8 Prosesi Pernikahan Adat Batak dan Penjelasannya

Prosesi Pernikahan Adat Batak dan Penjelasannya

Sekilas Mengenal Prosesi Pernikahan Adat Batak

Pernikahan adat Batak menjadi salah satu pernikahan dengan prosesi yang cukup panjang. Dalam artian, ada banyak ritual yang perlu dilakukan di dalamnya. 

Nah pada pembahasan kali ini kita akan mengulik lebih dalam mengenai prosesi pernikahan adat Batak tersebut. Berikut berbagai prosesnya adalah:

Prosesi Pernikahan Adat Batak

Di bawah ini adalah berbagai prosesi dalam pernikahan Adat Batak yang syarat dengan filosofi dan makna.

1. Prosesi Mangaririt

Pada prosesi Mangaririt inilah seorang gadis akan dipilih untuk dijadikan istri sang pria. Gadis yang dipilih tentu yang sesuai dengan kriteria sang calon mempelai pria dan juga keluarganya. 

Bagi seseorang calon mempelai pria yang kerap merantau, biasanya prosesi ini akan dijalankan. Hal itu dikarenakan calon mempelai pria tidak memiliki waktu untuk mencari calon mempelai wanitanya sendiri. 

2. Prosesi Mangalehon Tanda

Mangalehon tanda atau memberi tanda merupakan prosesi yang akan dilakukan jika si pria telah menemukan seorang wanita yang cocok dijadikan calon istrinya. Nantinya keduanya akan saling memberi tanda satu sama lain. 


Si pria biasanya memberikan tanda dengan cara memberikan uang kepada wanitanya. Lalu si wanita akan menyerahkan kain sarung kepada sang pria. Pada tahap ini keduanya sudah terikat satu sama lain.

3. Prosesi Marhusip

Marhusip atau kerap dimaknai dengan berbisik merupakan pembicaraan yang sifatnya rahasia. 

Biasanya yang berunding pada tahap ini ialah utusan dari calon mempelai pria dengan wakil dari calon mempelai wanita. 

Pada tahap ini biasanya mereka berdiskusi mengenai mas kawin yang memang tidak boleh diketahui oleh khalayak umum agar tidak terjadi kegagalan pada acara. 

4. Prosesi Martumpol

Acara atau prosesi pernikahan Batak martumpol ini dapat dikatakan sebagai acara pertunangan. 

Akan tetapi, bagi masyarakat Batak sendiri acara ini secara harfiah dimaknai sebagai pengikatan janji untuk melangsungkan pernikahan di hadapan pengurus jemaat gereja.

Acara ini akan diikuti oleh kedua mempelai, keluarga keduanya, dan tamu undangan. 

Umumnya acara ini diadakan di dalam gereja karena biasanya ritual ini dilakukan oleh masyarakat Batak Toba yang mayoritas beragama Kristen. 

5. Prosesi Marhata Sinamot

Pada prosesi ini akan terjadi pembicaran mengenai sinamot dari pria, hewan yang akan disembelih, jumlah undangan, jumlah ulos dan dimana tempat upacara perkawinan akan dilaksanakan. 

Bisa dikatakan acara ini merupakan acara perkenalan resmi antar dua keluarga. 

6. Prosesi Martonggo Raja

Pada prosesi ini, semua anggota keluarga akan dikumpulkan. Karena bagi masyarakat Batak, pernikahan merupakan urusan semua anggota keluarga. 

7. Prosesi Manjalo Pasu-Pasu Parbagason

Nantinya kedua mempelai bersama keluarganya akan pergi ke gereja untuk melaksanakan pamasumasuon (doa pemberkatan pernikahan). 

Hal itu dilakukan sebagai tanda maupun ikrar kepada Tuhan bahwasanya keduanya sudah siap menjadi satu. 
Doa pemberkatan tersebut akan dilakukan oleh pendeta di hadapan majlis gereja, keluarga kedua mempelai dan tamu undangan. 

Setelah doa pemberkatan selesai maka pernikahan tersebut sudah sah secara agama. 

8. Pesta Adat

Setelah selesai prosesi pernikahan dengan adat Batak yakni doa pemberkatan maka akan dilanjutkan ke tahap akhir yakni pesta adat. 

Pesta adat merupakan pesta pernikahan yang dilakukan secara adat Batak. Untuk rangkaian prosesinya memang cukup panjang. 

Pada penghujung acara pesta adat, kedua orang tua mempelai akan saling memberi nasehat bagi pasangan pengantin. 

Selain itu tentu ucapan selamat akan didapat untuk keduanya. Setelah selesai, nantinya mempelai akan memberikan ucapan rasa syukur terhadap Tuhan, orang tua, keluarga dan kepada tamu undangan yang sudah datang. 

Demikian sedikit ulasan mengenai prosesi pernikahan adat Batak yang dapat kita ulas. 

Bagaimana, tertarik untuk menikah dengan adat Batak? 

Cukup sekian informasi mengenai Prosesi Pernikahan Adat Batak, mudah-mudahan informasi diatas dapat menambah wawasan dan menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • nikah adat batak  muslim
  • nikah adat batak karo
  • pernikahan adat batak sederhana
  • biaya pernikahan adat batak
  • baju nikah adat batak
  • prosesi pernikahan adat batak
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com