Ucapan Selamat Hari Kartini 21 April


Ucapan Selamat Hari Kartini 21 April

Daftar Ucapan Terbaik Peringatan Hari Kartini 21 April

Dalam artikel ini kami akan memberikan daftar ucapan selamat hari kartini yang selalu diperingati setiap tanggal 21 April setiap tahunnya.

Sebelumnya mari kita tengok sejarah singkat Hari Kartini 21 April dan latar belakangnya, mari simak ulasannya dibawah ini:

Hari Kartini – Sebuah peringatan dilatarbelakangi dari sebuah kejadian yang membanggakan dan juga mengharukan.

Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Kartini 21 April

Hari tersebut merupakan hari peringatan yang secara istimewa diperuntukkan untuk seorang pahlawan muda bangsa bernama Raden Ajeng Kartini.

Dalam sejarahnya, Raden Ajeng Kartini memiliki jasa yang amat besar bagi Indonesia.

Mengenal Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang kerap disebut R.A Kartini merupakan sosok pejuang Wanita pemberani yang secara mati-matian membela serta berusaha meninggikan derajat Wanita.

21 April menjadi tanggal istimewa bagi kaum Wanita bangsa, karena di tanggal ini R.A Kartini lahir.

R.A Kartini memberikan dampak positif bagi kaum Wanita pada zaman penjajahan, Wanita dilarang mendapatkan Pendidikan. Pendidikan hanya diperuntukkan bagi kaum laki-laki saja.

Zaman penjajahan masyarakat Indonesia berasumsi bahwa Wanita hanya bertugas untuk memasak, melahirkan, menjaga anak, serta mengurus rumah.

Namun hal ini justru ditentang oleh R.A Kartini yang saat itu ia berkesempatan untuk mendapatkan Pendidikan di sebuah lembaga Pendidikan buatan Belanda.

Memang saat zaman itu, hanya kaum bangsawan saja yang berhak mendapatkan Pendidikan.

Saat menempuh Pendidikan di sebuah lembaga bernama ELS, Ibu Kartini sangat pandai dan menyukai mata pelajaran Bahasa Belanda.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Zeni 15 April Terbaru

Namun sayangnya Ibu Kartini tidak dapat menempuh Pendidikan yang lama karena sang ayah akan meminangkan Ibu Kartini dengan seorang pria.

Meskipun R.A Kartini tidak menempuh Pendidikan dalam jangka waktu lama, beliau tetap memiliki kecerdasan yang luar biasa untuk merealisasikan keinginannya untuk memajukan dan mencerdaskan derajat Wanita.

Dengan semangat dan tekad yang kuat, R.A Kartini berhasil membuat Wanita bangsa berpendidikan.

Berkat perjuangan keras Ibu Kartini, kini kedudukan dan derajat Wanita dalam segi kecerdasan, kemampuan, kemauan untuk berkarya mampu mengimbangi derajat laki-laki bahkan hampir menandinginya.

Perjuangan yang dilakukan ibu Kartini sangat layak untuk diberikan apresiasi, tak semua Wanita memiliki keberanian serta tekad yang kuat seperti ibu Kartini.

Maka dari itu hadiah terakhir yang bangsa Indonesia berikan ialah selalu mengenang jasa beliau melalui peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan setiap tanggal 21 April.

Tak hanya peringatan setiap 21 April, namun terdapat sebuah nyanyian yang isinya memuji sifat mulia Ibu Kartini.

Daftar Ucapan Selamat Hari Kartini 21 April

Kita dapat memperingatinya dengan cara berkirim ucapan selamat Hari Kartini di hari tanggal 21 April.

Nah bagi kamu yang sedang mencari kata-kata Mutiara untuk Hari Kartini bisa cek di bawah ini:

1. “Mati satu tumbuh seribu. Kartini memang sudah tiada, namun semangat juangnya tidak boleh padam begitu saja. Maju terus para Kartini muda. Selamat Hari Kartini.

2. “Kami kaum putri punya jalan terang gapai mimpi hingga sederajat laki-laki berkat perjuangan Ibu Kartini. Niatnya yang baik membela kaum putri membuat namanya wangi menebar harum sejati.”

