6 Tips Mencari Hari Baik untuk Pernikahan

Tips Mencari Hari Baik untuk Pernikahan

Tips Mencari Hari Baik untuk Menikah Agar Acara Berjalan Lancar

Mencari Hari Baik Pernikahan - Pernikahan tentu saja merupakan sebuah acara yang sangat penting. Untuk itu biasanya orang-orang akan mempersiapkan acara tersebut jauh-jauh hari sebelum hari H. Bahkan bagi sebagian orang masih sangat percaya jika mencari hari baik untuk menikah sangat penting untuk membuat acara lancar. 

Agar pernikahan kamu berjalan dengan baik, mudah-mudahan tips-tips yang akan kita bahas di bawah ini dapat membantu. Berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti ketika ingin mencari hari yang tepat guna melangsungkan pernikahan.

1. Rencanakan Acara Pernikahan Jauh-Jauh Hari

Ketika ingin menikah, rencanakanlah semuanya secara matang. Jangan sampai jarak pernikahan terlalu dekat dengan waktu persiapan. Misalnya saja, kamu dapat merencanakan persiapan pernikahan enam bulan hingga satu tahun sebelum pernikahan. 

Dalam kurun waktu tersebut ada banyak hal yang perlu kamu siapkan. Misalnya saja survey dan mencari tempat acara yang pas, merencanakan gaun pernikahan yang akan dipakai hingga memikirkan katering. Jika dipersiapkan dalam tempat satu atau dua bulan saja tentu akan sangat mepet bukan? Menentukan hari baik pernikahan tidak boleh sembarangan ya. 

2. Memilih Acara Pernikahan Pada Hari Libur

Jika kamu ingin mengumpulkan kerabat hingga teman pada momen pernikahan, maka rencanakan tanggal yang baik. Pasalnya di hari-hari sibuk dan hari biasa, orang-orang memiliki kesibukannya masing-masing. Ada yang memang bekerja kantoran atau memiliki masa libur tertentu. 


Untuk itu, akan lebih baik jika kamu memilih waktu di hari libur. Hari libur juga menjadi pilihan terbaik jika kamu memiliki banyak kerabat yang tinggal di luar kota. Sehingga mereka dapat menginap lebih lama karena pernikahan dilakukan di hari-hari libur. 

3. Pertimbangkan Weton Jawa Untuk Mencari Hari Baik Pernikahan

Apakah kamu berasal dari suku Jawa? Umumnya, orang-orang suku Jawa dalam adatnya kerap menikahkan anak-anak mereka di tanggal-tanggal khusus. Ya, menghitung hari baik pernikahan dapat pula dilakukan berdasarkan weton kedua mempelai. Melalui kedua weton nanti akan didapatkan hari baik yang pas. Coba saja jika kamu memang mempercayainya.

4. Jangan Memilih Acara Pernikahan di Tanggal Tua

Sebagai seorang sahabat maupun kerabat, ketika teman maupun saudara menikah, tentu hadir dengan membawa buah tangan bukan? Untuk itu, akan lebih baik jika kamu merencanakan pernikahan di tanggal-tanggal muda. Hal itu dikarenakan pada tanggal tua, orang-orang tidak lagi memegang cukup uang untuk berkunjung ke sebuah pesta. 

Di tanggal tua tentu uang yang mereka miliki hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarganya saja. Bahkan bagi pekerja kantoran tak jarang tanggal tua menjadi masa-masa kritis keuangan karena habis akan kebutuhan mendesak. Untuk itu, jangan membuat mereka lebih jengkel lagi dengan mengirimkan undangan pesta pernikahan. Pertimbangkan hal ini ya. 

5. Tanggal Istimewa Yang Meninggalkan Kesan Manis

Mencari hari baik pernikahan sebenarnya tak begitu sulit. Kamu juga bisa memilih tanggal pernikahan yang meninggalkan kesan manis. Misalnya saja menikah pada tanggal jadian ketika pacaran, menikah ketika tanggal cantik atau menikah tepat ketika tanggal pertama bertemu. Semua itu dapat dijadikan alternatif untuk memilih tanggal menikah. 

6. Siapkan Hari Baik Cadangan

Meski telah direncanakan sebaik mungkin, bukan mustahil jika halangan bisa saja datang menghantam. Untuk itu, akan lebih baik jika kamu mempersiapkan hari baik cadangan. Sehingga persiapan tidak akan kacau secara keseluruhan. 


Jadi bagaimana, mudah bukan mencari hari baik untuk menikah? Jangan ragu untuk konsultasi dengan orang tua maupun pasangan dalam hal penentuan hari baik pernikahan kamu ya. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Pencarian yang paling banyak dicari

  • mencari hari baik pernikahan
  • mencari hari baik untuk menikah
  • mencari hari baik untuk hajatan
  • mencari hari baik pernikahan versi jawa lengkap
  • cara mencari hari baik nikah
  • mencari hari baik akad nikah
  • cara mencari hari baik nikah jawa
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com