Sejarah Hari Kerjasama Selatan-Selatan 19 Desember

Sejarah Hari Kerjasama Selatan-Selatan 19 Desember

Sejarah 19 Desember, Hari Kerjasama Selatan-Selatan

Tahukah anda? Banyak sekali peristiwa-peristiwa penting di bulan Desember yang sudah pasti perlu anda ketahui.

Salah satunya yaitu pada tanggal 19 Desember yang diperingati sebagai Hari Kerjasama Selatan-Selatan.

Bagaimana sebenarnya sejarah 19 Desember, Hari Kerjasama Selatan-Selatan? Simak berikut ulasannya!

Berikut Sejarah Hari Kerjasama Selatan-Selatan 19 Desember Yang Sebaiknya Diketahui!

Kerjasama Selatan-Selatan sebenarnya bukanlah isu baru untuk Indonesia. Sejak adanya Konferensi Asia Afrika (KAA), Indonesia telah memberikan banyak sekali bantuan untuk negara-negara selatan.

Kerjasama tersebut merupakan salah satu manifestasi dari rasa solidaritas diantara negara-negara berkembang.

Kerjasama Selatan-Selatan merupakan istilah historis yang dipergunakan oleh para pembuat kebijakan serta akademisi untuk menggambarkan pertukaran sumber daya, pengetahuan dan teknologi antara negara-negara berkembang yang dikenal sebagai negara Selatan Global.

Terlepas dari hal tersebut, pada tahun 1978 Perserikatan Bangsa-Bangsa akhirnya membentuk Unit untuk Kerjasama Selatan-Selatan untuk mempromosikan perdagangan Selatan-Selatan serta kolaborasi dalam instansi tersebut.

Hanya saja, gagasan Kerjasama Selatan-Selatan ini baru dimulai untuk spektrum Geografis saja.

Kerjasama tersebut sejauh ini diselenggarakan di dua KTT. Pertemuan pertama diadakan di Kota Abuja, Nigeria pada tahun 2006.

Pada pertemuan pertama tersebut KTT dihadiri oleh 53 delegasi dari Afrika serta 12 dari Amerika Selatan.

Sedangkan KTT kedua sekaligus KTT terakhir diselenggarakan di Pulau Margarita di Venezuela pada bulan September 2009 yang dihadiri oleh 49 kepala negara dari Afrika serta 12 kepala negara dari Amerika Selatan.

Kerjasama Selatan-Selatan telah sukses mengurangi ketergantungan pada program bantuan negara maju serta negara dalam menciptakan pergeseran keseimbangan kekuatan Internasional.


Melalui kerjasama Selatan-Selatan ini pemimpin Amerika Selatan serta Afrika berharap dapat membawa tatanan dunia baru dan melawan dominasi Barat dalam hal sosial, politis dan ekonomi.

Presiden Hugo Chavez melihat pembentukan sebuah kerjasama tersebut sebagai awal dari keselamatan banyak orang.

Peran Indonesia Dalam Kerjasama Selatan-Selatan

Seperti telah disebutkan diatas bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang berkontribusi secara khusus dalam Kerjasama Selatan-Selatan ini sejak tahun 1981.

Kerjasama Selatan-Selatan merupakan suatu bentuk kerjasama yang dikembangkan untuk membantu negara berkembang dalam mencapai target pembangunan mereka.

Untuk semakin meningkatkan komitmennya, Indonesia telah mencantumkan Kerjasama Selatan-Selatan menjadi salah satu prioritas dalam RPJMN yang membentuk Tim Koordinasi KSST Indonesia serta menyusun rencana Induk dan cetak Biru KSST.

Di tahun 2012, keseriusan Indonesia dalam Kerjasama Selatan-Selatan ditujukan dengan serangkaian pertemuan yang diselenggarakan oleh Kementerian serta lembaga terkait dengan negara-negara mitra pembangunan.

Nah itulah sekilas tentang sejarah 19 Desember, Hari Kerjasama Selatan-Selatan. Sayangnya tidak ada sumber lain yang menjelaskan lebih detail tentang sejarah dari peringatan hari tersebut.

Namun berkat adanya Kerjasama Selatan-Selatan segala permasalahan yang dihadapi cukup mudah sekali diatas.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Kerjasama Selatan-Selatan di atas dapat menjadi referensi untuk kita semua.


Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari kerjasama selatan-selatan
  • sejarah hari kerjasama selatan-selatan
  • peringatan hari kerjasama selatan-selatan
  • quotes ucapan selamat hari kerjasama selatan-selatan
  • peran indonesia dalam kerjasama selatan-selatan
  • yang dimaksud kerjasama selatan selatan
  • negara anggota kerjasama selatan-selatan
  • malaysia dan kerjasama selatan selatan

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja