Candi Ijo Yogyakarta, Candi Tertinggi?

Candi Ijo Yogyakarta – Candi Ijo, begitu para pengunjung menyebutnya, mungkin anda yang belum menjelajahi wisata Yogyakarta hanya tahu candi Prambanan dan candi Borobudur saja.

Candi Ijo Yogyakarta, Candi Tertinggi?

Candi Ijo sudah sepatutnya kita kenal karena lokasinya yang begitu menarik. Sebenarnya, candi-candi di Daerah Istimewa Yogyakarta sangatlah banyak dan satu persatu mulai muncul menambah perbendaharaan candi di Yogyakarta.

Lihat Juga: Desa Wisata Agrobahari Imorenggo, Kulon Progo Diresmikan

Ini karena Yogyakarta adalah salah satu pusat peradaban pada masa lampau.

Candi Ijo Yogyakarta, Candi Tertinggi

Candi ijo memang candi tertinggi di Yogyakarta. Bukan karena tinggi bangunan candinya, namun karena candi tersebut dibangun pada dataran yang berketinggian 410 meter diatas permukaan laut.

Candi ijo dibangun pada abad ke 9 masehi. Selain menikmati bangunan candi, anda juga dapat menikmati panorama alam yang indah. Kompleks candi iji terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak.

Lihat Juga: Pesona Waduk Sermo di Kulon Progo

Ragam seni khas candi hindu terukir di candi ini. Memang, candi ini adalah salah satu candi hindu. Bentuknya pun lebih mirip candi Prambanan dibanding candi Borobudur.

Jika anda mengunjungi candi ini, anda dapat melihat pesawat takeoff dan landing dari atas. Pesawat tersebut berada di bandara Adisucipto. Karena candi itulah landasan bandara Adisucipto tidak dapat diperpanjang ketimur.

Letak Candi Ijo

Candi Ijo terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamakan sesuai dengan lokasinya yang berada di lereng bukit padas bernama Gunung Ijo.

Candi Ijo berada sekitar 5 km dari kompleks ratu boko dan sekitar 8 km dari kompleks candi Prambanan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi candi ijo ini.

Lihat Juga: Tempat Wisata di Jogja : Gurun Pasir

Anda dapat mengunjungi candi ijo bersama keluarga. Mengunjunginya pada sore hari sambil menanti sunset memang menjadi memori istimewa.

Anda belum pernah mengunjungi Candi Ijo? Wah, yuk luangkan waktu kesana, Candi Ijo Yogyakarta menanti anda.

Baca Juga: Menelisik Sejarah Keraton Yogyakarta

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

   
   
Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina