4 Bulan Yang Harus Dihindari Untuk Pernikahan Menurut Adat Jawa

Bulan Yang Harus Dihindari Untuk Pernikahan Menurut Adat Jawa

Mencari Tanggal Baik untuk Menikah? Jangan di Bulan Terlarang ini!

Pernikahan merupakan momen yang sangat sakral bagi semua orang. Untuk itu, biasanya keluarga serta calon kedua mempelai tidak akan sembarangan dalam hal memilih hari. 

Selalu ada pertimbangan untuk mencari tanggal baik untuk menikah. Terlebih bagi mereka yang berasal dari suku Jawa dan masih memegang kebudayaan cukup kental. 

Pada penanggalan adat Jawa memang ada beberapa waktu dan bulan-bulan yang terlarang untuk dilakukan pernikahan. Mengapa dilarang? Sebenarnya, larangan tersebut adalah demi menjaga keluarga maupun calon pasangan pengantin dari fitnah, hal buruk, hingga marabahaya. Bagi orang Jawa, tentu akan sangat mematuhi larangan-larangan tersebut. 

Perlu diketahui, sedikitnya ada 4 bulan yang tidak disarankan untuk melangsungkan pernikahan menurut penanggalan Jawa. Bulan apa saja? 

Berikut Bulan Yang Terlarang Untuk Melangsungkan Pernikahan Menurut Adat Jawa

1. Larangan Menikah di Bulan Maulud

Bulan Maulud menjadi bulan pertama yang tidak dianjurkan bagi calon mempelai untuk menyelenggarakan pernikahan. Masyarakat percaya, pasangan pengantin yang nekat dan memaksa menikah pada bulan ini akan mengalami marabahaya. Jika menurut pandangan orang tua zaman dulu, pengantin yang menikah pada bulan ini akan mengalami banyak ujian. 


Mengapa bisa demikian? Menurut Primbon Jawa, Nulan Maulud wataknya dikenal mati. Sehingga jika kedua mempelai nekad melangsungkan pernikahan pada bulan ini dikhawatirkan salah satu pengantin akan meninggal setelah pernikahan. Mencari hari baik untuk pernikahan tidak perlu dipusingkan, jika percaya turuti, dan jika tidak abaikan saja. 

2. Larangan Menikah di Bulan Suro

Bulan kedua menurut Penanggalan Jawa yang tidak direkomendasikan untuk menikah ialah Bulan Suro. Perlu diketahui, bulan ini memang menjadi bulan yang paling dihindari. Bahkan sangat dilarang untuk menyelenggarakan pernikahan ataupun hajatan apapun di bulan ini. 

Bagi mereka yang tetap memaksa ingin menikah di bulan ini maupun ingin menggelar hajatan dipercaya akan membawa dampak buruk. Bahkan tidak hanya dampak buruk melainkan dapat mendatangkan bencana pada keluarganya. 

Diyakini pula jika pasangan yang menikah di bulan Suro akan menghadapi berbagai masalah rumah tangga yang cukup pelik. 

3. Larangan Menikah di Bulan Sapar

Bulan Sapar menjadi salah satu bulan yang tidak disarankan untuk menikah juga. Bulan ini, jika dalam Kalender Hijriyah jatuh pada bulan Shafar. Mengapa di bulan ini tidak dianjurkan untuk melangsungkan pesta pernikahan? Hal itu dikarenakan keyakinan masyarakat jika pasangan yang nekat menikah di bulan Sapar akan mendapatkan masalah finansial yang tak berkesudahan. 

Wajar jika banyak orang yang mulai takut dan ragu untuk cari hari baik untuk menikah di bulan Sapar ini. Mereka tak ingin mengambil risiko atas kepercayaan masyarakat. Tak mengapa, jika kamu tak meyakininya, lakukan saja. 

4. Larangan Menikah di Bulan Jumadil Awal

Terakhir, bulan yang sebaiknya dihindari ketika ingin mencari hari baik guna menikah menurut penanggalan Jawa ialah Bulan Jumadil Awal. Diyakini, pengantin yang tetap ingin melakukan pernikahan pada bulan ini akan mendapatkan banyak cobaan dalam biduk rumah tangganya. Tak hanya itu, menikah di bulan ini juga dipercaya akan membuat pasangan pengantin mendapatkan banyak fitnah dan musuh. 

Memang benar jika beberapa bulan di atas cukup terlarang menurut penanggalan Jawa. Akan tetapi, apakah semua benar demikian? Tentu bagi orang Jawa yang menganut adat kebudayaan kental akan sangat percaya. Akan tetapi, tidak perlu merasa parno jika memang ingin tetap melaksanakan di bulan-bulan tersebut. Cukup yakini saja, mantapkan hati dan pasrahkan kepada Tuhan. 


Bagaimana, sudah mulai mencari tanggal baik untuk menikah? Jika sudah, segera persiapkan semua jauh-jauh hari sebelum hari H ya agar pernikahan berjalan lancar. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • larangan menikah adat jawa menurut islam
  • larangan menikah adat jawa dan sunda
  • larangan menikah adat jawa weton
  • mitos larangan pernikahan adat jawa
  • bulan terlarang melangsungkan pernikahan
  • larangan menikah satu suku menurut adat jawa
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com