen Coffee

Manfaat yang akan didapatkan dalam pelatihan Barista dan Usaha Warung kopi di Bencoolen Coffee adalah sebagai berikut:

Manfaat Pelatihan Barista di Bencoolen Coffee

1. Pengetahuan tentang Kopi

Kita akan mendapatkan pelatihan dalam mengetahui karakteristik dan jenis KOPI JUJUR, Mengetahui jenis kopi, Menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi dan penjelasan tugas profesi sebagai barista.

Sedikit informasi mengenai KOPI JUJUR, kopi jujur adalah sebuatan kopi Bengkulu yang diberikan oleh Gubernur Rohidin. Kata JUJUR dalam KOPI JUJUR memiliki makna kopi asli tanpa campuran essen atau campuran lain. 

Pada Kejuaraan Kopi Internasional Agency for the Valorization of the Agricultural Products atau disingkat AVPA – Perancis. Kopi Bengkulu berhasil mendapatkan penghargaan internasional tersebut yaitu Bencoolen Rejang Lebong, Bermani Coffee Rejang Lebong, dan Bencoolen Kepahiang. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Presiden AVPA, Philippe Juglar, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong, Tangerang pada 16 Oktober 2019 silam

2. Memahami kebutuhan menjadi Barista

Selain pemahaman dari jenis kopi, kita juga akan belajar memahami karakteristik kopi dan cara meracik kopi. Bencoolen Coffee juga akan memberikan pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang biasa digunakan oleh seorang Barista.

3. Menjadi Barista yang Handal

Kita akan mendapatkan tips dan trik dalam meracikan kopi standar barista. Kita juga akan mendapat pemahaman dan apresiasi serta memiliki wawasan yang lebih baik tentang rasa dan aroma kopi.

4. Wirausaha Warung Kopi

Di Bencoolen Coffee kita akan mendapatkan pelatihan dalam membuka Usaha Kedai Kopi Susu Kekinian dengan Modal Minim. Dimana kita bisa membuka kopi didaerah tempat tinggal dengan biaya yang terjangkau namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Pilihan Paket Pelatihan Barista

Pilihan Paket Pelatihan Barista

Terdapat 3 pilihan Paket Pelatihan Barista di Becoolen Coffe yakni paket Menjadi Barista Pemula, Paket usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim dan Paket outlet warung kopi. Kita bahas satu per satu mengenai Ilmu yang akan kita dapatkan dari setiap paketnya dibawah ini.

1. Paket 1 – Menjadi Barista Pemula
  • Memahami Jenis Kopi
  • Memahami Karakteristik Kopi
  • Teknik Dasar Pembuatan Kopi
  • Mengupas Profesi Barista
  • Pemahaman Tugas Barista
2. Paket 2 – Usaha Kedia Kopi Susu Kekinian Dengan Modal Minim
  • Pemahaman Berwirausaha
  • Implementasi Kewirausahaan Kopi
  • Skema Wirausaha Kedai Kopi Susu Kekinian
  • Tips Pemilihan Lokais Berjualan 
  • Penerapan Wirausaha Kopi Mandiri
3. Paket 3 – Outle Warung Kopi
  • Persiapan Membuka Outlet
  • Peralatan Yang Dipersiapkan
  • Peralatan Yang Dipersiapkan
  • Racikan Kopi Rasa Café Dengan Harga Warkop
  • Penerapan Outlet Warung Kopi

Penutup

Dari sekian banyak pelatihan yang bisa kita manfaatkan dari kartu prakerja adalah berlatih menjadi seorang Barista. Bekerja sebagai barista merupakan pekerjaan yang syarat akan ilmu, semakin tinggi jam terbang kita sebagai barista maka akan semakin tinggi pula skill kita dalam urusan kopi. Begitupun panca indera kita terhadap kopi akan semakin terasah seiring berjalannya waktu menjadi seorang Barista. Menjadi barista juga akan membuka kesempatan kita dalam berwirausaha warung kopi. Dengan sertifikasi yang kita dapatkan saat pelatihan menjadi barista dan jam terbang tinggi sebagai barista akan menjadi modal berharga dalam membangun usaha bisnis kopi secara mandiri.






Detail Pemesanan

Manfaatkan Kartu Prakerja untuk Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi - Barista Merdeka by Bencoolen Coffee
Manfaatkan Kartu Prakerja untuk Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi - Barista Merdeka by Bencoolen Coffee
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya