Sejarah Singkat Bank Mandiri Taspen


Sejarah Singkat Bank Mandiri Taspen

Ini Dia Sejarah Singkat PT Bank Mandiri Taspen Yang Mestinya Perlu Kamu Ketahui

Sejarah Bank Mandiri Taspen yang kami sampaikan dalam halaman ini merupakan artikel yang bersumber dari berbagai referensi.

Jika anda sedang mencari informasi sejarah dari Bank Mandiri Taspen, semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi anda.

PT Bank Mandiri Taspen atau kerap disingkat menjadi Bank Mantap merupakan salah satu lembaga keuangan jenis perbankan yang ada di Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Bank Mandiri (Persero) Tbk

Bank tersebut memiliki kantor pusat di Jakarta. Nah, bagaimana sebenarnya awal mula adanya bank Mantap ini? Kita akan ulas di sini.

Sejarah PT Bank Mandiri Taspen

Pada mulanya bank Mandiri Taspen tersebut bernama PT Sinar Harapan Bali atau lebih dikenal dengan Bank Sinar.

Bank tersebut berdiri pada 23 Februari 1970 dengan mengawali kiprahnya sebagai Maskapai Andil Indonesia (MAI) Bank Pasar Sinar Harapan Bali.

Melalui akta No. 4 tanggal 3 November 1992 oleh notaris Ida Bagus Alit Sudiatmika, S.H di Denpasar status bank berubah menjadi perseroan terbatas.

Lihat Juga: Download Logo BANK MANDIRI CDR dan PNG

Akta tersebut juga telah disetujui oleh Menteri Kehakiman RI melalui surat keputusan Menteri Kehakiman RI No. C2-4581-HT.01.01.Th93 pada 12 Juni 1993.

Selanjutnya, bank Sinar mendapatkan surat izin usaha sebagai bank umum melalui surat keputusan Menteri Keuangan RI No.77/KMK.017/1994 tanggal 10 Maret 1994 dan surat bank Indonesia No.27/63/UPBD/PBD2 tanggal 11 Mei 1994 .

Selain itu, MAI Bank Pasar Sinar Harapan Bali juga dialihkan ke PT Bank Sinar Harapan Bali karena akta pendiriannya telah disetujui oleh pihak yang berwenang.

Akuisisi Bank Mandiri atas Bank Sinar Harapan Bali

Berdasarkan surat Gubernur Bank Indonesia No. 10/45/GBI/DPIP/-Rahasia tanggal 31 Maret 2008, rencana akuisisi PT Bank Sinar Harapan Bali oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk disetujui oleh Gubernur Bank Indonesia.

Dalam hal ini, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjadi pemegang saham pengendali bank.

Lihat Juga: Sejarah Bank BCA Sebagai Bank Terbesar di Indonesia

Pada tanggal 3 Mei 2008, terjadilah penandatanganan akta akuisisi di saksikan oleh notaris I Wayan Sugitha, S.H di Denpasar. Lalu, pada 22 Desember 2014 dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar biasa atau RUPSLB.

Melalui rapat tersebut dihasilkan sebuah keputusan yang tercantum pada akta No. 39 tanggal 22 Desember 2014 oleh notaris I Gusti Ngurah Putra Wijaya, S.H.

Keputusan tersebut yakni:

  1. Persetujuan penambahan modal dasar.
  2. Modal ditempatkan.
  3. Modal disetor perseroan.

PT Bank Sinar Harapan Bali resmi berganti nama menjadi PT bank Mandiri Taspen Pos pada tanggal 7 Agustus 2015.

Pada 1 November 2016, TASPEN mengakuisisi saham pos Indonesia di bank Mantap sebesar 20%. Sehingga pada 28 Januari 2018, PT Bank Mandiri Taspen Pos berganti nama dan logo menjadi PT Bank Taspen.

Lihat Juga: Sejarah Bank Danamon Indonesia Tbk

Nah itulah perkembangan PT Bank Mandiri Taspen. Perlu diketahui pula, pada tahun 2019 bank Taspen ini memindahkan kantor pusatnya ke Jakarta.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Bank Mandiri Taspen diatas dapat menjadi referensi serta menambah pengetahuan. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar