Sejarah Hari Peringatan Bom Hiroshima Nagasaki 6 Agustus

Sejarah Hari Peringatan Bom Hiroshima Nagasaki 6 Agustus

Inilah Sejarah  6 Agustus, Hari Peringatan Bom Hiroshima Nagasaki

Hampir semua negara di belahan dunia ini memiliki banyak sekali peristiwa penting, salah satunya peristiwa pada tanggal 6 Agustus yang merupakan Hari Peringatan Bom Hiroshima Nagasaki. Peristiwa ini tentu saja menggemparkan hampir seluruh dunia. 

Bagaimana sebenarnya sejarah 6 Agustus, Hari Peringatan Bom Hiroshima Nagasaki? Berikut sekilas tentang peristiwanya!

Sejarah 6 Agustus Hari Peringatan Bom Hiroshima Nagasaki 

Peristiwa tersebut dimulai pada saat pasukan Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang pada tanggal 6 Agustus dan 9 Agustus 1945 yang sekaligus merupakan tahap akhir dari Perang Dunia II. 

Serangan bom atom di dua kota tersebut seketika menghancurkan mental pasukan Jepang yang sebelumnya enggan untuk menyerah. Di sisi lain, peristiwa pengeboman ini juga memakan banyak sekali korban jiwa yang mayoritas berasal dari penduduk sipil. Tercatat ratusan ribu jiwa telah menjadi korban dari ledakan bom tersebut ditambah dengan kerusakan infrastruktur serta radiasi yang dihasilkan. 

Latar Belakang Pengeboman Hiroshima Dan Nagasaki 

Tepat pada musim panas di tahun 1945, Perang Dunia II di wilayah Pasifik hampir berakhir. Sejak Desember 1941, Amerika sudah mulai memukul mundur pasukan Jepang hingga hanya tanah air mereka sendiri yang tetap berada dalam kendali. Amerika bersiap meluncurkan invasi ke Jepang untuk mengakhiri perang tersebut. 

Sembari bersiap melakukan invasi, Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman serta Perdana Menteri Inggris Clement Attlee dan Presiden Nasionalis China Chiang Kai-shek pada tanggal 26 Juli bersama-sama mengeluarkan Deklarasi Potsdam. Deklarasi tersebut berisi tentang seruan penyerahan tanpa syarat dari Jepang dan mencantumkan persyaratan perdamaian tambahan. 

Pada titik tersebut, Truman telah tahu bahwa tes bom atom pertama di Alamgordo, New Mexico telah berhasil 10 hari sebelumnya. Tes tersebut adalah puncak dari sebuah proyek rahasia selama 3 tahun Amerika Serikat. Reaktor atom buatan manusia pertama dibangun di lapangan squash, Universitas Chicago pada tahun 1942. Sementara reaktor yang lebih canggih lagi di bangun di Hanford sekaligus sebagai tempat produksi plutonium. Pengujian pertama bom plutonium dilakukan di Alamgordo pada tanggal 16 Juli 1945. 


Walaupun Deklarasi Potsdam sudah menjelaskan bahwa Jepang akan menghadapi konsenkuensi sangat berat jika mereka memilih untuk melanjutkan perang, namun pada akhirnya Jepang tetap menolak ultimatum tersebut. 

Setelah itu Truman kemudian memerintahkan penggunaan bom atom yang sudah di tes sebelumnya tersebut. Sekretaris Perang Amerika Serikat, Henry L Stimson menganggap bahwa penggunaan bom tersebut lebih baik daripada mengorbankan kehidupan pasukan Amerika Serikat untuk invasi. 

Penasihat Militer Truman telah mengindikasikan bahwa invasi Jepang bisa mengakibatkan hilangnya setengah juta militer Amerika Serikat, ditambah dengan jutaan kehidupan militer dan sipil Jepang. Trauman menginginkan perang selesai dan dia juga menginginkan pukulan yang semaksimal mungkin untuk mengakhiri perang tanpa invasi. 

