Misteri Sejarah Kerajaan Majapahit


Kerajaan Majapahit sebagai salah satu kerajaan besar di Indonesia pada zaman yang telah lampau.

Kerajaan mencapai puncak kejayaannya pada abad XIV, yaitu pada masa pemerintahan raja Hayam Wuruk. pada masa itu, kekuasaan dan kebesaran kerajaan Majapahit Sangat luas.

Baca Juga: Sejuta Pesona Bukit Bintang Jogja

Kerajaan ini memiliki pengaruh di seluruh nusantara, bahkan terhadap Negara-negara tetangganya di Asia Tenggara.

Banyak yang mengatakan kerajaan Majapahit adalah sebuah kerajaan Hindu-Budha, tapi ada yang mengatakan kerajaan Majapahit adalah sebuah kerajaan islam, dari sni mulai muncul misteri kerajaan Majapahit.

Ada sebuah bukti yaitu ditemukannya sebuah koin emas yang diduga berasal dari zaman kerajaan Majapahit yang bertuliskan dua buah kalimat syahadat yang artinya tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.

Baca Juga: Candi Ijo Yogyakarta, Candi Tertinggi?

Didalam Al Quran sendiri juga ada sebuah penjelasan tentang Majapahit, ini dia ayatnya “…dan kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit…”(QS. 34:16). Di Indonesia ada buah yang rasanya pahit, yaitu buah maja. bauh Maja itu pahit rasanya.

Misteri Sejarah Kerajaan Majapahit

Baca Juga: Kalender Jawa Oktober 2023 Lengkap Hari Baik

Pada lambang Majapahit yang berupa delapan sinar matahari terdapat beberapa tulisan Arab, yaitu shifat, asma, ma’rifat, Adam, Muhammad, Allah, tauhid dan dzat.

Kata-kata yang beraksara Arab ini terdapat di antara sinar-sinar matahari yang ada pada lambang Majapahit ini. Untuk lebih mendekatkan pemahaman mengenai lambang Majapahit ini, maka dapat dilihat pada logo Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, atau dapat pula dilihat pada logo yang digunakan Muhammadiyah.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Majapahit sesungguhnya adalah Kerajaan Islam atau Kesultanan Islam karena menggunakan logo resmi yang memakai simbol-simbol Islam.

Baca Juga: Panorama Yogyakarta di Atas Bukit Bintang

Jadi, kerajaan Majapahit ini merupakan kerajaan Islam, Hindu, atau Budha kah? bagaimana dengan anda?

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar