Sejarah Hari Hijab Internasional 4 September

Sejarah Hari Hijab Internasional 4 September

Inilah Sejarah 4 September Hari Jilbab Internasional

Hai para hijabers, tahukah Anda bahwa setiap tanggal 4 September selalu diperingati sebagai Hari Jilbab Internasional atau dikenal juga sebagai Hari Solidaritas Hijab Internasional.

Peringatan tersebut tentu saja tercetus bukan tanpa alasan. Penasaran bagaimana sejarah dibalik penetapan hari tersebut? Simak berikut sejarah 4 September, Hari Jilbab Internasional.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Jilbab Internasional

Berikut Sejarah 4 September, Hari Hijab Internasional Yang Tidak Banyak Diketahui!

Muslimah Indonesia bisa dikatakan sebagai orang yang paling beruntung. Hal ini tentu dikarenakan hijab mendapatkan banyak sekali dukungan dari berbagai pihak termasuk Pemerintah. 

Namun sayang, kebebasan tersebut tidak bisa didapatkan oleh para muslimah di beberapa negara lain. Pasalnya, tidak sedikit juga pemerintah yang melarang warganya untuk memakai sesuai yang berhubungan dengan simbol keagamaan termasuk hijab.

Hal tersebut tentu saja memicu banyak protes hingga akhirnya tercetuslah Hari Solidaritas Hijab Internasional. Hari tersebut diawali ketika Pemerintah Inggris mengeluarkan larangan bagi mahasiswi di London yang mengenakan sesuatu yang berhubungan dengan simbol agama.

Hal sama terjadi di Prancis yang melarang anak perempuan untuk mengenakan hijab di lingkungan sekolah maupun kampus. Bahkan di negara Turki, wanita yang mengenakan hijab tidak bisa mendapatkan perawatan medis. Lebih parahnya lagi, di negara Tunisia dimana wanita yang berhijab akan dipenjara serta disiksa.

Kasus yang lebih parah terjadi di negara Perancis dimana pemerintah tidak hanya melarang mahasiswi untuk menggunakan hijab saja, hal ini diperparah sejak adanya kasus seorang ibu rumah tangga yang meninggal dunia. 

Ibu rumah tangga tersebut bernama Marwa el Sherbini yang dibunuh ketika akan memberikan kesaksian mengenai penghinaan yang diberikan kepadanya karena mengenakan hijab.

Lihat juga: Sejarah Hari Aksara Internasional 8 September

Larangan tersebut tentu saja membuat masyarakat di berbagai negara marah dan melakukan aksi protes kepada pemerintah. Aksi protes tersebut dilakukan oleh masyarakat membuat pemerintah menyelenggarakan sebuah konferensi London pada tanggal 4 September 2004. 

Konferensi tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh salah satunya Syekh Yusuf Al Qardhawi, Prof Tariq R serta 300 delegasi dari 102 organisasi Inggris Internasional serta 35 negara lainnya.

Selain mengizinkan para muslimah untuk bisa dengan bebas mengenakan hijab di tempat umum, pada konferensi tersebut juga menetapkan tanggal 4 September sebagai Hari Jilbab Internasional atau Hari Solidaritas Hijab Internasional. Sejak saat itu, muslimah di berbagai negara Eropa seperti Inggris, Turki, Prancis dan lainnya mulai merayakan hak-hak mereka untuk menggunakan hijab.

Hari Hijab Internasional Di Indonesia

Muslimah Indonesia biasanya merayakan Hari Hijab Internasional dengan berbagai kegiatan salah satunya yaitu melakukan aksi damai sebagai bentuk rasa solidaritas kepada muslim lain yang tidak seberuntung mereka. 

Nyatanya, hingga saat ini masih banyak diskriminasi yang didapat oleh para muslimah di luar sana saat mengenakan hijab. Hari Hijab Internasional ini juga kerap dimanfaatkan sebagai bentuk syiar untuk mengajak lebih banyak lagi muslimah akan pentingnya menutup aurat dengan cara berhijab.

Tujuan Merayakan Hari Hijab Internasional

Hari Hijab Internasional dicetuskan sebagai dukungan untuk para kaum muslimah di berbagai negara di belahan dunia ini yang masih terintimidasi karena menggunakan hijab. 

Baca Juga: Sejarah Hari Konvensi Bonn 23 Juni

Tak hanya itu saja, hari peringatan ini juga bertujuan untuk menyemangati semua muslimah agar tidak takut lagi untuk menggunakan hijab di tempat umum terutama di beberapa negara Barat.

Nah itulah sekilas tentang Sejarah 4 September, Hari Jilbab Internasional. Dengan mengetahui sejarah di atas sedikit banyaknya tentu Anda sudah tahu bagaimana peristiwa dibalik hari peringatan tersebut. Selamat Hari Jilbab Internasional!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari hijab sedunia
  • hari hijab nasional
  • sejarah hari hijab sedunia
  • hari hijab adalah
  • peristiwa dibalik hari hijab sedunia
  • filipina tetapkan 1 februari hari hijab nasional
  • ootd hijab kondangan malam hari
  • manfaat menggunakan hijab

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Hari Kerjasama Selatan-Selatan Hari Trikora Hari Bela Negara Hari Juang Kartika TNI-AD Hari Nusantara Hari Transmigrasi Hari Gunung Internasional Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia