4 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

4 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri agar rumah tangganya harmonis dan awet. Tentu setiap pasangan mengharapkan kisah cinta yang langgeng hingga tua. 

Tapi tahukah kamu, bahwa semakin lama pernikahan semakin rentan pula perasaan cinta akan memudar dengan sendirinya. Perlu diingat bahwa pernikahan yang berlangsung lama bukan berarti tidak dilandasi oleh cinta lagi. Ya, jelas itu persepsi yang salah.

Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa pasangan mungkin akan merasa jenuh dan bosan dengan pernikahannya. Hal ini wajar mengingat sejak bangun tidur hingga tidur lagi wajah pasangan kita akan menghiasi pandangan untuk jangka waktu yang panjang. 

Jadi tidak heran jika di awal pernikahan semua akan terasa romantis dan indah, namun seiring berjalannya waktu berubah menjadi hal yang biasa. 

Itulah mengapa penting menjaga keharmonisan rumah tangga agar tetap romantis dan awet. Berikut adalah beberapa tips menjaga keharmonisan rumah tangga yang bisa kamu coba.

1. Komunikasi yang Baik

Hampir 24 jam dalam sehari hal yang paling sering kita lakukan ialah komunikasi. Tentu komunikasi menjadi kunci utama dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Baik itu untuk membicarakan hal-hal yang sederhana maupun permasalahan yang serius. Namun, seringkali komunikasi juga menjadi bumerang yang menghancurkan keharmonisan. 

Meski sedang tersulut emosi, usahakan untuk selalu menjaga ucapan agar tetap baik dan sehat. Sebab tidak jarang banyak pasangan yang saling menyakiti satu sama lain dengan melontarkan kata-kata kasar dan menyakitkan. Hal ini tentu bisa menjadi masalah serius ke depannya. 

Walau lukanya tak terlihat secara nyata di depan mata, namun kata-kata yang menyakitkan dapat merusak mental pasangan karena termasuk dalam kekerasan verbal. 


Jadi usahakan untuk tetap menjaga komunikasi yang baik ya. Ingatlah bahwa pasangan kita adalah belahan jiwa, sebelum melontarkan kata-kata yang buruk, ingat kembali seberapa banyak yang sudah dilewati bersama.

2. Beri Kejutan Kecil

Sudah rahasia umum jika kejutan-kejutan kecil bisa menjaga keharmonisan rumah tangga agar tetap romantis. Tidak perlu memikirkan hal-hal yang jauh, sebab semakin lama pernikahan maka kita pun akan menyadari bahwa kejutan sederhana sudah bisa membahagiakan pasangan. 

Seperti memasakkan makanan favorit suami misalnya, atau membawakan istri jajanan favoritnya ketika suami pulang kerja. 

3. Hargai Pasangan

Hal ini mungkin terdengar sederhana namun nyatanya seringkali sulit dilakukan. Itulah mengapa penting untuk menghargai setiap usaha yang dilakukan pasangan guna menjaga keharmonisan rumah tangga. 

Seperti contoh, ketika istri belajar memasak guna menyenangkan suaminya di rumah. Maka hal ini patut diapresiasi agar istri merasa usahanya membuahkan hasil. Bahkan jika masakannya pun belum sesuai dengan keinginan kita, tetap harus dihargai dan dipuji. 

Boleh diberi masukan asal dengan cara yang baik juga. 

4. Memiliki Ritual Bersama

Mungkin kita sering melihat beberapa pasangan memiliki ritual rutin yang dilakukan bersama, seperti pergi liburan sebulan sekali misalnya. 

Tapi, nyatanya dalam sebuah hubungan tidak selalu tentang kemewahan dan besar-besaran. Bahkan ritual bersama pun bisa berasal dari kegiatan yang sederhana saja. Seperti misalnya jogging bersama setiap minggu, atau belanja bulanan bersama.

Meski sederhana namun memiliki ritual rutin bersama terbukti bisa menjaga komunikasi agar tetap lancar dan baik.

Nah, beberapa cara di atas juga terbukti ampuh membantu pasangan dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Jangan lupa diterapkan, ya. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan di atas dapat menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • keharmonisan rumah tangga menurut islam
  • cara menjaga keharmonisan rumah tangga
  • tips menjaga keharmonisan rumah tangga
  • penyebab rumah tangga tidak harmonis
  • doa keharmonisan rumah tangga
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com