3. “Pekerjaan paling mulia di dunia adalah pekerjaan ibu rumah tangga. Kerjanya multidisiplin ilmu, jam kerjanya tidak menentu, semuanya dilakukan tulus tanpa menggerutu, tidak digaji pun tetap setuju. Maka itulah Tuhan meletakkan surga di telapak kaki ibu. Selamat Hari Kartini.”

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Hari TNI AU 9 April

4. “Selamat Hari Kartini. Untuk setiap wanita, teruslah bahagia dan menginspirasi setiap wanita.”

5. “Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tak ada alasan baginya untuk mencari seseorang yang lebih baik darimu.” – R.A Kartini

6. “Selamat Hari Kartini untuk para wanita Indonesia. Semoga para Kartini senantiasa berprestasi selalu dan penuh semangat.”

7. “Selamat Hari Kartini untukmu dan semoga kamu menjadi wanita yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. Buatlah Tanah Airmu bangga. Tetaplah kuat melawan segala diskriminasi yang ada.”

8. “Terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.” – R.A Kartini

9. “Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia. Bermimpilah setinggi langit dan jagalah selalu semangat Kartini di hatimu.”

10. “Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.” – R.A Kartini

Quotes Ucapan Selamat Hari Kartini 21 April

11. “Selamat Hari Kartini untuk wanita perkasa yang saat ini sedang bekerja, memperjuangkan hidup demi anak-anak tercinta. Bagimu surga, semoga kamu bahagia dunia dan akhirat.”

12. “Selamat Hari Kartini, 21 April, untuk kita semua. Momen spesial di mana kelahiran sosok wanita hebat yang menginspirasi dan menjadi simbol emansipasi wanita di Indonesia.”

13. “Terima kasih kepada seluruh wanita hebat yang telah berjuang membangun negara ini, yang telah berjuang menafkahi keluarga, memiliki tangan besi dan semangat yang tiada habisnya. Bagi kalian, doaku teriring selalu.”

14. “Kartini, adalah sosok yang bijak menata kehidupan, menjalani masa dengan cita dan impian supaya wanita Indonesia tak sekadar penghias, tidak sekadar pemandangan, namun juga menjadi pejuang perubahan bangsa.”

15. “Jangan biarkan kegelapan kembali datang, jangan biarkan kaum wanita kembali diperlakukan semena-mena.” – R.A Kartini

Baca Juga: Daftar Ucapan Hari Hemofilia Sedunia 17 April

16. “Teruslah kamu bermimpi, teruslah untuk bermimpi, bermimpilah selama kamu bisa bermimpi! Jika tanpa mimpi, apakah jadinya hidupmu! Kehidupan yang sebenarnya sangatlah kejam. Selamat Hari Kartini.”

17. “Terima kasih kepada sosok wanita hebat yang telah menemani hari-hariku selama ini, baik Ibu, Kakak, Adik, dan Istri tercinta. Kalian adalah sosok wanita terhebat yang pernah aku temui dan pastinya aku berharap aku bisa membuat kalian bahagia selamanya.”

18. “Selamat Hari Kartini untuk para perempuan di hidupku. Terima kasih karena selalu menunjukkan kasih sayang dan perhatian yang luar biasa.”

19. “Terima kasih kepada seluruh perempuan-perempuan hebat yang telah berjasa dalam hidupku. Tanpa kalian Mungkin aku tidak akan ada apa-apanya sekarang ini. Selamat Hari Kartini untuk kalian semua.”

20. “Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti dua orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti.” – R.A Kartini

Kata-Kata Mutiara Selamat Hari Kartini 21 April

21. “Hari Kartini adalah momen terbaik untuk bisa membuktikan bahwa setiap wanita memiliki potensi masing-masing jadi jangan takluk dengan rasa menyerah dan putus asa yang akan menghancurkanmu sendiri.”

22. “Kekuatan sejati seorang perempuan bukanlah terletak pada seberapa kuat dia untuk bekerja atau menghasilkan uang, tetapi seberapa mampu dia mengatur waktu antara karir dan keluarganya.”

23. “Selamat Hari Kartini. Jangan pernah menyakiti hati wanita Karena dari rahim seorang wanita lah kamu dilahirkan. Terima kasih kepada wanita terhebat, Ibuku, yang selalu memberi support dan doa-doanya selama ini.”

24. “Ibu kita Kartini telah berjuang memberikan pemikiran positifnya, membangun, dan menciptakan pemikiran terbuka bagi seluruh wanita di Indonesia untuk dapat mewujudkan cita-citanya tanpa adanya diskriminasi gender.”

25. “Selamat Hari Kartini. sosok ini adalah simbol suara bukan, hanya kaum intelektual dalam aksara. Mereka yang teguh pada diri sendiri dan kodratnya adalah Kartini yang utuh dan selaras dengan kontekstualnya.”

26. “Nama RA Kartini akan tetap dikenang sampai kapan pun. Jadi, harumkanlah namamu dengan prestasi yang gemilang. Selamat Hari Kartini.”

27. “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu, tapi satu-satunya hal yang benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. Selamat Hari Kartini, teruslah berjuang.”

28. “Tidak akan pernah menjadi hidup indah tanpa adanya kamu di hidupku. Terima kasih telah menjadi Kartini di hidupku. Selamat Hari Kartini.”

29. “Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kartini.”

30. “Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam. Selamat Hari Kartini bagi semua wanita Indonesia.”

Baca Juga: Quotes Ucapan Selamat Hari Nelayan Indonesia 6 April

Bahasa Inggris: Ucapan Selamat Hari Kartini

1. There is never beautiful life without you. Happy kartini day.

Tidak ada hidup yang indah tanpa dirimu. Selamat hari kartini.

2. Thank you God for giving her to me. Happy kartini day.

Terima kasih Tuhan karena memberikannya untukku. Selamat hari kartini.

3. And come on to struggle in the starting. Happy kartini day!

Dan perjuangan telah dimulai. Selamat hari kartini.

4. Do not surrender if you want to try. And do not do that regret is coming because you are near that one step to be a winner.

Jangan menyerah jika kamu ingin mencoba. Dan jangan menyesal karena kamu dekat dengan yang namanya kemenangan.

5. Not caring the hard you are to try, you can not deny what you feel in your heart. If you are precious in the eyes of somebody, that is no reason to find someone that is better than you.

Tidak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tidak dapat menolak apa yang kamu rasakan di hatimu. Jika kamu berharga di mata seseorang, maka tidak ada alasan untuk mencari seseorang yang lebih baik darimu.

6. That is so knowledgeable in our heart and we are less the revenge feeling in our heart, and more caring and love we have. That is called happiness.

Banyak sekali pengetahuan di hati kita dan kita kekurangan perasaan dendam di hati kita, dan lebih peduli dan cinta dengan apa yang kita miliki. Inilah yang disebut dengan kebahagiaan.

7. Happy kartini day for all of the women in Indonesia, to be fire that never quits, always bright from your brightness.

Selamat hari kartini untuk semua wanita di indonesia, menjadi api yang tak pernah padam, selalu bersinar dengan terang.

8. The thoughts from kartini from the quiet room that they celebrate in the crowded stage.

Pemikiran dari kartini dari ruang yang tenang dan merayakannya di tempat yang ramai.

9. One is dead and a thousand growing. Kartini may be dead, but her spirit can not die so fast. And the young kartini spirit is on!

Satu mati dan ribuan lagi tumbuh. Kartini mungkin sudah tiada namun semangatnya tidak mati dengan cepatnya. Dan kartini mudah selalu bersemangat!

10. Kartini has a critique to western that it has a meaning to following western style.

Kartini mengkritik barat dan mereka mengikuti gaya barat.

Baca Juga: 9 Tradisi Jawa Tengah Yang Unik!

11. Many things that can make you fall down, but the only one that makes you fall down is yourself.

Banyak hal yang membuatmu menyerah, tetapi hanya satu yang dapat membuatmu benar-benar terjatuh dan itu adalah dirimu sendiri.

12. Thank you for helping us until now. Because if Indonesia does not have a woman just like you, I think that I would never be a person just now. Happy kartini day!

Terima kasih karena kamu membantu kami sampai sekarang. Karena jika indonesia tidak memiliki wanita sepertimu, aku pikir bahwa aku takkan bisa menjadi manusia seperti sekarang. Selamat hari kartini!