Militer Amerika Serikat akhirnya memilih Kota Hiroshima dan Kokura sebagai sasaran karena kedua kota tersebut termasuk kota besar dan merupakan kota yang sejauh ini lolos dari serangan bom AS dan sekutu. 

Kehancuran Hiroshima Dan Nagasaki 

Pada tanggal 6 Agustus 1945 tepatnya pada pukul 09:15 pagi waktu Tokyo, pesawat B-29 Enola Gay, yang dikemudikan oleh Paul W. Tibbets terbang di langit Hiroshima. Misi tersebut yaitu untuk mengejutkan Tokyo agar menerima syarat penyerahan tanpa syarat Deklarasi Potsdam. Tanpa di sangka-sangka oleh pemerintah Jepang, ternyata pesawat tersebut sudah menjatuhkan sebuah bom atom uranium bernama Little Boy di Hiroshima. Dalam hitungan menit, kota terbesar ketujuh di Jepang tersebut rata dengan tanah dan ribuan orang telah menjadi korban. 

Di Hari yang sama, bom lain telah disiapkan di Pulau Tinian untuk target kedua. Tepat pada tanggal 9 Agutus 1945, pesawat B-29 Bock’s Car bersiap untuk mengebom Kokura. Namun asap yang mengepul diatas sasaran menyebabkan pilot sweeney mencari target alternatif yaitu Nagasaki. 

Kota industri Nagasaki hancur lebur akibat adanya bom yang diberi nama Fat Man pada pukul 11:02 pagi. Bom tersebut meledak pada ketinggian 1.800 kaki untuk memaksimalkan dampak ledakan tersebut. Bom Fat Man meratakan hampir seluruh bangunan, sistem listrik dan menimbulkan kebakaran besar. Bom ini juga menghancurkan hampir 39% kota Nagasaki dan memakan ribuan korban. 


Secara keseluruhan kedua bom tersebut menewaskan 210.000 orang Jepang. Dua pertiga diantaranya yaitu wanita, anak-anak serta orang tua. Sementara itu, jumlah korban dari militer dan tahanan asing tidak diketahui secara pasti. 

Efek Radiasi Bom Hiroshima Nagasaki

Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki menghasilkan kebakaran, tekanan ledakan, dan tingkat radiasi sangat tinggi. Kedua bom tersebut diledakan sekitar 600 meter di atas permukaan tanah sehingga kontaminasi di bawah tanah menjadi minim. Radiasi yang sangat tinggi menghasilkan kematian dalam beberapa hari. Cedera karena radiasi juga diderita oleh semua orang yang berada di radius satu kilometer. 

Selain 103 ribu orang yang terbunuh oleh bom dalam 4 bulan pertama, 400 lainnya meninggal karena kanker serta leukemia selama 30 tahun berikutnya. Bom ini juga menghasilkan cacat lahir dan kematian saat melahirkan. Anak-anak korban yang selamat tampak menderita kerusakan genetik. 

Nah itulah sejarah 6 Agustus, Hari Peringatan Bom Hiroshima Nagasaki. Hari tersebut sudah pasti menjadi hari terkelam bagi Negara Jepang. Peringatan hari tersebut tentu bukan semata-mata merayakan dengan bersenang-senang namun merupakan salah satu penghormatan untuk para korban pengeboman. 

Sekian informasi mengenai Sejarah Hari Peringatan Bom Hiroshima & Nagasaki 6 Agustus, mudah-mudahan dengan inf0ormasi di atas dapat menambah wawasan dan menjadi referensi untuk kita semua tentang sejarah hari-hari penting dari seluruh dunia Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah peringatan bom hiroshima nagasaki
  • bom balasan AS kepada jepang
  • perang dunia ke-2
  • sejarah perang dunia ke-2
  • jepang menolah berdamai di perang dunia ke-2
  • efek bom hiroshima nagasaki
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com