Sejarah Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni


Sejarah Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni

Sejarah 14 Juni Hari Donor Darah Sedunia “World Blood Donor Day”

Hari Donor Darah Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 14 Juni. Hari peringatan tersebut dirayakan khusus untuk menyebarluaskan kepedulian akan keamanan donasi darah. 

Dan yang paling berkesan yaitu sebagai ucapan terimakasih kepada para pendonor yang secara sukarela selalu mendonorkan darahnya untuk menyelamatkan nyawa banyak orang.

Lalu, Bagaimana Sejarah Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni? Simak Yuk Ulasannya Berikut Ini!

Walaupun donor darah menjadi salah satu hal yang tidak asing lagi untuk kita dengar dan bahkan Anda selalu melakukan donor darah.

Namun banyak sekali diantaranya yang belum tahu tentang bagaimana sejarah dari Hari Donor Darah Sedunia tersebut.

Lihat juga: Gambar Twibbon Hari Donor Darah Sedunia

Hari Donor Darah Sedunia ditetapkan pada tanggal 14 Juni semata-mata untuk memperingati hari ulang tahun “Karl Landsteiner”. 

Beliau merupakan seorang ilmuwan yang telah memenangkan hadiah nobel akan penemuannya yaitu sistem golongan darah ABO pada tanggal 14 Juni 1868.

Sebelum Karl Landsteiner menemukan golongan darah, kebanyakan transfusi darah selalu dilakukan tanpa mengetahui golongan darah dari seseorang, entah itu penerima ataupun pendonor. 

Hingga pada tahun 1930, akhirnya Karl Landsteiner memenangkan hadiah nobel atas penemuannya tersebut. Dan sejak itulah banyak sekali orang yang tertolong berkat jasa dan penemuannya.

Walaupun sudah dicanangkan sejak puluhan tahun yang lalu, namun Hari Donor Darah Sedunia pertama kali diadakan pada tanggal 14 Juni 2004. 

Hal ini merupakan kelanjutan dari keberhasilan Hari Kesehatan Dunia pada tahun 2000. 

Setahun berlalu, kemudian tanggal 14 Juni ditetapkan sebagai Hari Donor Darah Dunia oleh resolusi Majelis Kesehatan Dunia pada tahun 2005.

Lihat Juga: Quotes Ucapan Selamat Hari Donor Sedunia 14 Juni

Sejak peringatan pertama, Hari Donor Darah Sedunia semakin menjadi pusat perhatian sehingga berbagai negara merayakannya dengan berbagai tema yang menarik dan penuh semangat. 

Termasuk salah satunya Indonesia. Negara kepulauan terbesar ini selalu memperingati Hari Donor Darah Sedunia dengan berbagai tema, dengan didampingi oleh Palang Merah Indonesia (PMI)

Ada begitu banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan serta pengetahuan yang bisa didapat dari kampanye-kampanye yang dilakukan baik langsung maupun secara online.

Hari Donor Darah Sedunia
Hari Donor Darah Sedunia
Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Juni untuk mempromosikan pentingnya donor darah sebagai kontribusi yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan keselamatan
Oleh Endik Eko

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Memperingati Hari Donor Darah 14 Juni Mendatang?

Tepat beberapa bulan lagi, dunia akan kembali memperingati Hari Donor Darah Sedunia. 

Namun, peringatan Hari Donor Darah Sedunia tersebut tampaknya masih tetap sama dengan tahun lalu dimana kita harus memperingatinya di masa sulit karena adanya pandemi global COVID-19.

Walaupun kondisi memaksa kita untuk di rumah saja, namun tidak boleh menyurutkan semangat kita untuk turut berpartisipasi dalam perayaan Hari Donor Darah Sedunia ini. 

Walau di masa pandemi COVID-19, pendonor darah pasti masih dibutuhkan dan Anda bisa menjadi salah satu relawannya.

Lihat juga: Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia 17 Juni

Nah, untuk lebih lengkapnya berikut hal yang harus kita lakukan untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni:

  1. Menjadi pendonor serta berkomitmen untuk menjadi pendonor reguler yang memberikan darah sepanjang tahun.
  2. Mengajak teman, saudara dan keluarga untuk menjadi pendonor darah.
  3. Berpartisipasi dalam peringatan Hari Donor Darah Dunia dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya donor darah melalui jejaring sosial atau dunia maya.

Nah ketiga hal tersebut tentu bisa kita lakukan dengan memperhatikan juga protokol kesehatan. 

Tentang Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Itulah sekilas tentang Hari Donor Darah Sedunia yang selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 14 juni.

Donor darah memang tidak hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan transfusi darah saja, melainkan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Dengan informasi singkat mengenai Sejarah Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni di atas mudah-mudahan dapat menjadi referensi dan bisa menambah wawasan kita. 

Tentu saja menambah wawasan dan kesadaran terhadap pentingnya mendonorkan darah kita demi membantu menyelamatkan jutaan nyawa diluar sana. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari donor darah sedunia dan indonesia
  • tema hari donor darah sedunia
  • tema hari donor sedunia tahun
  • ucapan hari donor darah sedunia
  • selamat hari donor darah sedunia
  • kapan hari donor darah sedunia
  • sejarah hari donor darah sedunia

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Donor Darah Sedunia