Kata-Kata Yang Sopan Dipakai di Undangan Online

Undangan online dan undangan konvensional tidak jauh berbeda dilihat dari isi undangan. Namun, rangkaian kata cara menyampaikan isi atau maksud undangan sedikit berbeda. 

Hal itu disebabkan oleh media yang juga berbeda. Undangan konvensional menggunakan barang fisik, sementara undangan online berbentuk digital alias tidak memiliki bentuk fisiknya.

Alasan Harus Memilah dan Memilih Kata Dalam Undangan

Rangkaian kata merupakan salah satu hal yang krusial dalam sebuah undangan. Melalui rangkaian kata, orang bisa menilai karakter seseorang. 

Baca Juga: Daftar Kata-Kata Undangan Untuk WhatsApp

Tak jarang, orang menilai bahwa undangan online kurang sopan karena beberapa kata yang terkesan menyepelekan tamu undangan.

Contoh rangkaian kata yang terlihat kurang sopan adalah dari pembuka, “Kepada Yth. Bapak/Ibu…” tanpa menyebutkan nama penerima. Kalimat tersebut seakan si pengundang memberi pesan broadcast ke kontaknya. 

Meskipun pada akhir undangan nama penerima disebut secara pribadi, tetap kurang etis. Oleh sebab itu, lebih baik memberi pembuka sekaligus menyebut nama penerima di awal.

Kata-kata merupakan salah satu hal krusial di undangan online. Oleh sebab itu, kamu harus memilah dan memilih rangkaian kata di undangan online untuk menunjukkan bahwa kamu bersungguh-sungguh dalam mengundang tanpa mengurangi rasa hormat dan kesopanan.

Kata-Kata Yang Sopan Dipakai di Undangan Online

Kata-kata yang Sering Dipakai di Undangan Online

Berikut ini kata-kata yang sering dipakai di undangan online sebagai referensi untuk memberi undangan dengan kesan yang sopan.

Baca Juga: Undangan Online Tidak Menghargai Tamu Undangan? Simak 5 Kelebihannya Berikut Ini

Sebelum menulis rangkaian undangan online, ada beberapa poin penting yang harus kamu catat. Poin penting ini merupakan hal yang harus ada dalam undangan. Hal ini untuk mencegah kesalahan kata-kata yang sering dipakai di undangan online.

1. Nama penerima

Nama penerima ini wajib kamu cantumkan di awal sebelum salam pembuka. Hal tersebut untuk memberi kesan bahwa kamu mengundang orang tersebut secara personal. Dengan begitu, orang tersebut merasa bahwa undanganmu juga serius dan tidak sekadar broadcast

Apabila undangan grup chat, kamu bisa menuliskan nama penerima dengan nama grup tersebut. Misalnya grup “ARMY Mojokerto”, kamu bisa mention dengan nama “Keluarga Besar ARMY Mojokerto”. 

Namun, hal ini pun sering dirasa tidak sopan oleh sebagian orang. Untuk menyiasati hal itu, kamu bisa mengirim ke ketua grup untuk menyampaikan undanganmu.

2. Salam pembuka

Salam pembuka cukup dengan ucapan salam. Baik secara islami maupun umum. 

3. Maksud dan tujuan

Penyampaian maksud dan tujuan hal yang tak kalah penting nya karena orang akan mengetahui undangan apa yang kamu berikan.

4. Tanggal pernikahan

Yup! Isi yang tak boleh salah sama sekali adalah tanggal pernikahan karena jika salah satu digit saja, orang akan datang di waktu yang tidak tepat.

5. Lokasi

Sama halnya dengan lokasi, awas salah memeberi arahan jalan, ya! Pada saat hari pernikahan, kamu akan disibukkan dengan segala kegiatannya. 

Oleh sebab itu, kamu tidak akan punya waktu untuk shareloc tempat pernikahan satu persatu. Solusinya adalah jangan sampai salah memberi titik lokasi agar tamu undangan datang di tempat yang sesuai.

6. Salam penutup

Sama dengan salam pembuka, cukup dengan memberi salam dan mention nama kamu dan pasangan.

Contoh Kata-kata yang Sering Dipakai di Undangan Online

Kepada: Bapak Jimin 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak mengurangi rasa hormat kami kepada Bapak, melalui pesan ini kami ingin mengundang Bapak pada acara pernikahan yang digelar pada:

Hari dan Tanggal : Jum’at, 19 Agustus 2022

Pukul : 09.00 WIB

Lokasi : Hotel Royal Trawas, Jl. Ahmad Dahlan No. 31, Mojokerto, Jawa Timur

Akan menjadi suatu kebahagiaan bagi kami apabila Bapak berkenan hadir turut mewarnai hari bahagia kami.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hormat kami, Jung Hoseok dan Jung Alda

Itulah kata-kata yang sering dipakai di undangan online. Usahakan kamu memiliki template kata-kata untuk Bapak, Ibu, teman, dan lain sebagainya. Template akan memudahkan untuk mengirim pesan tanpa harus mengetik ulang.

Baca Juga: Detail Harga Jasa Pembuatan Undangan Digital

Selanjutnya, setelah kamu memberi pesan undangan online, kamu hanya tinggal melampirkan undangan digital, baik berupa gambar, video, maupun tautan kepada penerima. Kata-kata yang ada di dalam undangan digital juga harus kamu pertimbangkan. 

Biasanya, penyedia jasa pembuatan undangan digital seperti enkosa sudah memiliki banyak template yang bisa kamu pilih berdasarkan tema maupun rangkaian kata. Bahkan, rangkaian kata bisa custom, lo!

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

   
   
Landscape Indonesia Kalender Hijriyah 2023 Arti Mimpi Kata Bijak Itachi Uchiha Kalender Jawa 2023 Kalender 2023 Quotes Video Stories Meme Stories Hari Ini