Sejarah Hari Waspada Cacing 23 Juli Yang Perlu Anda Ketahui


Sejarah Hari Waspada Cacing 23 Juli Yang Perlu Anda Ketahui

Sejarah Hari Waspada Cacing 23 Juli Yang Tidak Banyak Diketahui

Seringkali banyak sekali orang yang tidak menganggap penting mengenai penyakit cacingan sehingga tanda-tanda yang muncul kerap selalu tidak diperhatikan.

Padahal faktanya, penyakit tersebut bisa menurunkan tingkat kesehatan bagi penderita seperti anak-anak bahkan orang dewasa.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Waspada Cacing 23 Juli

Walaupun banyak yang tidak menyadari betapa bahayanya penyakit tersebut, namun tanpa sadar juga ternyata pemerintah sudah memperingatkan akan bahayanya cacing.

Setiap tanggal 23 Juli, terdapat Hari Waspada Cacing yang semestinya perlu kita peringati sebagai wujud peduli terhadap kesehatan tubuh.

Cerita Dibalik Hari Waspada Cacing 23 Juli

Kementerian Kesehatan telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Johnson & Johnson sebagai produsen obat cacing untuk menyelenggarakan sebuah perencanaan Hari Waspada Cacing.

Perencanaan Hari Waspada Cacing tersebut dilaksanakan pada Jum’at 23 Juli 2010 di Gelanggang Samudra Ancol, Jakarta Utara.

Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan PPM Kementerian Kesehatan Dr. Hartati Samsudi MQIH dalam sambutannya menyebutkan bahwa berdasarkan hasil survei.

Baca Juga: Daftar Universitas di Semarang

Saat ini ada banyak sekali anak Indonesia yang menderita penyakit cacingan dimana angka rata-ratanya berada di 30%.

Hal tersebut tentu perlu menjadi perhatian serta kerja keras dari berbagai pihak karena penyakit cacingan bisa menyebabkan infeksi.

Selain itu, penyakit ini juga akan menimbulkan masalah pencernaan dan membuat penderita menjadi lesu serta tidak bersemangat sehingga prestasinya akan menurun.

Untuk memberantas serta mengendalikan berbagai penyakit termasuk penyakit cacingan ini, peran pemerintah sangatlah penting.

Pemerintah perlu melakukan kemitraan, kerjasama antar pemerintah, swasta, masyarakat yang bisa lebih mandiri lagi dalam menjaga kesehatannya.

Selain itu, perwakilan dari Johnson & Johnson, Maudina Fitriana juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat (para orang tua dan anak serta pendidik) terhadap bahayanya penyakit infeksi karena cacing.

Lihat juga: Sejarah Tradisi Omed Omedan di Bali

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ancaman infeksi penyakit cacing bisa dihindari atau bahkan berkurang maksimal.

Acara peringatan Hari Waspada Cacing untuk pertama kali ini dihadiri oleh ribuan anak-anak dari berbagai Sekolah Dasar dari DKI Jakarta.

Dalam acara tersebut juga dilakukan juga sebuah acara penandatanganan komitmen antara Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, serta Johnson & Jhonson dalam upaya pemberantasan dan pengendalian penyakit cacingan.

Selain itu, pada program tersebut juga telah diluncurkan sebuah program bernama 3J yaitu Jaga Kebersihan Diri, Jaga Kebersihan Makanan, dan Jaga Kebersihan Lingkungan.

Nah dari acara tersebutlah muncul Hari Waspada Cacing yang selalu diperingati setiap tanggal 13 Juli dalam setiap tahunnya.

Dengan adanya hari peringatan tersebut diharapkan bisa menyadarkan masyarakat khususnya untuk para orang tua untuk mengetahui betapa bahayanya penyakit cacingan pada anak karena hingga saat ini kasus cacingan pada anak masih menjadi ancaman yang serius.

Jauh sebelum Hari Waspada Cacingan ini diresmikan, terdapat banyak sekali kasus yang menghebohkan jagat maya.

Lihat juga: Sejarah Hari Bhakti TNI Angkatan Udara 29 Juli

Salah satu kasusnya yaitu kasus temuan cacing di tenggorokan wanita yang berasal dari Jepang.

Keberadaan cacing pada tenggorokan wanita tersebut disebabkan karena wanita tersebut selalu menyantap berbagai macam makanan dari daging ikan mentah khas jepang.

Cacing tersebut diketahui berukuran 38 milimeter dengan lebar 1 milimeter yang diketahui merupakan tahap empat dari pseudoterranova azarasi yang menginfeksi mamalia laut.

Cacing tersebut akan menyebabkan masalah dalam perut sehingga perlu penanganan lebih lanjut.

Jadi, selain kita harus menjaga kesehatan diri, menjaga kebersihan makanan dan menjaga kebersihan lingkungan, kita juga perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging mentah.

Itulah sekilas cerita dibalik 23 Juli Hari Waspada Cacing yang sebaiknya Anda ketahui.

Baca Juga: Download Kalender 2022 Lengkap

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk memperingati hari tersebut salah satunya yaitu dengan mengkampanyekan betapa bahayanya penyakit cacingan di media sosial atau platform lainnya. Selamat Hari Waspada Cacing!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari waspada cacing tanah
  • jenis-jenis cacing
  • cacing kremi
  • cacing beku
  • cacing di perut
  • cacing di makanan
  • obat cacing untuk anak-anak

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni