Sejarah Hari Lanjut Usia Internasional 1 Oktober

Sejarah Hari Lanjut Usia Internasional 1 Oktober

Tak Banyak Diketahui, Inilah Sejarah 1 Oktober, Hari Lanjut Usia Sedunia

Tahukah Anda? Selain diperingati sebagai Hari Vegetarian Sedunia, pada tanggal 1 Oktober Dunia juga memperingati Hari Lanjut Usia Internasional

Ya, Hari Lanjut Usia Internasional ini memang telah diperingati oleh beberapa negara di dunia termasuk salah satunya Indonesia. 

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah 1 Oktober, Hari Lanjut Usia Internasional? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut Ini Sejarah Hari Lanjut Usia Internasional 1 Oktober Yang Sebaiknya Diketahui! 

Hari Lanjut Usia Internasional International Day Of Older Person ditetapkan oleh Perserikatan Bangsap-Bangsa (PBB) pada sidang umum yang ditetapkan berdasarkan resolusi Nomor 45/106 tanggal 14 Desember 1990. 

Penetapan hari tersebut merupakan kelanjutan dari Vienna International Plan Of Action on Aging yang diputuskan di Wina pada tahun 1982. 

Penetapan Hari Lanjut Usia Internasional ini tentu saja bukan tanpa alasan. Terdapat alasan pemicu mengapa hari peringatan tersebut dibentuk. 

Alasan tersebut yaitu angka harapan hidup manusia di berbagai belahan negara di dunia terus mengalami peningkatan dari 46 tahun pada tahun 1950 menjadi 68 tahun pada tahun 2010. 

Laporan menyebutkan bahwa pada tahun 2010 menyebut saat ini terdapat lebih 703 juta penduduk berusia 65 tahun ke atas di dunia. 


Dengan begitu maka penting sekali untuk setiap negara memiliki peraturan, undang-undang serta fasilitas yang memadai bagi para lansia. 

Asia menjadi salah satu benua dengan populasi lansia terbanyak yaitu sekitar 261 juta jiwa. Sedangkan Eropa dan Amerika memiliki lebih dari 200 juta lansia. 

Melihat hal tersebut maka PBB memprediksikan jumlah lansia akan meningkat lebih dari dua kali lipat selama 30 tahun kedepan. 

Pada tanggal 14 Desember 1990, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Lanjut Usia Internasional. 

Penetapan tersebut didahului oleh sebuah inisiatif seperti Rencana Internasional Wina tentang Penuaan. 

Semenjak perayaan pertama tersebut maka setiap tanggal 1 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Internasional. 

Setiap tahunnya, Hari Lanjut Usia Internasional ini selalu dirayakan dengan berbagai tema menarik. 

Misalnya seperti tahun 2020 yang menjadi perayaan ke 30 akan lebih fokus pada peran perawat yang telah berkontribusi untuk kesehatan lansia di masa pandemi COVID-19. 

Hari Lanjut Usia Internasional di Indonesia 

Sementara di Indonesia, selain diperingati setiap tanggal 1 Oktober, Hari Lanjut Usia juga diperingati setiap tanggal 29 Mei. 

Peringatan tersebut menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama kalangan muda akan kesehatan para lansia di sekitarnya. 

Penetapan Hari Lansia Nasional ini diresmikan oleh Presiden Soeharto sebagai tindak lanjut dari sidang umum PBB yang menetapkan Hari Lanjut Usia Internasional pada tanggal 1 Oktober. 

Presiden Soeharto menetapkan hari peringatan tersebut didasarkan untuk menghormati jasa Dr. KRT Radjiman Wedyodiningrat yang menjadi sosok kalangan tua yang memimpin sidang pertama BPUPKI. 

Radjiman memimpin sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945 ketika usianya memasuki 66 tahun yang sekaligus menjadi anggota BPUPKI paling sepuh. 


Peristiwa tersebut tentu saja dianggap penting karena dalam sidang tersebut lahirlah ideologi Indonesia berupa Pancasila. 

Itulah sekilas tentang sejarah 1 Oktober, Hari Lanjut Usia Internasional. 

Di masa pandemi COVID-19 saat ini lansia memang menjadi kelompok yang harus benar-benar diperhatikan selain anak-anak. 

Umumnya lansia mengalami penurunan kesehatan serta kemampuan fisik yang menjadi pemicu mudahnya terserang virus corona. 

Jadi, jagalah orang tersayang Anda apalagi jika orang tersebut masuk pada golongan lanjut usia. 

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Lanjut Usia Sedunia 1 Oktober diatas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Lanjut Usia Internasional!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari lanjur usia dan sejarahnya
  • tema hari lanjut usia sedunia 2021
  • cara memperingati hari lanjur usia
  • selamat hari lanjut usia
  • logo sejarah hari lanjut usia 2021
  • hari lanjut usia internasional
  • caption hari lanjut usia
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com