13. Never complain about the bad things in your life. God never gives it to you. You are the person that made her come.

Jangan mengeluh tentang hal yang buruk di hidupmu. Tuhan tidak akan pernah memberikan itu kepadamu. Kamu adalah seseorang yang berarti.

14. Make your life colorful and make your story like R.A Kartini. Happy kartini day!

Buat harimu lebih berwarna dan buatlah cerita seperti R.A Kartini. Selamat hari kartini!

15. The dream that never to be real if you are only silent and confident with discrimination. Happy kartini day!

Mimpi tidak akan pernah menjadi nyata jika kamu hanya diam dan juga nyaman dengan diskriminasi. Selamat hari kartini!

16. Thank you for loving me. And I hope that you will be a kartini more than in the past, and always to be kartini in my heart.

Selamat telah membuatku mencintaimu. Dan aku berharap bahwa kamu akan menjadi kartini lebih dari masa lalu, dan selalu menjadi kartini di hatiku.

17. My life will never be as beautiful as it is now without you. Thank you for being a kartini in my life. Happy kartini day!

Hidupku tidak pernah menjadi cantik seperti sekarang tanpa kamu. Terima kasih menjadi kartini di hidupku. Selamat hari kartini!

Hari Kartini
Hari Kartini
Hari Kartini Selalu diperingati setiap tanggal 21 April setiap tahunnya – Kartini merupakan gadis yang dilahirkan dari pasangan kelas atas, mengingat ayahnya adalah bangsawan sekaligus bupati dari Jep
Oleh Endik Eko

18. Happy kartini day for mother, sister and my beloved. And I hope that the soul of kartini will always be in your life.

Selamat hari kartini untuk ibu, kakak dan kekasihku. Dan aku berharap jiwa kartini selalu di hidupmu.

19. Happy kartini day to all of the women in indonesia. And reach your dream as high as the sky because the spirit of young kartini is always better and always in the heart of Indonesian women.

Selamat hari kartini untuk semua wanita di indonesia. Dan menggapai mimpimu setinggi langit karena semangat kartini muda selalu lebih baik dan selalu di hati setiap perempuan indonesia.

20. No one can make us happy without making a smile on another person’s face, and especially for the person that we loved.

Tidak ada yang membuat kita bahagia tanpa membuat senyuman orang lain dan spesial untuk seseorang yang kita cintai.

Baca Juga: 5 Tradisi Adat Istiadat Tegal Yang Masih Dilestarikan

21. To be beautiful is not enough for the Indonesian woman, to be a woman that has good behavior and obedience to Allah SWT. Happy kartini day!

Menjadi cantik tidak cukup untuk wanita indonesia, menjadi wanita harus memiliki perilaku yang baik dan beriman kepada Allah SWT. Selamat hari kartini!

22. To continue the kartini struggle is the obligation to all of the women in indonesia. Happy kartini day!

Untuk melanjutkan perjuangan kartini adalah kewajiban untuk semua wanita di indonesia. Selamat hari kartini!

23. Always dreaming and reaching the big dream is in your hand. The kartini dream of wanting to be prosperous isher dream. No one can make it real, if not us. Happy kartini day!

Selalu bermimpi dan gapai mimpi besar di tanganmu. Mimpi kartini adalah kesejahteraan. Tidak ada yang membuat itu akan menjadi nyata, jika bukan kita. Selamat hari kartini.

24. R.A Kartini said that the difficulty that you should be feeling in the first place before coming to you is real happiness.

R.A Kartini sulit di masa awal perjuangannya tetapi akhirnya menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya.

25. Congratulations kartini day to students in Indonesia, reach your dream and always do positive things. Always have a spirit to pursue your ambition.

Selamat hari kartini untuk siswa di indonesia, gapai mimpimu dan selalu lakukan hal yang positif. Selalu miliki semangat untuk mengejar ambisimu.

25. Having a struggle in the first is usual. If the bright result tomorrow comes, Like kartini said in her letter ” habis gelap terbitlah terang.”

Perjuangan di awal itu sudah biasa. Jika hasil yang bersinar akan datang besok. Seperti kartini di suratnya “ habis gelap terbitlah terang. “

26. The woman’s emancipation should be sacrificed. Happy kartini day!

Emansipasi wanita harus dengan pengorbanan. Selamat hari kartini!

27. If you are doing something . Not postpone. Doing now. Happy kartini day!

Jika kamu melakukan sesuatu. Jangan ditunda. Lakukan sekarang. Selamat hari kartini!

28. Happy kartini day for you. I hope you will be a better woman for indonesia.

Selamat hari kartini untukmu aku berharap kamu akan menjadi wanita yang lebih baik untuk indonesia.

29. Happy kartini day for Indonesian students. Hope you always have the ambition to reach your dream.

Selamat hari kartini siswa-siswi indonesia. Semoga kamu dapat meraih mimpimu dengan ambisimu.

30. Thanks for being a woman that helped us. If there is no woman like you. May be our dream can not be true.

Terima kasih karena telah membantu kami. Jika tidak ada dirimu maka impian kami tidak akan menjadi kenyataan.

Baca Juga: Informasi Lengkap Kalender Bali Mei 2023

31. Make your life colorful and perfect and also have a meaning. Happy kartini day.

Buat hidupmu lebih berwarna dan sempurna juga memiliki makna. Selamat hari kartini.

32. Dreams come true when you come into our life. Happy kartini day.

Mimpi menjadi nyata setelah kau ada. Selamat hari kartini.

33. Thank you for making me more meaningful. And i hope kartini day will give you more spirit to reach your dream.

Terima kasih telah membuat hidupku lebih berarti dan aku berharap hari kartini memberikan semangat untukmu untuk meraih cita-cita.

Cuitan Warga Indonesia Untuk Hari Kartini Dari Twitter

  • “Kartini berjuang melalui tulisan, berharap tak lekang oleh zaman, bagai mentari di pagi hari menyinari Bumi tanpa letih. Selamat Hari Kartini #Kartiniday #Kartini,” tulis akun @unguuuw.
  • “‘Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.’ – RA Kartini. Selamat Hari Kartini, untuk semua wanita Indonesia. Tetaplah menjadi sosok yang tak pernah padam dan selalu bersinar,” cuit @_bernacleboy.
  • “Mengucapkan Selamat Hari Kartini sah-sah saja, tetapi kalau masih menyakiti wanita ya sama saja bohong. Wanita Indonesia layak untuk dihargai, dihormati, dicintai, disayangi, dan seterusnya sepenuh hati. Paling tidak ingat ibumu, ia salah satu wanita hebat dalam hidupmu,” komentar @yanbudi18.
  • “Selamat Hari Kartini. Buat kamu wanita hebat, buat kamu wanita kuat, buat kamu wanita tangguh. Kamu hebat sudah bisa bertahan sampai di titik ini. Kamu kuat sudah mau berjuang sejauh ini, dan kamu tangguh meskipun banyak rintangan yang menghalangi,” tambah @oeliaaaaaa.
  • “Selamat Hari Kartini. Adakah yang lebih hina, daripada bergantung kepada orang lain? Wanita Indonesia harus bangga dan menjaga apa yang dimilikinya, bukankah hal sekecil itu dapat meningkatkan ‘derajat’ wanita Indonesia?
  • Habis gelap terbitlah terang #kartiniday #selamatharikartini,” tulis @Rurur_ID.

Harapan Untuk Kita Semua di Hari Kartini 21 April

Dengan ucapan selamat Hari Kartini diatas, kita dapat mengingat betapa kerasnya perjuangan yang dilakukan Ibu Kartini.

Ibu Kita Kartini namanya akan selalu harum mewangi. Dengan mengingatnya, maka kita akan semakin giat dalam menempuh Pendidikan.

Baca Juga: 60 Ucapan Selamat Hari Peringatan Bandung Lautan Api 24 Maret

Wanita berhak mendapatkan perlakuan yang sama seperti Pria. Wanita juga berhak mendapatkan Pendidikan yang layak, berkeahlian cerdas dan berkarir sesuai dengan keinginan.

Mudah-mudahan informasi daftar ucapan selamat Hari Kartini 21 April diatas dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Kartini
Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia