Terbukti: 2 Tips merawat Hard Disk agar Berumur Panjang


Terbukti: 2 Tips merawat Hard Disk agar Berumur Panjang

2 Tips Merawat Hard Disk Yang Terbukti Bikin Hard disk Berumur Panjang

Kita butuh tips merawat harddisk agar hardisk kita bisa berumur panjang. Mengapa ini penting dilakukan? 

Hard disk adalah komponen utama komputer yang fungsinya sangat urgent. Hard disk adalah tempat menyimpan segala bentuk data. 

Baik data file maupun data program. Semua data file tersimpan rapi di hard disk, dan segala data program termasuk instalasi program letaknya juga ada di hard disk.

Apa yang terjadi jika harddisk kamu rusak? Hard disk rusak atau disebut dengan bad sector bakal menyebabkan kamu kehilangan semua data kamu. 

Data file dan juga data program pasti bakal hilang jika hard disk kamu rusak. Bahkan komputer atau laptop kamu tidak akan bisa kamu jalankan. Sebab programnya hilang bersama dengan rusaknya harddisk kamu.

Tips Membuat Hardisk Hidup Lebih Panjang

Tetapi tenang saja, ada cara yang bisa kamu gunakan agar harddisk kamu hidup lebih lama. Walaupun memang kita tidak bisa mengukur, seberapa lama hard disk bisa dikatakan hidup lama. Kita juga tidak bisa mengetahui, kapan hardisk akan rusak. 

Tapi ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui tanda-tanda harddisk kamu mengalami kerusakan. Sama juga dengan tips membuat harddisk kamu hidup lebih lama, berikut caranya:

1. Rajin Menjalankan Perintah CHKDSK Dengan CMD

Perintah CHKDSK adalah perintah untuk melakukan scanning pada hard disk kamu melalui program CMD. 

CHKDSK adalah singkatan dari kata Check Disk. Jadi semacam perintah untuk mengecek disk kamu.

Secara lengkap cara ini bisa kamu lakukan dengan membuka CMD terlebih dahulu. Buka dengan cara tekan tanda windows di keyboard kamu, lalu ketik CMD dan enter. 

Maka CMD akan terbuka, setelah itu ketik kata “chkdsk /r /f (Local disk):” (tanpa tanda petik), maka CMD akan langsung melakukan pengecekan pada hard disk. 

Dan juga melakukan recovery bagian yang error sesuai dengan hard disk yang kamu pilih.

Tanda f pada perintah itu menunjukkan lokal hard disk yang kamu pilih. Kamu bisa menggantinya dengan lokal C, D ataupun E.

Dengan menjalankan perintah CHKDSK kamu bakal meningkatkan kinerja dan memperbaiki eror-eror yang ada pada harddisk kamu. 

Maka ada baiknya kamu rutin menjalankan perintah ini. walaupun memang harus kau pahami, perintah semacam ini hanya memberikan efek sementara. 

Tapi sangat ampuh untuk memperbaiki atau mengurangi resiko bad sector.  Oh ya, proses scanning yang dilakukan CMD tergantung dengan isi harddisk kamu, makin banyak makin lama juga prosesnya.

Lihat juga: Jam Tangan Casio

2. Kurangi Aktivitas Berat Pada Hard Disk

Hard disk itu ibarat manusia. makin sering kamu pakai untuk menjalankan aktivitas berat, makin besar pula peluang kerusakan atau kelelahan. 

Maka ada baiknya jika hard disk tidak terlalu sering kamu paksa untuk menjalankan perintah yang berat.

Beberapa perintah berat buat hard disk itu semisal melakukan render video, terlalu sering digunakan untuk main game, terlalu banyak membuka program dalam satu waktu.

Nah untuk melihat apa saja yang bisa menyebabkan hard disk bekerja berat, kamu bisa lihat di task manager.

Silakan kamu tekan ctrl+Alt+Delete secara bersamaan, maka akan muncul pilihan task manager. Silakan klik dan kamu akan melihat program mana saja yang berat bagi hard disk.

Nah itulah dua tips merawat hard disk yang terbukti ampuh. Kamu juga bisa menunjangnya dengan mengganti PSU atau Power Supply Unit menjadi yang lebih baik.

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for endik eko

Akurat & terpercaya. Suka menulis informasi Kalender, Sejarah dan hal-hal menarik.

Tinggalkan komentar