4 Dampak Negatif Nikah Siri Bagi Perempuan dan Anak

Dampak Negatif Nikah Siri Bagi Perempuan

Sebelum Nikah Siri, Ketahui Dulu Dampak Negatifnya

Sebagian di antara kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah menikah siri atau nikah di bawah tangan, fenomena nikah siri seringkali dipilih lantaran prosesnya yang lebih mudah dan cepat. 

Meski hukumnya sah-sah saja di mata agama, sayangnya menikah siri juga membawa banyak konsekuensi yang berdampak bagi sebagian pihak terutama perempuan. 

Fenomena nikah siri pun banyak terjadi di kalangan menengah ke bawah yang mana pengetahuannya masih awam mengenai pernikahan tersebut. 

Tidak hanya pada kalangan bawah saja, menikah siri juga seringkali dimanfaatkan oleh berbagai oknum seperti pejabat atau pegawai negeri sipil agar bisa berpoligami dengan mudah. 

Meski menikah siri hukumnya sah di mata agama, sayangnya pernikahan tersebut tidak diakui oleh negara, sehingga tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat. 

Itulah mengapa sebelum memutuskan menikah siri, alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu dampak negatif dari pernikahan siri. 

Dampat Negatif Nikah Siri Bagi Perempuan dan Anak

1. Pernikahan Siri Dianggap Tidak Ada Oleh Negara

Permasalahan utama dari nikah siri adalah tidak adanya akta menikah. Hal ini dikarenakan pernikahan tersebut tidak tercatat secara resmi di KUA. 

Sedangkan akta menikah sangatlah penting sebab dokumen tersebut adalah bukti bahwa telah terjadinya pernikahan, apabila tidak ada akta menikah maka istri dan anak dari pernikahan tersebut tidak memiliki legalitas di mata negara.


Dengan kata lain, pernikahan siri memanglah sah di mata agama, namun tidak memiliki kekuatan hukum sebab tidak tercatat oleh negara. 

2. Status Anak Dianggap Seperti Anak di Luar Nikah

Dampak merugikan selanjutnya adalah tentang status anak yang dilahirkan dari pernikahan tersebut, anak yang lahir dari perkawinan siri dianggap seperti anak di luar kawin. 

Oleh karenanya sang anak hanya memiliki hukum perdata dengan sang ibu beserta keluarga dari pihak ibunya, dengan kata lain dalam akta kelahiran pun hanya akan tercantum nama sang ibu.

Itulah mengapa menikah siri tidak dianjurkan guna menyelamatkan hak-hak anak yang dilahirkan kemudian.

3. Suami Tidak Diharuskan Memberi Nafkah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa menikah siri tidak memiliki kekuatan hukum di mata negara, maka hal ini pun berdampak terhadap konsekuensi ke depannya. 

Sebab secara hukum hal ini berarti suami tidak memiliki kewajiban untuk memberikan nafkah terhadap istri maupun anak yang menikahinya secara siri. 

Hal ini tentu sangat merugikan bagi pihak perempuan, sebab jika pada suatu hari sang suami tiba-tiba pergi dan menelantarkan istri beserta anaknya, maka sang istri akan kesulitan menggungat. 

Dikarenakan pernikahannya dianggap tidak sah oleh negara sehingga tidak ada kekuatan hukum yang melindunginya.

4. Psikologis Anak Terganggu

Status anak yang dianggap seperti hasil di luar pernikahan tentu akan berpengaruh pada psikologis sang anak ke depannya.

Sebab dengan bertambahnya usia tentu sang anak akan berpikir mengenai nama ayahnya yang tidak tercantum dalam akta kelahiran, akibatnya ia akan berpikir apakah kehadirannya tidak diharapkan oleh orang tuanya. 

Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada psikologis anak serta tumbuh kembangnya. 

Itulah mengapa penting untuk memikirkan kembali sebelum memutuskan untuk menjalani pernikahan siri, sebab bukan hanya pihak perempuan saja yang banyak dirugikan, melainkan sang anak yang tidak tahu apa-apa juga akan terkena dampaknya.

Semoga setelah mengetahui dampak negatif dari pernikahan siri yang sudah disebutkan di atas, bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu agar benar-benar siap menjalaninya.

Mudah-mudahan informasi Dampak Negatif Nikah Siri diatas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • dampak nikah siri terhadapat anak
  • akibat nikah siri terhadap harta perkawinan
  • dampak buruk nikah siri
  • dampak nikah siri dalam islam
  • dampak nikah siri menurut hukum
  • dampak positif dan negatif nikah siri
Via Sapta
Via Sapta Hard work never fail you. Find me on IG @violaent_

Review Enkosa.Com