Kumpulan Ucapan Hari Maritim Nasional 23 September 


Ucapan Selamat Hari Maritim Nasional – Seperti kita ketahui bahwa Indonesia memiliki 16.065 pulau dan perbatasan maritim dengan 10 negara, serta garis pantai sepanjang 54,716 km. 

Atas hal tersebut maka tak heran jika Indonesia telah diakui sebagai negara maritim.

Sebagai negara maritim, Indonesia menjadi salah satu negara yang memperingati Hari Maritim Nasional pada tanggal 23 September setiap tahunnya. 

Baca Juga: Sejarah Hari Maritim Nasional 23 September

Hari Maritim Nasional ditetapkan oleh Soekarno pada tanggal 23 September melalui Kepres Nomor 249 Tahun 1964.

Hari peringatan ini diperingati setiap tahunnya agar masyarakat di seluruh Indonesia sadar tentang potensi besar yang dimiliki Indonesia sebagai sebuah negara maritim.

Kumpulan Ucapan Hari Maritim Nasional 23 September 

7 Pilar Poros Maritim Dunia

Salah satu upaya pemerintah dalam memantapkan status Indonesia sebagai negara maritim yaitu dengan menetapkan 7 Pilar Poros Maritim Dunia.

Ketetapan tersebut dimuat dalam PP Nomor 16 Tahun 2017 tentang Kebijakan Laut Indonesia. Sedangkan 7 Pilar Poros Maritim Dunia tersebut yaitu:

  • Pengelolaan sumber daya kelautan dan pengembangan SDM 
  • Pertahanan, keamanan, penegakan hukum dan keselamatan di laut
  • Tata kelola dan kelembagaan laut
  • Ekonomi dan infrastruktur kelautan dan peningkatan kesejahteraan
  • Pengelolaan ruang laut dan perlindungan lingkungan laut
  • Budaya bahari 
  • Diplomasi maritim 

Setiap tahunnya peringatan Hari Maritim Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 23 September selalu disambut dengan suka cita.

Peringatan ini juga biasanya diisi dengan berbagai rangkaian acara yang salah satunya yaitu aksi sosial. 

Berikut Kumpulan Ucapan Tentang Hari Maritim Nasional 

Sebagai warga negara Indonesia tentu saja kita patut berbangga hati karena negara kita termasuk kedalam negara maritim. Itulah sebabnya mengapa peringatan Hari Maritim Nasional teramat penting. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari penting ini salah satunya yaitu dengan membagikan kata-kata ucapan yang berhubungan dengan hari maritim nasional. 

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Perhubungan Nasional

Berikut ini kumpulan ucapan tentang Hari Maritim Nasional yang bisa menjadi referensi untuk anda: 

Daftar Ucapan Selamat Hari Maritim Nasional

1. Selamat Hari Maritim Nasional. Pertahankan wilayah Maritim. Makmur Nelayan!

2. Selamat Hari Maritim Nasional. Sebagai Negara yang memiliki luas wilayah lautan lebih besar daripada darat sudah sepantasnya kita menjaga kekayaan laut kita demi masa depan bangsa.

3. Laut tidak lain adalah perpustakaan dari semua air mata dalam sejarah. – Lemony Snicket.

4. Selamat Hari Maritim Nasional. Jayalah Terus Maritim Indonesia. Semangat Menjaga maritime, semangat menjaga tanah air.

5. Selamat Hari Maritim Nasional. Jayalah Terus Maritim Indonesia. Semangat Menjaga maritim, semangat menjaga tanah air!

6. Selamat hari Maritim untuk Anda Anda istimewa dan itu benar! Selamat Hari Maritim untuk seseorang yang jauh lebih hebat dari yang mereka pikirkan dengan semua cintaku.

7. Selamat Hari Maritim Indonesia skala Nasional!. Laut adalah simbol kecantikan. Abai terhadap laut sama saja abai terhadap fitrah Indonesia sebagai bangsa Maritim.

8. Laut itu luas menyenangkan, ikannya warna-warni dan bikini di tepinya, tapi aku ini ikan air tawar, ketentramanku tinggal di empang. – Pidi Baiq.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Laut Sedunia 8 Juni

9. Kita sepasang sungai yang akan bermuara di laut. Kita sepasang sepatu yang saling merindukan satu sama lain. – Guntur Alam.

10. Selamat Hari Maritim Indonesia! Semoga kekayaan maritime kita bisa sama-sama kita jaga. Jangan sampai kekayaan maritime kita dikuasai oleh Negara lain.

Quotes Ucapan Selamat Hari Maritim Nasional 23 September

1. Mari kita tingkatkan kesadaran kita memanfaatkan sumber daya alam laut yang ada lewat cara yang sederhana namun memberi makna. Selamat Hari Maritim Nasional.

2. Selamat Hari Maritim Indonesia skala Nasional! Laut adalah simbol kecantikan. Abai terhadap laut sama saja abai terhadap fitrah Indonesia sebagai bangsa Maritim.

3. Laut tidak lain adalah perpustakaan dari semua air mata dalam sejarah. – Lemony Snicket.

4. Sebagai generasi muda, mari kita memanfaatkan seluruh potensi maritim untuk kemakmuran rakyat Indonesia. Selamat Hari Maritim Nasional 2022.

5. Biarkan harmoni dan warna sejarah Nasional bersemangat dalam hidup Anda! Selamat hari Maritim Nasional 23 September.

6. Laut tetap kaya takkan kurang, cuma hati dan budi manusia semakin dangkal dan miskin. – Pramoedya Ananta Toer.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Dermaga Nasional 17 Juni

7. Sebagai negara Maritim, marilah kita gali potensi kelautan yang kita punya dan tunjukkan pada dunia sehingga dapat menjadi contoh bagi negara lain. Selamat Hari Maritim Indonesia.

8. Tanpa cinta, kemerdekaan hanya laut hampa,Langit yang tak punya cakrawala! – Agus Noor.

9. Indonesia sebagai bangsa dengan kekayaan laut dan keindahan panoramanya, menjadi daya tarik bagi seluruh mata di dunia. Selamat Hari Maritim Indonesia!

10. Mari Jadikan Hari Maritim Nasional 2022 ini sebagai momentum bangsa Indonesia untuk merebut kembali kedaulatan laut Nasional.

11. Lautan Indonesia, menyuguhkan keindahan dan memberikan kemakmuran bagi bangsa ini. Selamat Hari Maritim Nasional.

12. Selamat Hari Maritim Nasional 23 Agustus 2022. Semoga kekuatan Maritim Indonesia tetap solid menjaga NKRI.

Kalimat-Kalimat Positif Untuk Hari Maritim Nasional 23 September

1. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan Negara kesatuan yang hampir 60 persen dari luas wilayahnya merupakan lautan. Ditetapkannya tanggal 21 Agustus 1945 sebagai Hari Maritim Nasional bertepatan dengan peristiwa kemenangan Indonesia dalam pertempuran di lautan melawan penjajah. SELAMAT HARI MARITIM! Jayalah Maritimku Jayalah Indonesiaku!

2. Selamat Hari Maritim Nasional. Sebagai Negara yang memiliki luas wilayah lautan lebih besar daripada darat sudah sepantasnya kita menjaga kekayaan laut kita demi masa depan bangsa.

3. Sejarah telah mencatat, tepat empat hari setelah kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tepatnya tanggal 21 Agustus 1945 untuk pertama kalinya diperingati sebagai Hari Maritim Nasional. Hari ini, kita memperingatinya. Selamat Hari Maritim Nasional, Indonesiaku!

4. Tidak mungkin kita menjadi Poros Maritim Dunia, kalau kita tidak mempunyai pelabuhan- pelabuhan yang menjadi tempat bersandar kapal-kapal besar yang mengangkut produk-produk kita. – Joko Widodo

5. Tanggal 21 Agustus ditetapkan sebagai hari Maritim Nasional untuk memperingati armada laut Indonesia yang berhasil mengambil alih kekuasaan militer laut Jepang pada tanggal 21 Agustus 1945 yang lalu. Selamat Hari Maritim Nasional!

6. Selamat Hari Maritim Nasional 21 Agustus 2022. Semoga kekuatan Maritim Indonesia tetap solid menjaga NKRI.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Car Free Day 22 September

7. Selamat Hari Maritim Nasional. Sebagai Negara yang memiliki luas wilayah lautan lebih besar sudah sepantasnya kita menjaga kekayaan laut demi masa depan bangsa menuju Poros Maritim Dunia.

8. Kita sepasang sungai yang akan bermuara di laut. Kita sepasang sepatu yang saling merindukan satu sama lain. – Guntur Alam

9. Sesungguhnya manusia adalah arus yang tercemar. Seseorang harus menjadi seperti laut, untuk menerima arus tercemar tanpa menjadi kotor. – Friedrich Nietzsche

10. Seseorang memberikan gaun puisi. “Pakailah,”katanya.”Kau tak kan jenuh lagi.” Tetiba cuaca mesra, matari biru, aku menapak di atas laut. – Helvy Tiana Rosa

Terdapat 2 versi Hari Maritim di Indonesia yakni Hari Maritim 21 Agustus dan Hari Maritim 23 September.

Perbedaanya, pada tanggal 21 Agustus diperingati ketika armada indonesia berhasil merebut kekuasaan laut dari jepang pada tahun 1945.

Kemudian, peringatan Hari Maritim tanggal 23 September adalah Keppres Nomor 249 Tahun 1964 oleh Soekarno untuk menyadarkan masyarakat akan potensi besar yang dimiliki Indonesia sebagai negara maritim. 

Tentang Ucapan Selamat Hari Maritim Nasional 23 September

Itulah kumpulan kata-kata ucapan tentang Hari Maritim Nasional yang bisa menjadi referensi untuk anda. 

Baca Juga: Kalender Bulan September 2023 Lengkap

Kata-kata ucapan di atas sangat cocok untuk dijadikan sebagai caption di media sosial, hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa bangga menjadi warga negara Indonesia yang merupakan negara maritim dengan kekayaan alam yang sangat luar biasa. 

Mudah-mudahan informasi ucapan selamat hari maritim diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Maritim Nasional

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Maritim Nasional
Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni