6 Kewajiban Suami Terhadap Istri

6 Kewajiban Suami Terhadap Istri

6 Kewajiban Suami Terhadap Istri yang Perlu Diperhatikan

Dalam rumah tangga bukan hanya seorang istri yang memiliki peran penting bagi pasangannya.

Pada kenyataannya ada beberapa kewajiban suami terhadap istri yang juga perlu diperhatikan.

Kebanyakan orang di masyarakat menilai dan menuntut setiap istri untuk selalu patuh dan menaati setiap perintah suami.

Bahkan terkadang tidak diimbangi dengan hak-hak seorang istri yang semestinya juga dipenuhi.

Padahal, kewajiban suami atas seorang istri tidak hanya tentang memberikan nafkah, seperti tempat tinggal, makanan, atau pakaian.

Lihat Juga: 6 Mitos Hadiah Bikin Langgeng Pernikahan

Sedangkan masih ada berbagai hal yang perlu diperhatikan oleh seorang suami agar rumah tangga menjadi harmonis dan dikaruniai kebahagiaan.

Kewajiban Suami Terhadap Istri yang Perlu Anda Ketahui

Untuk mewujudkan rumah tangga yang bahagia, dilimpahi rezeki, dan juga harmonis, suami istri harus sama-sama berusaha untuk memenuhi hak dan kewajibannya masing-masing.

Meskipun selama ini yang banyak ditekankan hanyalah kewajiban istri kepada suami, tapi bukan berarti seorang suami tidak mempunyai kewajiban lain selain mencukupi kebutuhan primer.

Berikut beberapa kewajiban suami yang perlu diperhatikan agar kehidupan rumah tangga bisa menjadi sakinah, mawadah, serta warohmah.

1. Berinteraksi dengan Baik

Kewajiban suami terhadap istri dan anak salah satunya yakni berinteraksi dengan baik. Seorang suami hendaknya bergaul dengan istrinya secara baik. Sebab suami merupakan pelindung untuk istri dan anak-anaknya.

Karenanya tidak layak bila suami menjauhi ataupun menjaga jarak dengan istrinya karena merasa telah mempunyai kedudukan yang tinggi dalam rumah tangga.

2. Menunjukkan Kasih Sayang Tanpa Ragu

Suami bukan hanya mempunyai kewajiban untuk memberikan nafkah saja, tapi dia juga harus memberikan kasih sayang kepada istrinya, bahkan perlu menunjukkannya tanpa ragu-ragu.

Ini merupakan salah satu hal yang akan menjadikan rumah tangga terasa tentram dan harmonis.

Meskipun sedang dilanda masalah ataupun merasa marah, suami yang bertanggung jawab harus tetap bisa berperilaku dan berkata dengan baik serta mampu menunjukkan kasih sayangnya kepada istri.

Hal tersebut juga termasuk kewajiban suami dalam Islam yang harus diingat agar kehidupan keluarga tidak terasa “gersang”.

Pada umumnya seorang wanita memiliki hati dan naluri yang lembut. Mereka juga ingin selalu dicintai, dihargai, dan dikasihi dengan tulus.

Karenanya bila beberapa hal tersebut tidak dia dapatkan dari seorang suami, maka dia akan menganggap dirinya sendiri telah gagal untuk menjadi istri yang sempurna.

Oleh sebab itu seorang suami seharusnya tidak merampas kebaikan istri sehingga dia bisa terus menyayangi kehidupan rumah tangga, pasangan, dan anak-anaknya.

3. Memaafkan Istrinya saat Salah

Memaafkan kesalahan merupakan bentuk dari kewajiban suami terhadap istri. Memaafkan seseorang yang bersalah merupakan suatu anjuran dalam agama Islam. Begitupun ketika seorang istri melakukan kesalahan dalam kesehariannya.

Lihat Juga: 5 Tanda Ikatan Pernikahan yang Kuat Bagi Suami Istri

Oleh sebab itu sebaiknya seorang suami berusaha untuk berbicara dari hati ke hati dengan istrinya untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Jangan sampai emosi membabat habis kesabaran dalam hati hingga akhirnya melukai perasaan istri. Ingatlah bila sebuah kesalahan dan permasalahan tidak akan mudah selesai bila ditanggapi dengan emosi.

4. Memberi Janji yang Baik-baik

Memberikan janji yang baik, terutama untuk membiasakan melakukan hal-hal yang baik akan menjadikan suami istri semakin dekat.

Langkah ini juga bisa menjadikan keduanya saling menyayangi. Sehingga dampak baiknya pun akan terasa dalam hubungan serta keharmonisan rumah tangga.

Jika telah berjanji, seorang suami sudah sepatutnya menepati tanpa mengeluh. Sehingga suasana dalam rumah tangga senantiasa diselimuti oleh ketenangan dan kenyamanan.

Seperti yang sudah banyak diketahui, mengingkari janji bisa menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan dari orang lain. Karena itulah seorang suami perlu berusaha dengan keras agar tidak kehilangan kepercayaan dari istrinya.

5. Menjaga Harta Istrinya

Ada banyak perempuan yang bertanya, “Apa saja kewajiban suami?” Ini memang perkara yang perlu diketahui agar kehidupan pernikahan terasa adil. Salah satu kewajiban yang perlu ditunaikan oleh seorang suami yaitu menjaga harta istrinya.

Baca Juga: 3 Cara Memberikan Talak Kepada Istri Menurut Islam

Seperti harta mahar dari suami saat menikah dulu, atau justru uang yang istri dapatkan dari hasil bekerja.

Keduanya merupakan hak milik seorang istri yang harus dijaga oleh para suami dan tidak boleh diklaim sebagai miliknya.

Ada pun bila seorang suami ingin menggunakannya untuk kepentingan pribadi atau kebutuhan keluarga, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu kepada istri hingga mendapatkan izinnya dengan ikhlas.

Namun tetap berusahalah untuk menggantinya di lain waktu bila itikad yang digunakan adalah utang atau meminjam.

6. Tidak Pelit Pada Istri

Tidak bersikap pelit juga merupakan kewajiban suami terhadap istri. Seorang suami memang wajib mencukupi serta memenuhi kebutuhan finansial istri.

Begitupun sebaliknya, walaupun seorang istri tidak wajib memberikan nafkah harta kepada suami, tapi keduanya harus sama-sama saling berbagi dan tidak pelit.

Ketahuilah bila sikap pelit hanya akan merusak keharmonisan rumah tangga. Karenanya suami istri harus kompak untuk saling mendukung dan membantu ketika hidup terasa sulit.

Lihat Juga: Menghitung Weton Jodoh Berdasarkan Kalender Jawa

Suami juga seharusnya tidak menghabiskan uang yang didapatkannya untuk kepentingan pribadi saja, sebab di dalam keluarga sudah ada anak dan istri yang menunggu untuk diberikan haknya.

Itulah 6 kewajiban suami terhadap istri yang perlu diperhatikan dalam rumah tangga.

Semoga suami Anda sudah memenuhi semua kewajiban tersebut sehingga rumah tangga bisa terjaga, tetap bahagia, dan selalu harmonis.

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Suka membaca dan menulis buku. Salah satu buku karyaku berjudul "Ada Hati Yang Terluka". Cek instagramku @keza236_queen atau disini

   
   
Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja