Pengertian, Cara Kerja dan Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

Pengertian, Cara Kerja dan Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

Banyak sekali jenis produk asuransi mobil yang akhir-akhir ini ditawarkan oleh perusahaan asuransi kepada kalangan masyarakat demi meminimalisir terjadinya resiko kerusakan dan kerugian kendaraan.

Baik itu asuransi mobil mikro syariah maupun asuransi mobil konvensional yang memiliki keunggulannya masing-masing.

Bagi Anda yang mungkin tertarik untuk menggunakan asuransi mobil berbasis syariah namun masih ingin tahu lebih dalam mengenai jenis asuransi yang satu ini, maka bisa menyimak informasi penting di artikel berikut.

Sebelum mengetahuinya, Anda juga bisa mendapatkan daftar pilihan asuransi syariah mobil dalam artikel berikut.

Pengertian asuransi mobil syariah

Secara umum, asuransi mobil syariah merupakan suatu produk asuransi yang mana hadir dengan memberikan uang pertanggungan biaya atas risiko kerusakan dan kerugian kendaraan yang dijalankan berdasarkan syariah atau hukum agama Islam.

Dalam asuransi syariah ini, semua anggota menyumbangkan uang ke dalam sistem sehingga satu sama lain akan bertanggung jawab dan bekerja sama untuk menjamin pertanggungan biaya atas risiko.

Oleh karena itulah, asuransi syariah ini hadir sebagai pilihan alternatif asuransi yang mana tidak mengandung unsur-unsur yang bertentangan tersebut, baik dari cara pengelolaan dana dan juga sistemnya.

Lihat Juga: Asuransi Sinar Mas dan Asuransi ABDA, Pilih Yang Mana?

Adapun pada asuransi mobil syariah ini juga turut memberikan proteksi finansial jika sewaktu-waktu mobil mengalami kerusakan. Baik itu kerusakan minimal seperti baret atau gores maupun kerusakan parah seperti turun mesin, penyok parah karena terjadi kecelakaan maupun risiko kehilangan kendaraan sesuai dengan polis asuransi yang berlaku.

Untuk kendaraan yang mengalami kerusakan atau kerugian, nantinya akan ditanggung biayanya dengan dana yang mana sudah dikelola dengan syariat. Nantinya, pihak nasabah akan memperoleh proteksi finansial atas kerusakan kendaraan tanpa melanggar syariat agama.

Tidak hanya itu saja, syarat asuransi mobil syariah yakni mobil yang ditanggungkan wajib terbebas dari kegiatan atau komoditi haram, tidak digunakan untuk melakukan transaksi yang mengandung pornografi, maksiat, riba, suap dan lain sebagainya.

Bagaimana cara kerja asuransi mobil syariah?

Mengenai cara kerja asuransi mobil syariah ini yakni setiap anggota asuransi/nasabah nantinya akan menyetujui kontrak takaful untuk menentukan sifat risiko, durasi pertanggungan dan juga polis yang mana hampir sama dengan jenis asuransi mobil secara konvensional.

Adapun untuk kontribusi setiap nasabah nantinya akan didasarkan pada jenis pertanggungan yang dibutuhkan dan faktor pribadi mereka.

Sementara itu, untuk dana yang sudah terkumpul (Tabarru) nantinya akan dikelola oleh perusahaan asuransi syariah atas nama nasabah.

Setiap ada klaim asuransi, maka biaya klaim akan ditanggung bersama oleh setiap anggota. Hal itu juga jika terjadi surplus/pendapatan lebih besar daripada pengeluaran, maka keuntungan atau sisa dana bisa dibagikan ke seluruh anggota.

Tips membeli produk asuransi mobil syariah di pasaran

Dari sekian banyaknya daftar pilihan asuransi syariah mobil yang ditawarkan di pasaran, bagi Anda yang ingin membeli produk asuransi ini maka perlu memperhatikan beberapa tips dan trik berikut ini:

Tentukan jenis perlindungan yang dibutuhkan

Tips pertama, Anda harus tahu mengenai jenis perlindungan yang memang Anda butuhkan untuk kendaraan Anda.

Lihat Juga: Service Mobil dan Estimasi Biayanya

Dalam hal ini, pihak perusahaan asuransi syariah biasanya akan menawarkan produk asuransi mobil jenis All Risk dan TLO (Total Loss Only) yang mana memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini, pastikan Anda mengetahui kedua jenis asuransi mobil tersebut sebelum membelinya.

Lihat perhitungan premi asuransi mobil syariah

Umumnya, ada tiga faktor yang mempengaruhi besaran premi yang harus dibayarkan oleh nasabah antara lain seperti jenis perlindungan, tipe & usia kendaraan serta kategori wilayah lokasi kendaraan beroperasi sesuai ketetapan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di sini, Anda penting untuk mengetahui berapa perhitungan premi asuransi mobil syariah tersebut agar tidak membebankan keuangan Anda nantinya.

Pastikan memilih perusahaan asuransi syariah yang terpercaya

Tips yang tidak kalah penting yakni Anda harus pastikan memilih perusahaan asuransi syariah yang memang sudah terpercaya. Mengenai hal ini, Anda bisa melihat dari sisi bagaimana reputasi dan kredibilitas yang dimiliki perusahaan asuransi serta melihat bagaimana ulasan dari banyaknya nasabah yang sudah menggunakan asuransi tersebut.

Demikianlah pembahasan menarik mengenai asuransi mobil syariah dan tips mudah dalam membeli produk asuransi mobil syariah di pasaran paling tepat.

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

   
   
Sejarah Hari Pos Hari Binatang Sedunia Hari Guru Sedunia 5 Oktober Landscape Indonesia Kalender Hijriyah 2023 Arti Mimpi Kata Bijak Itachi Uchiha Kalender Jawa 2023 Kalender 2023 Quotes