Service Mobil dan Estimasi Biayanya

Service Mobil dan Estimasi Biayanya

Service Mobil dan Estimasi Biayanya

Pemilik mobil lawas ataupun mobil baru harus rutin melakukan servis setiap kurun waktu tertentu. Tujuannya tentu saja adalah memastikan mobil selalu dalam keadaan bagus dan prima.

Mobil jika di service dengan baik pasti kondisinya bagus dan nyaman saat dikendarai, kecelakaan karena faktor mobil pun bisa diminimalisir. Lain halnya jika Anda malas service mobil, sudah pasti akan ada banyak kerugian mengintai seperti aki soak, turun mesin, oli bocor, rem blong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dampak yang paling parah adalah Anda mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan tubuh luka-luka sampai meninggal dunia. Tentu Anda tidak ingin seperti itu bukan? Maka dari rutinlah melakukan service mobil mulai saat ini. 

Macam-Macam Service Mobil

Perlu untuk Anda ketahui, melakukan servis mobil tidak hanya dilakukan saat mobil mengalami masalah saja. Tetapi harus dilakukan secara rutin setelah menempuh jarak tertentu, Anda perlu melakukan pengecekan di bengkel resmi.

Service mobil apa saja? Berikut ini beberapa macam service mobil yang harus Anda ketahui: 

Service 1000 km

Service ini dilakukan setelah Anda membeli mobil baru. Setelah digunakan dalam jarak tempuh 1000 km, maka mobil harus sudah diservis komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Lihat Juga: Pengertian, Cara Kerja dan Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

Dalam 1000 km pertama, biasanya yang dicek adalah bagian bodi mobil, sistem transmisi, sistem pengereman, sistem pendingin mesin, dan power steering. Jika ada masalah, tentu saja pihak bengkel langsung melakukan perbaikan. 

Service 5000 km

Setelah service 1000 km, service selanjutnya dilakukan saat mobil sudah menempuh jarak sekitar 5000 km. Tentu saja semakin banyak komponen yang harus dicek dan biasa bagian-bagian yang cukup penting, misalnya yaitu kampas rem, oli, air karburator, sistem-sistem pengereman, dan sistem power steering.

Khusus untuk kampas rem, biasanya pihak bengkel akan mengganti dengan yang baru jika memang sudah tidak layak digunakan lagi. Sementara itu, jika masih bagus dan layak digunakan, maka tidak perlu diganti dengan yang baru.

Service 10000 km

Saat mobil telah menempuh jarak 10 ribu kilometer, maka mobil harus sudah di service lagi. Biasanya jarak 10000 km itu sekitar 6 bulan pemakaian rutin, kalau jarang dipakai sekitar 7-8 bulan.

Beberapa hal penting yang perlu diperiksa adalah bagian ban, roda, dan bagian pengereman akan diperiksa kembali. Selain itu, bagian-bagian seperti oli mesin, oli transmisi, kampas rem, dan ban yang mengalami kebotakan akan langsung diganti. 

Service 15000 km

Setelah menempuh jarak 10000 km, 5000 km kemudian mobil harus diservice lagi untuk keempat kalinya. Biasanya pihak bengkel akan mengecek bagian oli mesin karena bagian ini wajib diganti setiap jarak 5000 km.

Selain oli, bagian bawah mobil seperti baut dan fluida juga dicek. Selain itu, bengkel memastikan bagian kolong mobil tidak dalam kondisi mobil.

Yang tidak kalah penting, pada service 15000 km ini adalah suspensinya. Pasalnya, suspensi mobil pasti mengalami penurunan performa setelah menempuh jarak yang jauh. 

Service 20000 km

Pada jarak tempuh 20 ribu kilometer, empu mobil wajib memeriksa mobilnya secara menyeluruh. Jadi tidak hanya bagian-bagian tertentu saja.

Pada tahap ini, tidak hanya dilakukan pembersihan saja tetapi juga penggantian jika memang ada komponen yang rusak. 

Oli mesin sudah pasti harus diganti karena sudah melewati jarak 5000 km setelah kilometer ke 15000.

Lihat Juga: Asuransi Sinar Mas dan Asuransi ABDA, Pilih Yang Mana?

Selain itu, pihak bengkel juga melakukan pembersihan AC dan mengganti filternya, pengecekan ban balancing dan spooring, penggantian busi, serta kalibrasi idle, dan juga pengecekan throttle body plus dibersihkan jika sudah kotor.

Berapa Biaya Service Mobil?

Berapakah biaya service mobil itu? Jawabannya bervariasi karena sangat bergantung kepada beberapa hal yaitu merek mobil, jenis mobil, dan jenis servicenya. 

Service mobil Honda tentu saja tidak sama tarifnya dengan service mobil SUV, mobil sedan, ataupun yang lainnya. Namun, Anda bisa mengira-ngira estimasi service berdasarkan jarak tempuhnya. 

Untuk servis jarak 10.000 km dengan tidak terlalu banyak penggantian komponen, maka estimasi biayanya sekitar Rp400.000 hingga Rp600.000. Semakin jauh jarak tempuhnya, maka semakin mahal harga servisnya.

Demikian pembahasan mengenai service mobil dan estimasi biayanya. Pastikan Anda hanya service di bengkel resmi untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal.

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

   
   
Sejarah Hari Pos Hari Binatang Sedunia Hari Guru Sedunia 5 Oktober Landscape Indonesia Kalender Hijriyah 2023 Arti Mimpi Kata Bijak Itachi Uchiha Kalender Jawa 2023 Kalender 2023 Quotes