Ini Dia 6 Kebiasaan Unik Orang Jawa yang Paling Berkesan

Ini Dia 6 Kebiasaan Unik Orang Jawa yang Paling Berkesan

6 Kebiasaan Unik Orang Jawa yang Paling Berkesan

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kebiasaan-kebiasaan orang jawa yang paling bekesan bagi orang lain. Setiap daerah di Indonesia memiliki adat dan budaya yang berbeda-beda, termasuk masyarakat Suku Jawa yang hingga kini masih mendominasi tradisi serta budaya Nasional Indonesia. 

Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya orang Jawa yang menjadi tokoh negara dan turut berperan penting dalam kenegaraan sejak zaman dahulu bahkan hingga sekarang. 

Kebiasaan unik orang Jawa yang begitu beragam juga menjadi suatu hal yang mudah melekat dalam ingatan masyarakat Indonesia.

Seiring berkembangnya zaman, masyarakat Jawa atau orang Jawa kini tidak hanya mendiami Pulau Jawa. Akan tetapi mereka kemudian menyebar dan menetap di seluruh Indonesia. 


Banyak ditemukan komunitas Jawa di luar Pulau Jawa yang diakibatkan oleh adanya program transmigrasi yang dicanangkan pemerintah. Masyarakat Jawa memang dikenal memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan masyarakat daerah lain.

Kebiasaan Unik Orang Jawa

Meskipun ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, tetapi masyarakat Jawa tetap saja eksis dengan keunikannya. Hal tersebut mencakup dari segi budaya, karakter, dan kesehariannya. 

Hal ini pula yang menjadikan orang Jawa cukup mudah dikenali walaupun tidak menunjukkan identitasnya secara terus terang kepada orang lain. 

Berikut beberapa kebiasaan unik orang Jawa yang paling berkesan.

1. Orang Jawa Suka Menyapa, Sungkan, dan  Terkenal Pemalu

Suka menyapa, bersikap sungkan, dan terlihat pemalu sudah menjadi kebiasaan yang sangat lekat dengan orang Jawa. Biasanya orang Jawa akan tampak sungkan dan masih malu bila berada di lingkungan baru, misal ketika merantau ke suatu kota atau baru masuk asrama. 

Respons yang mereka tunjukkan ketika disapa biasanya hanya tersenyum atau sekadar menganggukkan kepala. Akan tetapi bila mereka sudah saling mengenal dan tinggal lama dalam lingkungan tersebut, orang Jawa akan lebih senang menyapa lebih dahulu. 

Mereka juga tidak sungkan untuk membuka obrolan terhadap kenalannya agar suasana di sekitar tidak canggung. Mereka adalah orang yang asyik ketika diajak bertukar pikiran dan sharing.

2. Orang Jawa Dikenal Kalem

Kebiasaan orang Jawa yang satu ini juga begitu mudah diingat oleh kebanyakan orang, di mana orang Jawa memang dikenal kalem. Dalam artian tidak mudah tergesa-gesa, santai, dan tenang dalam bersikap. 

Kebanyakan orang Jawa cenderung senang menyelesaikan permasalahan yang dimiliki dengan kalem. Diam yang mereka pilih bukan berarti tidak memikirkan solusi, tapi memang ingin menyelesaikan dengan pemikiran yang matang dan tidak asal-asalan.

Dalam hal pekerjaan, orang Jawa pun dikenal sebagai pekerja-pekerja yang taat dan baik, mereka pasti menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi kewajibannya. 


Biasanya orang Jawa sangat disiplin waktu, berdedikasi tinggi terhadap berbagai hal yang menjadi tanggung jawabnya, dan juga terkenal lembut serta tidak kasar ketika berbicara kepada orang lain. Oleh sebab itulah banyak yang mengatakan bahwa para perempuan jawa memiliki sifat yang anggun.

3. Orang Jawa Menjunjung Tinggi dalam Menjaga Sopan Santun

Kebiasaan unik orang Jawa yang cukup dikenal yaitu sangat tinggi dalam menjaga sopan santun. Baik kepada yang lebih muda, kepada sesama, atau justru kepada yang lebih tua. 

Bahkan, mereka berusaha untuk menjaga etika ketika mulai berbaur di lingkungan masyarakat. Mereka juga akan merundukkan tubuh ketika berjalan di depan orang yang lebih dihormati atau yang lebih tua sebagai tanda penghormatan, menghargai orang lain, dan juga sebagai wujud sopan santun.


Mereka cenderung tahu sopan santunnya dalam bersikap dan bisa menempatkan diri, seperti ketika sedang bertamu atau saat mereka menjadi tuan rumah.

4. Orang Jawa Terkenal Ramah

Banyak orang Jawa yang mudah dikenali karena sikapnya yang selalu ramah terhadap siapa pun. Biasanya mereka akan lebih dahulu tersenyum terhadap orang yang ditemui. 

Mereka juga cenderung berpikir positif terhadap setiap orang dan tidak ragu untuk menyapa orang-orang yang dikenalinya. Hal tersebutlah yang kemudian menjadikan orang Jawa lebih gampang memiliki banyak teman dan dipercaya ketika berada di lingkungan kerjanya. 

5. Orang Jawa Sederhana

Adanya kebiasaan unik yang dilakukan oleh orang Jawa menjadikannya mudah dipahami oleh banyak orang. Salah satunya yaitu kesederhanaannya yang tidak senang melakukan hal-hal aneh. 

Banyak orang Jawa yang perangainya tidak glamor karena mereka mengutamakan untuk senantiasa tampil apa adanya. Sebab mereka menyadari bahwa tampil mencolok dan bersikap berlebihan  dapat mengundang perhatian dan rasa ketidaksukaan orang lain. 

Banyak orang menyukai orang Jawa karena beranggapan bahwa mereka tidak senang pamer dan membanggakan diri apalagi sampai menyombongkan harta benda yang dimilikinya. Bagi orang Jawa, tak mengapa hidup sederhana asalkan tetap bahagia.

6. Orang Jawa Memiliki Logat yang Khas

Orang Jawa akan lebih mudah dikenali melalui logat yang mereka tampakkan ketika berbicara. Sama halnya dengan suku-suku lain yang ada di Indonesia, orang Jawa mempunyai logat khas yang mudah dikenali dan diingat oleh bangsa lain. 

Masyarakat kerap menyebut logat tersebut dengan istilah medok. Logat tersebutlah yang menjadi ciri khas yang dimiliki orang Jawa. Mereka bahkan tak ragu menggunakan logat tersebut ketika berkomunikasi. Hal inilah yang menjadikan orang lain lebih penasaran terhadap bahasa Jawa hingga akhirnya turut mempelajarinya.

Penutup

Kebiasaan unik orang Jawa memang mudah sekali diingat dan ditebak ketika kita berkomunikasi dengan mereka. Mengenali kebiasaan-kebiasaan unik setiap daerah yang terdapat di Indonesia memang mampu menumbuhkan sikap toleransi yang cukup tinggi. Dengan begitu kita semua akan lebih bisa saling menghargai dan saling mengenal satu sama lain.

Nah, itulah sedikit informasi tentang 6 Kebiasaan Orang Jawa yang paling berkesan bagi orang-orang. Mudah-mudahan informasi di atas dapat menambah wawasan kita serta menjadi referensi untuk kedepannnya. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • kebiasaan orang jawa adalah
  • kebiasaaan orang jawa timur adalah
  • makanan kebiasaan orang jawa
  • cara bicara orang jawa
  • budaya kebiasaan orang jawa
  • tarian dan kebiasaan orang jawa
  • apa kebiasaan orang jawa tengan dan jawa timur
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com